Xperia SP Tidak Sendiri, Sony Beri Dukungan Dual Shock 3 Untuk Xperia Z dan Tablet S

Sebelumnya kami mengabarkan trik baru yang akan diberikan Sony untuk semua Xperia terbarunya. Trik tersebut memungkinkan smartphone dan tablet mereka bisa langsung terkoneksi dengan kontroler Dual Shock 3, dan menggunakannya untuk memainkan game Android melalui kontroler tersebut. Xperia pertama yang mendapatkannya langsung tanpa harus repot-repot menjalani proses rooting adalah Xperia SP.

Selain Xperia kelas menengah yang saat ini juga cukup populer di pasaran karena value for money-nya, Sony juga memperluas dukungan Xperia mereka yang bisa terhubung langsung dengan kontroler Dual Shock 3, yang baru-baru ini juga mendapatkan “nafas baru” menjadi kontroler untuk PS Vita TV. Dengan demikian, kamu bisa sepenuhnya fokus pada layar ketika memainkan game, karena kami yakin desain dan penempatan tombol Dual Shock 3 pasti familiar di kulit tangan para gamer mobile sekalipun. Kamu tinggal mencari dudukan yang pas untuk para Xperia yang akan dikendalikan dengan kontroler PlayStation 3 tersebut, atau menggunakan kabel dan menghubungkannya pada televisi. Jadilah keluarga Xperia-mu sebagai microconsole dadakan.

Daftar Xperia yang mendapatkan dukungan antara lain sebagai berikut (dibutuhkan minimal OS Android 4.2+):

  • Sony Tablet S
  • Sony Xperia SP (C5302/C5303/C5306)
  • Sony Xperia Z (C6602/C6603)
  • Sony Xperia Z1 (C6902/L39h/C6903/C6906/C6943)
  • Sony Xperia Z Ultra (C6806/C6833)
  • Sony Xperia ZL (C6502/C6503)
  • Sony Xperia Tablet S
  • Sony Xperia Tablet Z (SO-03E/SGP311/SGP312/SGP321/SGP331)

Sony sendiri sudah membuka jalan dengan memberi dukungan pada beberapa game yang mulai bisa dikendalikan menggunakan kontroler tersebut, seperti Haunt the House: Terrortown, Modern Combat 4 dan Respawnables-nya Zynga. Developers bisa menambahkan game mereka melalui Sony Mobile Developer untuk mendapatkan informasi bagaimana game mereka bisa dikendalikan melalui Dual Shock. Semua kendali dan tombol dari Dual Shock 3 bisa digunakan untuk memainkan game Android, tinggal mengatur key mapping-nya saja. Namun untuk proses pengenalan tersebut, kita membutuhkan kabel USB On The Go yang terhubung dengan Dual Shock 3, dan setelah koneksi awal, selanjutnya antara kontroler dan Xperia bisa terus terhubung melalui Bluetooth.

Langkah baru Sony ini jelas bisa menjadikan smartphone dan tablet sekaligus menjadi microconsole, dan tidak perlu bagi kita membelanjakan dana lebih untuk Android lainnya hanya untuk kenyamanan memainkan game mobile di ruang keluarga, atau mendapatkan feedback kontroler yang lebih baik, seperti yang juga dilakukan oleh nVidia melalui Shield, Ouya, Mojo, atau banyaknya opsi kontroler Bluetooth lain seperti Moga Pro.

DUALSHOCK™3 wireless controller support

Sony Xperia SP Smartphone with DualShock3 Gamepad

Sumber: Sony Mobile


SHARE
Previous articleDead Trigger 2 Dirilis di iOS dan Android, Berburu Zombie Melalui Mobile dan PC
Next articleRovio Merilis Update Baru Angry Birds Friends, Ikut Ramaikan Halloween
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.