Apple iPad mini 2 Dengan Layar Retina, Resolusi Layarnya Meningkat 4x Lipat

Apple menggelar event tunggal mereka kemarin. Dan yang menjadi fokus tidak lain Apple iPad mini 2, yang sebelumnya sudah banyak muncul dalam bentuk desain sasisnya. Versi kedua iPad mini tersebut memasukkan satu fitur yang banyak diminta para pemakai iPad mini, yaitu resolusi Retina. Tablet lain yang mereka konfirmasikan kemarin adalah iPad Air. Versi baru iPad berlayat 9.7-inchi namun dengan desain mengadopsi iPad mini.

Namanya cukup jelas memberi identitas khusus, layarnya mengajukan resolusi 2048×1536-pixel, atau meningkat empat kali dibandingkan resolusi iPad mini pertama, karena bidangnya masih sama 7.9-inchi, serta menghasilkan kerapatan pixel 326ppi. Dengan resolusi yang sama seperti iPad lainnya yang berlayar Retina, maka akan memudahkan developer karena aplikasi mereka identik untuk iPad 3, iPad 4, dan juga iPad Air.

Apple juga meningkatkan kemampuan hardware mini baru ini. Sebelumnya, iPad mini hanya membawa “jeroan” iPad 2 saja, dan itu bisa dikatakan terlalu jadul, bukanya Apple A6X dari iPad 4 yang diluncurkan pada waktu yang sama. Namun kali ini iPad mini with Retina display (yup, itu nama resminya) tidak dianak tirikan lagi. Apple langsung memasukkan chipset terkuatnya, Apple A7, yang juga digunakan Apple untuk iPad Air. Ya, itu langsung menjadikan iPad mini 2 ini sebagai tablet pertama dengan prosesor berarsitektur 64-bit. Menggunakan mesin yang sama seperti iPhone 5s, otomatis iPad mini 2 ini juga dibeking prosesor khusus, M7 motion coprocessor, yang mampu mengumpulkan data dari accelerometer, gyroscope, dan compass, dan menerjemahkan informasi yang diterima melalui aktivitas fisik penggunanya. Dengan demikian aplikasi yang memanfaatkan prosesor ini bisa mendeteksi gerakan apa saja yang dialami user, seperti ketika mengendarai kendaraan, berjalan, berlari atau tidur.

Seperti biasa, Apple bungkam soal berapa besar RAM yang mereka masukkan ke dalam mini baru ini. Mereka hanya mengklaim iPad mini 2 empat kali lebih cepat. Selain itu, secara grafis iPad mini 2 ini juga lebih cepat 8x dibandingkan mini pertama, menjamin semua game iOS next-gen bisa dijalankan lancar di sini, sebagaimana di iPad Air.

Seperti biasa, Apple memberi beberapa pilihan storage untuk iPad mini with Retina display. Kapasitas yang ditawarkan mulai 16GB hingga 128GB. Dan seperti biasa juga, tidak bisa diperbesar. Opsi storage tambahan hanya melalui storage di awan melalui. Di sisi konektivitas, perubahan terbesar yang diberikan Apple adalah dengan memasang dua antena Wi-Fi, dan dukungan untuk MIMO (multiple-input and multiple-output), yang menurut Apple secara teori mampu menggandakan kecepatan transfernya dibandingkan iPad mini pertama (300Mbps dibandingkan 150Mbps). Selain itu koneksi lokal masih tersedia melalui Bluetooth 4.0, dan hanya varian selularnya (yang bisa menerima koneksi data hingga 4G LTE) yang dibekali receiver GPS.

Keseluruhan iPad mini 2 ini tidak banyak berubah secara dimensi, baik ukuran dan beratnya, meskipun dengan chipset yang baru, serta perbaikan antena WiFi. Ketebalannya hanya terpaut sedikit, 7.5mm dibandingkan 7.2mm. Hanya beratnya saja yang terpaut banyak. Untuk versi Wi-Fi-nya, beratnya saat ini 331-gram (atau 23-gram lebih berat). Sedangkan yang model  Wi-Fi + Cellular lebih berat 29-gram dibandingkan iPad mini lama yang beratnya 312-gram.

Dari sisi kamera, tidak ada upgrade yang diberikan Apple. Masih sama, kamera 5-megapixel iSight di belakang, yang mampu merekam video full HD 1080p, dan kamera FaceTime HD yang kualitasnya masih sama, 1.2-megapixel. Namun kini dengan dukungan prosesor yang lebih kencang, iPad mini with Retina display mampu melakukan proses auto-focus lebih cepat, dan ada opsi stabilisation secara software untuk proses foto dan video, termasuk juga kemampuan membuat video slow-motion dari iPhone 5S.

Apple menawarkan iPad mini with Retina display dalam pilihan warna Silver dan Space Grey. Apple juga sudah mengkonfirmasikan berapa harganya, dan mereka di US sudah bisa mulai memesannya, dengan perkiraan akan hadir mulai akhir November dan langsung menjalankan iOS update terbaru versi 7.0.3. Harganya untuk yang model Wi‑Fi, 16GB $399, 32GB $499, 64GB $599 dan yang 128GB dijual dengan harga US $699. Sedangkan yang model Wi‑Fi + Cellular ditawarkan mulai 16GB $529, 32GB $629, 64GB $729 hingga yang termahal 128GB dengan harga $829.

Apple juga menyediakan aksesoris baru, Smart Case yang juga kompatibel dengan iPad mini pertama. Smart Case untuk iPad mini 2 ini akan dijual dengan harga US $69, terbuat dari bahan kulit sintetis dan pilihan warnanya Brown, Beige, Black, Yellow, dan Blue. Selain itu juga disediakan case lain, disebut Smart Cover, yang akan menutup tidak hanya bagian depan, namun juga bagian belakangnya (seperti case untuk iPhone 5s).

Perbandingan spesifikasi iPad mini 2 dengan iPad 2, iPad mini generasi pertama dan iPad Air:

Apple – Life on iPad

http://youtu.be/B8Le9wvoY00

[cb type=”company”]Apple[/cb]


SHARE
Previous articleAkhir Credit Thor: The Dark World Terungkap!
Next articleApple iPad Air Mengajukan Desain Baru, Kini Dengan Bezel yang Mengecil
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.