Apple iPad Air Mengajukan Desain Baru, Kini Dengan Bezel yang Mengecil


Selain mengkonfirmasikan iPad mini with Retina display, melalui event kemarin Apple juga mengumumkan keluarga baru tablet iPad mereka, Apple iPad Air. Tablet ini menjadi iPad terbaru sejak kita pertama kali mendengar generasi pertama iPad dikenalkan pada tahun 2010 lalu. iPad Air meniru konsep desain iPad mini dengan bezel di pinggir layarnya yang lebih kecil, serta tentu saja seperti penerus produk-produk Apple lainnya, selalu dibuat lebih tipis dan ringan.

Yang paling mengejutkan dari iPad Air menurut kami hanya namanya, yang hanya disebut sebagai iPad Air. Setidaknya lebih sederhana dari penamaan Apple sebelumnya yang membingungkan. iPad pertama mereka cukup disebut sebagai “iPad”, dan kemudian generasi keduanya dikenal sebagai “iPad 2.” Dan ketika generasi ketiga hadir, kami menemukan namanya disebut dengan “iPad with Retina Display.” Yang mengejutkan, iPad terbaru yang diumumkan akhir Oktober tahun lalu kembali menggunakan nama “iPad” saja! Sedangkan kini iPad terbaru bukan disebut sebagai iPad 5, atau iPad with Apple A7, melainkan episode penamaan baru sebagai iPad Air. Yah, setidaknya adanya lata ‘air’ memudahkan ketika menyebutkan dan mengenalinya.

Selain nama baru, seperti yang penulis katakan di atas, desainnya mengacu pada iPad mini dengan bezel yang kecil (43% lebih kecil bezelnya dari iPad sebelumnya). Selain itu, secara hardware dia juga lebih baik dari iPad tahun lalu. Seperti mini, Air mendapatkan chipset terkuat Apple A7 yang masuk kategori 64-bit, serta dukungan M7 motion co-processor. Dengan desain yang lebih kecil, iPad Air makin mudah dioperasikan.

Selain itu tablet ini juga diklaim 20% lebih tipis, dan kini ketebalannya hanya 7.5mm, atau lebih tipis dari iPad 2. Beratnya juga menurun, dari 653-gram menjadi 469-gram saja. Selain itu, kamu masih mendapatkan bidang layar yang sama, 9.7-inchi dari material IPS LCD yang resolusinya 1536 x 2048-pixel. Kemudian rumor yang beberapa waktu sempat berhembus bahwa iPad terbaru akan mendapatkan tombol Home jenis baru seperti iPhone 5s ternyata meleset. iPad Air seperti iPad mini 2, tidak mengadopsi sensor TouchID.

Apple akan mulai menjual iPad Air mulai 1 November mendatang dengan pilihan warna yang sama seperti iPad mini 2, Silver serta Space Gray. Opsi storage-nya pun sama, hingga 128GB, dengan 16 GB yang paling rendah, dan tidak ada kemungkinan memperbesarnya lagi melalui slot micro SD. Harganya ditawarkan mulai US $499 untuk yang model Wi-Fi dan storage 16 GB, dan kemudian terus meningkat hingga US $799 untuk yang 128GB. Sedangkan model Wi‑Fi + Cellular dijual mulai US $629 untuk yang 16GB, dan yang teratas di harga US $929 untuk yang 128GB.

Seperti iPad mini 2, Apple juga akan menyediakan aksesoris baru, Smart Cases yang dijual seharga US $79 (menutup seluruh tubuhnya), dan versi baru dari Smart Cover yang sudah kita kenal sejak masa iPad generasi pertama. Dan sama seperti iPad mini 2, iPad Air langsung menjalankan iOS versi 7.0.3, yang juga sudah dirilis sejak hari ini, serta bisa diunduh oleh perangkat iOS yang mendukungnya. Dan untuk membandingkan apa saja spesifikasi dan fitur iPad Air, kamu bisa melihatnya melalui gambar di bawah.

Apple – Introducing iPad Air

http://youtu.be/LFYNP40vfmE

Apple – iPad Air – TV AD – Pencil

http://youtu.be/o9gLqh8tmPA

[cb type=”company”]Apple[/cb]


SHARE
Previous articleApple iPad mini 2 Dengan Layar Retina, Resolusi Layarnya Meningkat 4x Lipat
Next articleLebih dari 15 Game Tengah Dikerjakan dengan Menggunakan Frostbite 3
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.