Nokia Lumia 1520, Windows Phone 8 Pertama Dengan Layar 6-inchi

Hari ini menjadi hari yang ramai. Selain BlackBerry merilis ulang BBM untuk Android dan iOS pagi tadi, juga dipilih oleh Apple dan Nokia menggelar event berbeda untuk mengkonfirmasikan lineup produk baru mereka. Apple mungkin akan mengenalkan iPad 5 dan iPad mini 2, atau juga rumornya iWatch, usaha baru Apple di tengah persaingan smartwatch. Sedanhkan Nokia, yang sudah banyak dirumorkan sebulan belakangan, mengumumkan tablet pertamanya, serta keluarga baru Windows Phone 8 yang mengadopsi konfigurasi chipset terkuat saat ini, Snapdragon 800.

Nokia menggelar event mereka di Abu Dabi, dan ini menjadi event pertama mereka pasca Microsoft menawar untuk membeli produsen smartphone asal Finlandia ini awal September 2013 lalu senilai US $79.3 trilyun. Melalui keynote yang disampaikan CEO Stephen Elop, Nokia membawa phablet Lumia 1520, tablet Lumia 2520, ponsel Asha baru, serta beberapa aksesoris. Total ada enam perangkat baru yang mereka dalam event bertajuk Nokia World ini, dan kita mulai dengan Lumia 1520.

Setelah berulang kali sekadar muncul sebagai rumor, namun smartphone raksasa pertama Nokia ini banyak dinanti. Apalagi karena secara hardware dia dianggap sebagai Windows Phone 8 terkuat, dan jelas diposisikan sebagai flagship Nokia untuk bersaing mulai awal tahun depan. Jika biasanya Windows Phone layarnya 3 – 4-inchi saja, kali ini Nokia menawarkan Lumia 1520 ini dengan layar 6-inch beresolusi full HD 1080p, kamera PureView 20-megapixel beresolusi tinggi, hingga prosesor mobile terkuat hingga saat ini, yaitu Snapdragon 800 dengan empat inti. Layarnya memiliki kerapatan 368 ppi dengan material ClearBlack IPS LCD, dilengkapi teknologi Super Sensitive agar kita bisa mengoperasikannya bukan hanya dengan jari saja. Selain itu, layar tersebut juga berpelindung Corning Gorilla Glass 2. Nokia juga mengklaim layar Lumia 1520 ini masih mampu dioperasikan di bawa paparan cahaya matahari

Lumia 1520 ini juga akan langsung datang dengan update software GDR 3, build terbaru Windows Phone 8 yang sudah dikonfirmasikan minggu lalu. Update GDR 3 membawa beberapa pembaruan dari GDR 2 yang sudah banyak dinikmati pengguna Windows Phone 8, seperti dukungan untuk smartphone Windows Phone berlayar besar (5 hingga 6-inchi) dengan resolusi maksimal 1920 x 1080-pixel, bisa menggunakan Snapdragon 800, secara horizontal melalui GDR 3 ini home screen bisa mendukung hingga 6 Live Tiles, bukan empat seperti sebelumnya.

Bandingkan desain Lumia 1520 dengan Lumia 1020.

Melalui GDR 3 yang akan dikenal sebagai Lumia Black ini kamu juga bisa langsung meng-cloose aplikasi melalui antar muka task switcher dengan menyentuh ikon X dari setiap aplikasi. Selain itu, update GDR 3 juga menawarkan Nokia HERE Safe Driving Mode, yang jika dipakukan dengan aplikasi Maps-nya Nokia akan menjadi solusi navigasi yang menarik. Update ini juga memberi kita opsi memberi ringtone custom untuk instant message, email, voicemail dan reminder. Lalu juga ada fitur untuk mengunci orientasi layar, perbaikan untuk fungsi accessibility bagi pengguna dengan keterbatasan fisik melalui screen reader, sehingga entry calendar, call, text, email dan notifikasi baterai bisa terdengar jelas melalui speaker.

Selain GDR 3 yang sebenarnya menjadi paket racikan Microsoft, Nokia juga pertama memasukkan aplikasi kamera Nokia Camera, aplikasi baru kamera Lumia yang mengintegrasikan fitur dari Pro dan Smart Camera dari Lumia mereka sebelumnya, sehingga kamu tidak perlu repot beralih dari keduanya. Melalui Nokia Camera, ada 3 mode yang ditawarkan, termasuk di dalamnya “smart mode” yang mampu mengambil serangkaian foto, dan kemudian memberi kita kesempatan untuk membuang obyek, atau membuat semacam frame baru yang seakan menjadi lanjutan dari frame yang kamu dapatkan selama mengambil foto — opsi mode reframing/zoom mode dari Pro Camera-nya Lumia 1020 juga dikembalikan di sini. Selain itu juga tersedia akses cepat di sisi atas interface kameranya yang memungkinkan kita beralih ke fitur lainnya dengan mudah.

UPDATE: Setelah dikonfirmasikan, aplikasi Nokia Camera dirilis di Windows Phone Store, dan bisa didownload oleh semua Lumia yang menggunakan OS Windows Phone 8.

UPDATE: Nokia akan membuka opsi kedua flagship mereka, Lumia 1520 dan Lumia 1020 untuk menghasilkan foto dengan kualitas RAW. Sehingga sensor 20 atau 41-megapixel pada kedua Lumia tersebut mampu menghasilkan foto dengan zero compression — memungkinkan kendali lebih bagi kita untuk mengatur pencahayaan, warna dan setting lainnya. Untuk 1520 file RAW tersebut bukan masalag, karena tersedia slot micro SD. Namun untuk Lumia 1020 akan kerepotan, dengan tidak ada slot ekspansi.

Lumia 1520 seperti seri sebelumnya mengadopsi casing dengan material polycarbonate, dan pilihan warnanya kuning, merah, putih dan hitam. Lebih tepatnya, secara desain sama seperti Lumia 1020, yang ukurannya diperbesar, namun minus bagian sensor kamera yang besar di punggungnya. Menurut Stephen Elop, mereka akan menawarkan Lumia 1520 dengan harga US $750, dan mulai diluncurkan di Asia dan Eropa akhir tahun ini. Dengan harga setara Lumia 1020 tersebut, kamu mendapatkan sensor kamera 26 mm wide angle 20-megapixel, dengan optik Zeiss yang memiliki 6 lapisan lensa 1/2.5 inch BSI sensor serta lensanya berbukaan f/2.4, yang didukung oleh fitur optical image stabilization untuk menjadikannya sebagai pilihan fotografi mobile mumpuni dengan layar yang lebar. Seperti Lumia 1020, kamera ini juga dibekali fitur oversampling, yang menggabungkan pixel dari resolusi yang lebih besar menjadi kecil, namun dengan noise yang berkurang. Kamera tersebut juga mendukung lossless zooming, serta mampu merekam video pada kualitas 1080p pada 30 fps. Sayang untuk dukungan pencahayaan tidak ada flash xenon, hanya Dual LED saja.

Selain sektor kameranya cukup advance, Nokia juga tidak melupakan sisi audionya. Lumia baru mereka ini mendukung perekaman audio dengan kualitas stereo berkat adanya 4 mic di sekeliling tubuhnya, yang oleh Nokia disebut Rich Sound Recording. Internal storage-nya 32GB, namun tidak seperti seri mereka sebelumnya, ada opsi menambahkan microSD dengan kapasitas hingga 64GB, dan semoga kapasitas sebesar itu juga bisa kita manfaatkan untuk menyimpan data game nantinya, bukan sekadar foto, audio dan video saja. Untuk mendukung pengoperasian smartphone raksasa mereka ini, tersedia baterai berkapasitas 3,2400mAh (dibandingkan 2000 mAh pada Lumia 1020), 2GB RAM dan opsi charge wireless melalui Qi wireless charging disematkan di balik casing belakangnya.

Melalui baterai yang besar untuk ukuran Windows Phone tersebut, Nokia mengklaim si bongsor ini mampu bertahan hingga 32 hari untuk standby, dan hingga 124 jam untuk memutar musik. Dan meskipun kapasitas baterainya besar, serta adanya panel wireless charging di punggungnya, Lumia 1520 tetap lebih tipis dari kakaknya. Pada ketebalan 8.7mm dan berat 209-gram, dia lebih tipis dari Lumia 1020 10.4 mm, namun lebih berat dari kakaknya yang bobotnya hanya 158-gram. Dibandingkan dengan rival sekelas lainnya, Galaxy Note 3 dengan layar 5.7-inchi beratnya hanya 168-gram, dan Xperia Z Ultra yang layarnya 6.4-inchi serta dilapisi lapisan kaca pada hampir semua tubuhnya, beratnya juga hampir sama, 212-gram.

Untuk bagian konektivitas, Lumia 1520 memiliki modul WiFi yang mendukung band Wi-Fi a/b/g/n/ac dengan channel bonding, NFC, Bluetooth 4.0, USB 2.0, koneksi data GSM melalalui teknologi LTE hingga kecepatan 150 Mbps, atau HSDPA hingga 42.2 Mbps dan HSUPA yang mencapai 5.76 Mbps.

Secara software, bersama dengan event Nokia kali ini kita juga mendapati jika Instagram dan Vine dipastikan hadir untuk Windows Phone 8, setelah sebelumnya mulai pertengahan tahun ini kami mendengar rumor aplikasi tersebut akan masuk ke Windows Phone. Nokia sendiri juga menyiapkan aplikasi Storyteller dan Beamer. Storyteller akan membantu kita dengan mudah mengumpulkan foto yang diambil pada suatu map, kemudian zoom in pada suatu lokasi khusus dan melihat foto yang dikelompokkan melalui tanggal atau lokasi, sehingga membantu kita menyortir foto yang sudah kita ambil berdasarkan lokasi dimana kita mengambilnya. Storyteller juga mengintegrasikan semua foto spesial yang kamu hasilkan, seperti melalui fitur cinemagram dan Action shot. Sedangkan untuk Beamer, akan membantu kita dalam membagikan apa yang tampil pada layar ke PC atau smartphone lainnya.

Nokia akan meluncurkan Lumia 1520 dengan pilihan warna kuning, merah, putih dan hitam mulai akhir tahun ini di Hong Kong, Singapura, China Prancis, Jerman Inggris Raya dan pasar Eropa lainnya dengan harga sebelum pajak US $750.

Spesifikasi Lumia 1520

  • Operating System: Windows Phone 8 with the latest updates
  • Networks: GSM/EDGE: 850, 900, 1800, 1900 MHz; WCDMA: 850, 900, 1900, 2100 MHz; ROW LTE: 1, 3, 7, 8, 20; USA LTE: 2, 4, 5, 7, 17; HSPA+: DL 42 Mbps (Cat 24) / UL 11.5 Mbps (Cat 7)
  • Speed: LTE 150/50 mbps, DC-HSPA 42mbps
  • Memory: 2GB RAM, 32 GB internal user memory; 7 GB SkyDrive cloud storage, micro SD card support up to 64GB
  • Display: 6-inch full HD 1080p LCD , ClearBlack, High Brightness Mode, Sunlight readability, Super sensitive touch for glove and nail usage, Gorilla Glass 2
  • Processor: 2.2GHz Quad Core Qualcomm Snapdragon 800
  • Primary camera: PureView 20-megapixel Auto Focus ZEISS optics with Optical Image Stabilization (OIS), 2x lossless zoom, oversampling technology, dual LED flash, 1080p @ 30 fps full HD video with optical image stabilization
  • Secondary Camera: HD 1.2-megapixel wide angle
  • Size & weight: 162.8 x 85.4 x 8.7mm (volumetric). Weight: 209g
  • Connectivity: NFC, A-GPS+GLONASS, WLAN (2.4/5Ghz) a/b/g/n/ac, μUSB, BT 4.0 LE, Accelerometer, Proximity sensor, Magnetometer, Gyroscope, Ambient Light Sensor
  • Battery: 3400 mAh (integrated) with built-in wireless charging (Qi compatible)
  • Audio: Rich Recording with four microphones; Wideband Voice and multi-microphone noise reduction with four microphones; Dolby(R) Headphone, Graphic equalizer, Audio leveling; FM radio

Nokia Lumia 1520 – What’s your story?

Nokia Lumia 1520 first hands-on

Nokia Lumia 1520 – Switch to Nokia Lumia for smarter business

http://youtu.be/kSuLrRynt84

Nokia Lumia 1520 – Create your own story with Nokia Storyteller

http://youtu.be/uCzjMmNJktc

[cb type=”company”]Nokia[/cb]

Sumber: Nokia


SHARE
Previous articleKonami Siapkan Metal Gear Rising: Revengeance Special Edition
Next articleTV Spot Terbaru Thor: The Dark World, Jadilah Saksi Kembalinya Seorang Avenger!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.