BlackBerry Messenger Untuk Android dan iOS Kembali Dirilis

Pengguna smartphone Android, ketika mencari dengan kata kunci BBM mungkin tidak menemukan aplikasi dari BlackBerry Limited ini. Ini karena Play Store versi baru menyortir aplikasi teratas yang paling banyak di-download, jadi tidak semua aplikasi dengan kata kunci BBM muncul. Kamu tinggal klik ikon More di ujung kanan untuk melihat daftar aplikasi lain dengan kata kunci BBM.

Sebulan setelah BlackBerry menunda perilisan salah satu aplikasi instant messaging terpopuler, BlackBerry Messenger, akhirnya mereka menyediakan kembali BBM tersebut untuk pengguna Android dan iOS mulai sekitar jam 3 pagi hari ini.

Awalnya aplikasi ini direncanakan hadir 21 dan 22 September lalu, namun meskipun servernya belum dibuka, rupanya sudah banyak yang mendapatkan file .apk aplikasi tersebut dan meng-isntallnya di perangkat masing-masing, khususnya untuk Android. Karena itulah setelah server dibuka, walaupun belum tersedia di PlayStore, para pengguna Android bisa mengakses. Akibatnya, tidak sampai 24 jam setelah server mereka aktivkan untuk menampung, ternyata tidak mampu pengguna Android dan iOS yang ingin mencoba BBM for All di platform masing-masing, servernya langsung ngadat. BlackBerry pun langsung merilis pernyataan resmi melalui blog mereka jika aplikasi BBM yang bocor untuk Android, dengan banyaknya pengguna masuk bersamaan (diklaim mencapai 1.1 juta) meskipun aplikasinya belum diluncurkan, telah membuat masalah. Sehingga BlackBerry terpaksa menutup akses BBM untuk Android, termasuk juga BBM di App Store yang diluncurkan lebih awal terpaksa ditarik kembali.

Ketika membuka aplikasi ini, kamu harus mendaftar alamat email terlebih dahulu, dan masuk daftar tunggu untuk bisa mulai menggunakannya. Namun jika sebelumnya sudah mendaftarkan alamat email yang kamu gunakan terdaftar di akun BlackBerry, kamu bisa langsung masuk dan menggunakan BBM.

Dan seperti yang kami tuliskan sebelumnya dalam artikel ini, kami menyarankan agar Citizen mendaftarkan alamat email (yang terikat dengan akun BlackBerry) melalui halaman resmi BBM di di www.bbm.comjadi ketika BlackBerry sudah menyediakan kembali aplikasi ini, tidak perlu harus menunggu agar bisa menggunakannya. Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi membludaknya pengguna. Jadi jika kamu sudah mendaftarkan alamat email di website tersebut sebelumnya, pasti sekarang bisa langsung menggunakannya. Namun jika belum, maka di halaman awal BBM untuk Android dan iOS kamu akan diminta memasukkan alamat email, dan jika belum terdaftar, kamu akan diminta antri menunggu dulu agar servernya tetap beroperasi dengan lancar.

Oh ya, penulis melihat meskipun untuk versi iOS-nya kompatibel dengan hampir semua iOS, baik smartphone iPhone atau tablet iPad minimal dengan OS 6, namun untuk Android hanya bisa dinikmati pengguna smartphone saja. Penulis yang akan mencarinya di Play Store melalui beberapa tablet seperti Galaxy Note 10.1 dan Galaxy Note 8, hasilnya nihil. Dari Play Store desktop pun tertulis tidak kompatibel. Namun kamu tetap bisa meng-installnya secara manual dengan mengunduh file .apk-nya melalui tautan berikut.

Sumber: BlackBerry


SHARE
Previous articleMembandingkan Animasi Baru Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 3 Full Burst
Next articleCapcom Hadirkan Kolaborasi Monster Hunter 4 dengan Gaist Crusher
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.