Bravely Second Permudah Permainan Bravely Default: For the Sequel

Bravely Second

Square Enix merilis sederet screenshot yang memperlihatkan fitur baru di Bravely Default: For the Sequel, yakni Bravely Second. Fitur itu dijamin akan mempermudah permainan.

Seperti yang kita tahu sebelumnya, fitur Bravely Second ini adalah fitur yang termasuk dalam tambahan baru di Bravely Default: For the Sequel, versi ekspansi dari Bravely Default. Fitur ini membutuhkan SP untuk mengaktfikannya, dan ketika aktif dapat menghentikan waktu dalam pertarungan serta memberikan damage lebih dari 9,000. Tomoya Asano selaku produser game ini menjelaskan (melalui Famitsu) bagaimana ide untuk menghadirkan dan seperti apa fitur baru tersebut.

Bravely Second

Bravely Second

Bravely Second

SP sendiri akan terakumulasi ketika unit 3DS memasuki Sleep Mode, yang memberikanmu satu poin SP tiap delapan jam. Selain mengumpulkan dua atau tiga poin SP per hari, kamu juga bisa membeli SP Drinks dari Nintendo eShop, yang langsung memberikanmu tiga poin SP.

“Di saat kita tidak bisa mengubah karakteristik game ini, kita juga tidak bisa membuatnya menjadi lebih susah, sehingga saya memutuskan untuk memasukkan ide yang simpel,” ungkap Asano ketika ditanya bagaimana fitur Bravely Second tercipta. “Saya berpikir bahwa sistem Brave & Default adalah sistem yang mengasyikkan untuk mengendalikan giliran, dan Bravely Second memberikan keasyikan tersendiri yang terpisah dari giliran (giliran aktif karakter).”

Sepertinya fitur Bravely Second ini menjanjikan, tapi kemudian Asano mendapatkan pertanyaan apakah fitur tersebut akan mengacaukan keseimbangan permainan.

“Bravely Second bukanlah sebuah kerugian, tapi sistem yang memberikan keuntungan bagi pemain. Selain mudah, fitur itu juga sangat kuat,” jawab Asano. “Dengan demikian, karena mengharuskan pemain untuk membuat 3DS-nya dalam kondisi Sleep Mode, pemain juga hanya bisa menggunakannya dua atau tiga jali sehari. Saya berharap pemain menggunakannya sambil bertanya-tanya, apakah saya ingin menggunakan kartu as itu?” “Fitur itu nantinya akan seimbang dengan sendirinya, dan di lain sisi Bravely Default selalu memiliki fitur Friend Summon dan Ability Link, jadi tidak ada batasan penyeimbangan. Saya percaya itulah salah satu daya tarik Bravely Default sehingga bisa dinikmati (tertawa).”

Bravely Second

Kemudian Asano mendapatkan pertanyaan mengenai SP Drink yang bisa dibeli sebagai DLC.

“Ada kemungkinan kalau nantinya semua pemain menjadi tidak suka dengan sistem ini, karena itu kita benar-benar memikirkannya dengan keras. Dengan adanya hal tersebut, alasan kita tetap memperlakukannya (SP Drink sebagai DLC) adalah sesuai dengan keinginan kita, agar makin banyak pemain yang bisa menyelesaikan game ini. Beberapa pemain mungkin akan melanjutkan cerita tapi tidak bisa mengalahkan boss tertentu meski sudah berusaha sekuat tenaga, dan akhirnya menyerah serta tidak melanjutkan permainan. Hal itulah yang benar-benar tidak kita inginkan.”

“Dan untuk itulah kita juga memberikan fitur yang memungkinkan pemain untuk mengatur tingkat kesulitan dan random encounter. Dan item tersebut memberikan pemain kemudahan untuk mengalahkan boss, begitu mudah hanya dengan meminumnya. Tapi item itu tidak kita desain seperti sebuah bom yang langsung meluluhlantakkan boss, kita ingin semua pemain tetap bisa menikmati kesenangan bermain saat melawan boss.”

Bravely Second

Dan terakhir adalah pertanyaan mengenai perkiraan harga SP Drinks di Nintendo eShop.

“Kita masih sedang memikirkan hal tersebut. Jika terlalu murah, maka pemain akan memborongnya sebanyak mungkin, dan hal tersebut akan mempengaruhi keseimbangan permainan. Saya berpikir akan lebih bagus jika SP Drink memiliki harga yang setimpal sesuai dengan item yang menjadi kartu as dalam permainan.” Hmm sepertinya harga SP Drinks tidak terlalu murah nih nantinya, kita tunggu saja ya konfirmasi dari Square Enix.

Square Enix sendiri akan merilis Bravely Default: For the Sequel untuk 3DS di Jepang pada tanggal 5 Desember 2013. kemudian Nintendo akan melokalisasikannya untuk Eropa pada tanggal 6 Desember 2013, disusul di Amerika Utara pada kuartal pertama tahun 2014 mendatang. Saya tidak sabar untuk bisa segera memainkannya!

Bravely Second

Bravely Second

[nggallery id=870]

[ Sumber : Famitsu, Siliconera (2) ]


SHARE
Previous articleMengintip 17 Menit Gameplay Batman: Arkham Origins!
Next articleReview BlackBerry Messenger Untuk Android
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.