Perang ‘Commercial’ Antara PS4 dan Xbox One!

Semakin dekat dengan tanggal rilis dari PS 4 dan Xbox One menandakan arena pertempuran akan semakin seru. Simak bagaimana kedua perusahaan ini berusaha memasarkan konsol buatan mereka melalui media TV Spot!

 PS4 vs Xbox One Commercial - The Clash

Perseteruan antara konsol generasi terbaru,Sony Playstation 4 dan Microsoft Xbox One semakin memanas. Deretan judul game-game keren pun dijadikan senjata utama kedua perusahaan besar ini untuk menarik para gamer agar memilih konsol andalannya masing-masing. Tentu saja kedua perusahaan ini memiliki strategi marketingnya masing-masing. Hanya dalam rentang waktu kurang dari 2 minggu, baik Sony serta Microsoft meluncurkan kampanye iklannya masing-masing. Sony merilis iklannya yang diberi judul ‘Perfect Day’ pada tanggal 14 Oktober yang lalu sementara hari ini Microsoft baru saja meluncurkan iklannya yang bernama ‘Xbox One: Invitation’

 PS4 vs Xbox One Commercial - PS4

Ada perbedaan mendasar diantara kedua iklan tersebut. Sony lebih mengandalkan ‘cerita’ dan pengalaman bermain yang bisa didapatkan oleh gamer. Iklan tersebut menunjukkan 2 orang sahabat yang bertanding dalam berbagai macam genre game seperti action, shooter serta racing. Semuanya dilakukan sambil menyanyikan lagu Perfect Day karangan Lou Reed, yang merupakan personil band The Velvet Underground. Uniknya, di video ini sama sekali tidak ada penampakan konsol Playstation 4 itu sendiri. Mari kita saksikan iklan ‘Perfect Day’ berikut ini!

http://youtu.be/s0d9d-cdxhk

Sementara itu, Microsoft meluncurkan iklan yang diisi oleh bintang-bintang di industri hiburan serta olahraga. Beberapa bintang tersebut antara lain adalah Zachary Quinto sebagai Mr. Spock dari Star Trek serta Steven Gerrard dari klub sepakbola Liverpool. Iklan berjudul ‘Xbox One: Invitation’ ini seperti ingin menunjukkan bahwa konsol Xbox One tidak hanya sebuah mesin game, tapi sebuah alat multimedia yang dapat digunakan untuk berbagai macam hal seperti menonton film atau menyaksikan pertandingan olahraga. Langsung saja kita saksikan, ‘Xbox One: Invitation’ berikut ini!

http://youtu.be/_1mfIg1I3zE

Bagaimana menurut kalian semua? Iklan mana kah yang lebih baik? Menurut saya sendiri, iklan milik Sony terasa lebih kuat. Sebagai seorang gamer, saya merasa terwakili dengan elemen-elemen yang dihadirkan di iklan Perfect Day. Sementara itu, iklan milik Microsoft cenderung kehilangan identitas. Tidak jelas apakah yang dijual adalah sebuah mesin game atau alat elektronik pada umumnya.

 PS4 vs Xbox One Commercial - Xbox One

Namun, yang benar-benar membuat saya merasa tergugah dan merinding adalah iklan yang dibuat oleh Sony Europe yang berjudul ‘For The Players Since 1995’. Iklan ini menceritakan sejarah perjalanan konsol Playstation sejak 18 tahun yang lalu. Langsung saja kita tonton videonya berikut ini!

Iklan ‘For The Players Since 1995’ jelas sudah memukul Microsoft secara telak. Siapa yang tidak akan merinding menonton video tersebut. Bagaimana pendapat kalian semua?

TENTANG PENULIS
Aditya Pratama

Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.