Nokia Lumia Makin Lengkap Dengan Hadirnya Instagram, Vine dan Flipboard

Rupanya Nokia siap membenahi Lumia dan Windows Phone 8 yang selama ini masih dianggap kurang pilihan aplikasinya. Selama Nokia World kemarin mereka mengkonfirmasikan banyak aplikasi baru, yang umumnya sudah hadir sejak lama di platform lain seperti iOS dan Android. Mulai jejaring sosial seperti Instagram yang berbasis foto, Vine yang mempelopori media sharing video pendek, hingga pembaca berita digital Flipboard akan segera hadir untuk Windows Phone. Selain itu, WhatsApp, LINE dan Nimbuzz Messenger juga dikonfirmasikan akan mendapatkan versi khusus untuk pengguna Asha.

Banyak game juga diumumkan selama Nokia World, dan sebagian diantaranya untuk Asha, serta menjadi bagian dari pemenang Asha Developer Competition. Game tersebut adalah Untangle REStarBlox dan Cricatak.

Nokia juga mengkonfirmasikan salah satu game racing mobile terpopuler tahun ini, Asphalt 8: Airborne juga siap dirilis untuk Lumia. Meskipun pengguna iOS dan Android sudah mendapatkannya sejak akhir Agustus lalu, bahkan juga sempat digratiskan untuk iOS, setidaknya melegakan jika pengguna Windows Phone juga akan segera bisa mengendarai Ferrari, Lamborghini, Corvette atau salah satu dari 44 mobil super lainnya dalam game ini.

Selain itu, berikut daftar aplikasi dan game yang diumumkan Nokia selama Nokia World kemarin. Jika nama aplikasi atau game yang sudah memiliki tautan, berarti sudah dirilis. Sedangkan yang belum, menurut Nokia akan segera hadir untuk Lumia dan Windows Phone dalam waktu dekat ini.

CamScanner – Merubah kamera Lumia menjadi document scanner. Nokia menawaarkan berlangganan layanan premiumnya secara gratis. Penawaran ini berakhir pada 22 November 2013. Jadi kamu perlu mengaktifkan aplikasi ini melalui Lumia sebelum tanggal tersebut.

Danger_Dash

Danger Dash – Menjadi hero dan meloloskan diri dari kejaran harimau jahat di tengah setting pulau yang eksotis. Game dari Gameloft berjenis endless runner yang sebelumnya dirilis gratisan untuk Android ini nanti akan di-port untuk Asha.

Dragons-Adventure
Dragons Adventure, memadukan pelacakan GPS dan augmented reality LiveSight untuk menghadirkan lingkungan gameplay yang menyerupai dunia di sekeliling kita.

Dragons Adventure untuk Lumia 2520 – Ada nama DreamWorks Animation di sini, dan judulnya yang berbau naga. Ya, game ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang menyukai film animasi How To Train Your Dragon, karena versi gamenya sendiri baru eksis sekali saja ketika film pertamanya dirilis 2010 lalu. Dalam game eksklusif Lumia 2520 ini, kamu bisa merubah setiap langkahmu di dunia nyata menjadi sebuah pengalaman magis berkat integrasi Nokia HERE Maps dan augmented reality.

Dragon Adventure memadukan pelacakan GPS dan augmented reality LiveSight untuk menghadirkan lingkungan gameplay yang menyerupai dunia di sekeliling kita. Selama bermain kamu menjadi seorang Dragon Master, yang harus menyelesaikan quest seiring berinteraksi dengan naga-naga dari filmnya.

Aplikasi ini menggunakan fitur peta Nokia HERE, teknologi GPS dan LiveSight untuk menganalisa lokasi pemain, dan kemudian merubah keadaan sekelilingnya menjadi bagian landmark di tengah pulau Berk, yang menjadi setting dari filmnya.

Kondisi lalu lintas saat ini, dan juga cuaca di lingkungan dimana kamu memainkannya, juga akan mempengaruhi permainan. Seiring kamu membawa tablet tersebut dan bergerak untuk mencari item di udara, termasuk juga mencari naga. Orang tua juga bisa ikut ambil bagian jika anak-anak mereka yang memainkannya, melalui voice command dan membuat mission atau challenge untuk anak-anak yang memainkannya.

Aplikasi ini sepertinya cocok dimainkan selama bergerak di dalam kendaraan, namun menurut Nokia juga bisa dimainkan sembari duduk di dalam rumah. Dragons Adventure akan dirilis akhir tahun ini, dan nantinya juga akan ada aplikasi pendamping untuk Windows 8.

Flipboard – Aplikasi news generator yang memungkinkan kita membaca berita pilihan kita ini dalam tampilan majalah ini akhirnya akan hadir untuk Lumia. Belum diketahui apakah juga akan tersedia untuk Windows Phone lainnya. Selain untuk Windows Phone 8, Flipboard nantinya juga bisa diakses pengguna tablet Lumia 2520.

InNote – Aplikasi untuk membuat catatan dan memo dengan Lumia yang sangat mudah, bahkan bisa menggunakan jari untuk menghasilkan goresan tinta digital.

Instagram – Instagram akhirnya juga datang untuk Windows Phone. Ambil foto, tambahkan filter, dan bagikan ke teman melalui media sosial atau komunitas penggemar foto. Menurut Nokia, Instagram akan hadir untuk Windows Phone 8 dalam beberapa minggu ke depan.

Line

LINE – Salah satu instant messaging terpopuler ini memungkinkan pengguna Asha dan Lumia bergabung dengan 260 juta user LINE lainnya berkomunikasi chat atau telepon gratis.

MyTalkingTom

My Talking Tom – Aplikasi interaktif yang lebih dikenal sebagai Talking Tom Cat dari developer Outfit7 ini juga akan hadir untuk Lumia. Cocok buat pengguna Lumia yang alergi kucing, sehingga bisa “menyiksa” kucing virtual ini melalui layar smartphone. Untuk Lumia ini, kamu akan melihat semua perkembangan Tom dari kucing kecil hingga tomcat dewasa.

Nimbuzz Messenger, untuk Asha – Aplikasi voip yang sudah cukup lama dikenal sejak era Windows Phone lawas ini akhirnya juga akan tersedia untuk Asha. Kamu bisa menggunakannya untuk melakukan panggilan internasional dengan biaya murah, serta mengirim pesan teks tanpa batas. Kamu juga bisa menggunakan Nimbuzz untuk berbagi file dengan pengguna Facebook, Gtalk dan Yahoo.

Papyrus

Papyrus – Menggunakan jari atau stylus untuk membuat catatan di Lumia.

Photofunia – Membuat komposisi foto dari koleksi foto, dan menambahkan hingga 300 efek berbeda. Akan dirilis untuk Asha.

phriz.be – Membagikan foto beresolusi tinggi menggunakan Lumia. Selain itu phriz.be juga akan memberi opsi membagikan dokumen nantinya.

PicFeed – Untuk menarik foto dari akun Instagram, sekaligus bisa memberi like dan comment. Akan tersedia untuk Asha dan Lumia.

PicTag – Mengatur foto dengan menambah tag. Akan tersedia untuk Asha.

Plex – Membagikan video melalui Nokia Lumia ke Windows Phone 8, iOS, Android, PC, dan juga smart TV. Aplikasi ini dirilis eksklusif untuk pengguna Nokia, dan hanya untuk waktu yang terbatas.

Rail Rush – Game adventure yang pengendaliannya menggunakan sensor gerak, menuntutmu mengumpulkan item sambil menghindari rintangan, dan akan dirilis eksklusif untuk Lumia ber-Windows Phone selama tiga bulan pertama.

Smart Resize – Aplikasi untuk membantu pengguna Lumia meng-crop dan resize foto. Aplikasi ini menganalisa foto dan otomatis menentukan apa yang penting dan yang tidak dari foto tersebut, seperti menghilangkan noise.

SophieLensHD

SophieLensHD – Didesain ulang untuk layar Lumia baru yang lebih besar, versi HD dari aplikasi lensa populer Windows Phone ini kini menampilkan foro dalam resolusi high-def dan juga memberi kita opsi menambahkan filter, location (melalui HERE) atau informasi Wikipedia.

Temple Run 2 – Sekuel dari game endless runner terpopuler Temple Run ini juga direncanakan akan hadir untuk Lumia.

Selain itu, game lain yang juga dikonfirmasikan untuk Windows Phone antara lain Rayman Fiesta RunRabbids Big Bang, dan FIFA 14.

TuneIn

TuneIn Radio – Aplikasi radio online ini juga di-port untuk Lumia. Kini pengguna smartphone Nokia itu bisa mendengarkan musik, siaran olahraga, berita dari hampir 70,000 stasiun radio online AM, FM, HD dan Internet radio.

Vine

Vine – Pengguna Twitter di Windows Phone (khususnya Lumia) akhirnya juga akan segera mendapatkan Vine, dan mulai membagikan video singkatnya!

Vyclone Pro – Aplikasi kolaborasi video yang menempatkan kita bergabung dengan teman untuk membuat video dengan beberapa filter dan template, dan kemudian meng-uploadnya dari mana saja. Vyclone Pro ini didesain untuk memanfaatkan layar 1080p dari Lumia 1520.

WhatsApp Messenger – Pengguna Asha bisa mulai memanfaatkan paket data untuk berkomunikasi teks melalui WhatsApp, aplikasi salah satu instant messaging yang kini menjadi alternatif selain berkirim SMS.

Xbox Video – Memberi kita akses banyak perpustakaan blockbuster movie terkini dan juga acara TV yang sebelumnya hanya bisa dinikmati melalui Xbox One, Xbox 360, Windows 8 PC dan tablet. Namun sekarang aplikasi ini juga hadir untuk Windows Phone.


SHARE
Previous articleNokia Asha 500, Asha 502 dan Asha 503 Hadir Dengan Casing “Terbungkus” Es
Next articleAkhir Credit Thor: The Dark World Terungkap!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.