Dragon Ball Z Battle of Z Dirilis 28 Januari, Mengadu 70 Karakter Dalam Pertarungan Team

Game fighting yang banyak ditunggu penggemar Dragon Ball adalah Dragon Ball Z Battle of Z. Seri game baru berbasis serial manga dan anime Dragon Ball ini ditangani oleh Artdink dan akan dipasarkan oleh Bandai. Sebelumnya hanya disebutkan game ini dirilis di Jepang pada Januari 2014. Namun kemarin kami mendapatkan kepastian jika game untuk Xbox 360, PlayStation 3, dan PlayStation Vita ini akan dirilis pada 28 Januari 2014 mendatang di Amerika. Khusus untuk PS Vita di luar Jepang hanya tersedia melalui format digital.

Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, Battle of Z terfokus pada pertarungan team. Hingga delapan pemain bisa saling baku hantam bersama dalam satu arena pertarungan, sehingga pola permainannya menyerupai Dragon Ball: Zenkai Battle Royale, game arcade Dragin Ball yang juga fokus pertarungan multiplater, namun hanya eksis di Jepang. Karena memang dimainkan multiplayer, empat pemain bisa memainkannya secara cooperative play melawan empat pemain lainnya. Sehingga akan ada pemain yang mungkin berperan untuk menyerang, atau yang lain bisa mendukung dengan memulihkan karakter lain.

Game ini juga mendukung pertarungan online multiplayer, atau untuk pemain handheld, bisa memanfaatkan koneksi ad-hoc PS Vita. Namun khusus multiplayer-nya ada batasam. Dua player tidak bisa memainkannya dalam konsol yang sama, dengan harapan setiap pemain multiplater bisa mendapatkan tampilan yang maksimal melalui layar televisinya. Seandainya dalam satu televisi tampilannya terbagi untuk dua pemain, pasti akan ada bagian yang tidak terlihat oleh player.

Karena basisnya pertarungan team, Battle of Z pun mengajukan banyak karakter. Sejauh ini sudah dikonfirmasikan lebih dari 70 karakter, termasuk karakter yang hanya bisa dimainkan dalam pertarungan team, seperti Great Ape Vegeta, Great ApeGohan, dan Hirudegarn. Namun seperti game Dragon Ball sebelumnya, karakter yang memiliki perubahan fisik tertentu akan terpisah menjadi karakter yang berbeda, bukannya dianggap menjadi satu karakter. Karena itulah tidak heran jika pilihan karakternya cukup besar. Dan karakter tidak mendapat opsi berubah ke wujud yang lebih kuat selama pertarungan.

Gameplay pertarungannya sendiri masih membawa nuansa pertarungan cepat (di darat dan udara) seperti seri game sebelumnya. Membuatnya langsung terasa berbeda adalah pertarungan team-nya dengan empat karakter dalam satu team. Mereka berbagi satu energy meter spesial yang disebut GENKI Gauge. Genki akan terisi ketika menyerang musuh, dan ketika penuh, memungkinkan karakter melakukan serangan ultimate. Karena dibagi untuk empat karakter, setiap anggota team bisa memutuskan siapa yang akan menggunakannya.

Seperti yang juga kita jumpai selama adegan pertarungan serial animasinya, karakter bisa melakukan serangan gabungan dengan rekan setimnya. Beberapa serangan yang kami ketahui melalui trailer yang sudah dirilis seperti Synchro Rush, Meteor Chain, dan Revive Soul. Meteor Chain melibatkan rekan setim bekerjasama melancarkan rangkaian serangan, dan tidak memberi kesempatan musuh meng-counter. Serangan ini cocok untuk membangun GENKI Gauge. Sedangkan melalui Synchro Rush, karakter dan partnernya akan mendekat cepat ke musuh dan menyerang bersamaan. Kemudian Revive Soul berfungsi untuk membangkitkan partner yang kehabisan health.

Selain GENKI yang terbagi, karakter dalam satu team bisa saling membagikan ki mereka melalui Energy Share. Artdink berusaha menjaga hubungan antara karakter dan musuh seperti dalam cerita aslinya. Jadi seandainya dalam satu team kamu memasukkan karakter Villians dan Heroes, maka ketika melakukan gerakan seperti membagikan ki atau memulihkan energi pada karakter yang berlawanan, mereka akan menunjukkan respon yang kurang baik.

Karakter Terbagi Dalam Empat Kelas

Pertarungannya yang berbasis team juga memberi peluang pada developer untuk membagi puluhan karakter tersebut menjadi empat kelas berbeda. Mereka antara lain:

  • Fighting Type: ahli pertarungan jarak dekat, bisa melakukan combo dengan serangan melee. Tipe serangannya seperti Kaio-ken Attack, Dance of the Sword, Recoome Kick.
  • Ki Blast Type: ahli pertarungan jarak jauh, bisa melakukan serangan beruntun dengan mengonsumsi GENKI Gauge. Tipe serangannya seperti Consecutive Energy Blast, Death Beam, Spirit Ball.
  • Support Type: mereka dibekali kekuatan seperti health regeneration dan support ability. Tipe gerakannya seperti Health regain blast, Fighting Pose.
  • Interference Type: dibekali kemampuan untuk mengganggu gerakan musuh. Tipe serangan mereka seperti Solar Flare, Chocolate Beam, Drain Energy.

Selain pembagian tipe tersebut, karakter juga masih bisa dimodifikasi menggunakan ability card. Dengan mengumpulkan dan memasangkan pada karakter, mereka yang tipenya mungkin kurang cocok dengan pertarungan saat itu bisa ditingkatkan kemampuannya sehingga mampu sepadan dengan keadaan pertarungan. Selain itu juga ada kartu ability yang membuat kemampuan aslinya terlihat lebih menonjol.

Dengan wujud tranformasi yang lebih kuat dari karakter tersedia sebagai satu karakter playable, logikanya tidak adil karena mereka memiliki kemampuan yang lebih kuat. Untuk mengatasi hal tersebut dan menyeimbangkan gamenya, karakter dengan wujud yang lebih kuat tidak bisa meng-equip kartu ability lebih banyak dari karakter berwujud standarnya.

Opsi lain, karakter juga bisa kamu modifikasi penampilan warna kostumnya. Jadi jika kamu ingin membuat aksen warna Frieza berwarna hijau (bukanya biru), kamu mendapatkan perlengkapan untuk “mengecatnya” di sini.

Mode Permainan Battle of Z

Untuk mode permainannya, Battle of Z menyajikan Single Mission, Multi Mission, dan Team Battle.

Dalam Single Mission, kamu bisa mengendalikan Z Fighter atau sisi villain. Disediakan 60 mission di sini, yang skenarionya diambil dari Saiyan Saga (cerita Z Fighters dan Saiyan), Frieza Saga (cerita Z Fighters atau sisi Frieza Soldier), Cell Saga (Z Fighters atai sisi para Android), Majin Buu Saga (Z Fighter dan Majin Buu), Another Age, Extra Age, dan Special Age.

Selain itu developer juga memodifikasi cerita orisinal manga/animenya sehingga cocok dengan gameplay team, seperti ketika pertarungan dengan Frieza yang dalam cerita aslinya hanya Goku saja yang melawannya, maka dalam cerita game ini juga memasukkan Piccolo, Gohan, serta Krillin untuk pertarungan akhir di Namek. Selain itu kamu juga menjumpai skenario spesial berbasis konsep “bagaimana jika” — sebuah cerita yang berisi perandaian jika seandainya terjadi sesuatu yang berbeda dari skenario aslinya, yang sepetinya akan menambah replay value game ini.

Mode kedua disebut Multi Mission. Mode ini memungkinkan 4 pemain bergabung secara online untuk menyelesaikan misi secara koperatip (termasuk secara online). Dan kemudian dalam mode Team Battle, kamu bisa mendapati Shin Battle Mode dan Battle Royal. Shin Battle Mode memungkinkan hingga 4 player bergabung untuk menyelesaikan misi secara kompetisi. Sedangkan dalam Battle Royal, kamu bisa menggunakan karakter yang tidak dalam satu team saling bertarung.

Karakter yang Sudah Dikonfirmasikan

Sejauh ini karakter playable yang sudah dikonfirmasikan adalah sebagai berikut:

  1. Goku (Base, Super Saiyan, Super Saiyan 2, Super Saiyan 3, Super Saiyan God)
  2. Kid Gohan
  3. Teen Gohan (Base, Super Saiyan, Super Saiyan 2)
  4. Adult Gohan (Super Saiyan)
  5. Ultimate Gohan
  6. Piccolo
  7. Krillin
  8. Yamcha
  9. Tien Shinhan
  10. Future Trunks (Sword) (Base, Super Saiyan)
  11. Future Trunks (Super Saiyan, Super Trunks)
  12. Trunks (Base, Super Saiyan)
  13. Goten (Base, Super Saiyan)
  14. Gotenks (Base, Super Saiyan, Super Saiyan 3)
  15. Super Vegito
  16. Bardock (Base, Super Saiyan)
  17. Saibaman
  18. Raditz
  19. Nappa
  20. Vegeta (Base, Super Saiyan, Super Saiyan 2, Majin)
  21. Guldo
  22. Jeice
  23. Burter
  24. Recoome
  25. Captain Ginyu
  26. Frieza (1st Form, 2nd Form, 3rd Form, Final Form, 100% Power)
  27. Frieza Soldier
  28. Cooler (Base, Final Form)
  29. Meta-Cooler
  30. Dr. Gero
  31. Android 19
  32. Android 18
  33. Android 17
  34. Android 16
  35. Cell (Imperfect Form, Semi-Perfect Form, Perfect Form, Super Perfect Form)
  36. Cell Jr.
  37. Broly (Super Saiyan, Legendary Super Saiyan)
  38. Dabura
  39. Majin Buu
  40. Super Buu (Base, Gohan)
  41. Kid Buu
  42. Bills
  43. Whis

Giant Boss

  1. Great Ape Bardock
  2. Great Ape Vegeta
  3. Great Ape Gohan
  4. Metal Cooler (nucleus)
  5. Hirudegarn (Final Form)

Dragon Ball Z Battle of Z – PS3 / X360 / PSVITA – The Ultimate Brawl 

Dragon Ball Z: Battle of Z – PS3/X360/PSVITA – Battle Royal

[nggallery id=876]


SHARE
Previous articleSony PlayStation App Akan Hadir Sebelum PlayStation 4 Dirilis
Next articleSebelum OUYA 2 Dirilis Tahun Depan, OUYA 1 Dapatkan Revisi Kontroler
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.