Lebih dari 15 Game Tengah Dikerjakan dengan Menggunakan Frostbite 3

Frostbite 3 logo

Engine Frostbite 3 yang dikembangkan DICE memang menjadi primadona game-game buatan studio EA. Dalam waktu dekat, kita sudah bisa menikmati salah satu hasilnya lewat Battlefield 4 yang akan segera dirilis beberapa hari lagi. Selain Battlefield 4, bulan depan kita juga bisa mengetahui bagaimana kemampuan engine ini untuk game balap lewat Need For Speed: Rivals. Rupanya “dinasti” Frostbite 3 ini akan bertahan dalam beberapa tahun mendatang, karena DICE mengungkapkan bahwa saat ini ada lebih dari 15 game dikembangkan dengan menggunakan engine tersebut!

Frostbite 3 - Battlefield 4

Hal ini diungkapkan oleh Johan Andersson, Technical Director dari tim Frostbite 3 yang ada di DICE. Dalam sebuah posting Twitter-nya, dia mengungkapkan bahwa Battlefield 4 bukan termasuk satu dari 15 game yang dijanjikan tersebut. Artinya, setelah Battlefield 4, kita akan melihat 15 lebih game lain yang menggunakan engine sama, dengan berbagai macam genre. Beberapa game yang sudah pasti menggunakan Frostbite 3 setelah Battlefield 4 antara lain Need For Speed: Rivals, Dragon Age: Inquisition, Star Wars: Battlefront, dan Mirror’s Edge 2.

Selain lima game tersebut, kabarnya Mass Effect 4 juga akan menggunakan engine serupa. Hal ini tercium dari posting akun Instagram dari Johan yang mengindikasikan kunjungannya ke tim pengembang Mass Effect di BioWare, serta berencana untuk bekerja sama lebih jauh dengan mereka.

Seperti yang kita tahu, awal bulan ini DICE sudah menggelar fase beta dari Battlefield 4. Saat menggelar fase beta tersebut, DICE juga membeberkan beberapa detail baru untuk game ini, salah satunya adalah fitur Spectator Mode yang membuatmu bisa terlibat dalam peperangan tanpa harus terjun langsung memegang senjata dengan berbagai macam pilihan sudut pandang.

Frostbite 3 - Battlefield 4

Selain itu, DICE juga mengungkapkan kebutuhan instalasi yang cukup besar untuk versi Xbox 360 dengan konten sebesar 12 GB. Kebutuhan instalasi ini melengkapi kebutuhan hardware yang cukup besar dari game ini, setelah sebelumnya DICE juga mengungkapkan bahwa untuk versi PC, game ini juga membutuhkan space HDD minimal 30 GB untuk instalasi. Battlefield 4 sendiri menurut rencana akan hadir pada 29 Oktober 2013 yang akan datang untuk PS3, Xbox 360 dan PC, diikuti dengan versi PS4 pada 15 November 2013 dan Xbox One pada tanggal 22 November 2013.

[Sumber: OXM]


SHARE
Previous articleApple iPad Air Mengajukan Desain Baru, Kini Dengan Bezel yang Mengecil
Next articleMenguak Lebih Dalam Tentang Altermyth Pandawa Bersama Ihsan Wahab
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.