Developer Game Muda Indonesia: Mahdi Bashroni Rizal

Mahdi Bashroni Rizal

Tidak bisa dipungkiri, memang perkembangan game Indonesia dalam beberapa tahun terakhir cukup pesat. Di balik perkembangan industri game tersebut, sosok developer game memang menjadi salah satu tulang punggungnya. Nah, memeriahkan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2013, Duniaku menampilkan beberapa artikel spesial yang mengangkat sosok beberapa developer game muda di Indonesia.

Untuk kesempatan pertama ini, kami menampilkan sosok Mahdi Bashroni Rizal, Game Producer dari Square Enix Smileworks yang juga mantan CEO dari Elven Games. Kepada Duniaku, Mahdi berbicara mengenai apa makna Sumpah Pemuda bagi dirinya, dan juga bagaimana suka dukanya bekerja untuk salah satu developer di studio game papan atas. Simak hasil wawancaranya berikut ini!

Duniaku (D): Menurut Mahdi, arti sumpah pemuda di zaman modern sekarang ini seperti apa?

Mahdi (M): Pemuda adalah salah satu tulang punggung sebuah bangsa, pembawa spirit pembaharuan dan generasi penerus bangsa. Bung Karno pun pernah berkata “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Pemuda mempunyai potensi yang sangat besar. Spirit perjuangan itulah yang harus selalu dibawa di zaman modern, Kerja keras dan berkarya untuk mengisi kemerdekaan

D: Sebagai seorang game developer, apa wujud semangat sumpah pemuda yang sudah pernah diwujudkan?

M: Sampai saat ini sudah cukup banyak game yang saya buat, beberapa cukup sukses di market tapi ada juga yang kurang memuaskan. Tetapi spirit perjuangan tetap membara, anggap itu sebuah proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam berkarya.

D: Menjadi seorang game developer di sebuah studio besar seperti Square Enix tentu ada suka dukanya. Apa suka duka yang paling berkesan?

M: Lebih banyak suka nya, bekerja di perusahaan Square Enix memberikan banyak pengalaman baru dan membuka kesempatan untuk mewujudkan karya di industri game secara internasional.

D: Apa pencapaian terbesar yang paling membanggakan?

M: Cukup banyak momen yang membanggakan bagi saya, salah satunya adalah saya pernah terlibat dalam proyek The Adventure of Wanara, sebuah proyek besar di industri kreatif Indonesia karena secara pararel menghasilkan novel, komik digital interaktif, game, dan serial animasi. Dimana saya berperan dalam pembuatan game dan komik digital interaktif untuk IOS dan Android.

D: Apa saran bagi para generasi muda Indonesia yang memilih jalan di dunia game untuk memajukan bangsa?

M: Terus berkarya dan pantang menyerah. Era digital ini dengan semakin maraknya penggunaan internet memudahkan semua orang untuk terjun dalan industri game dan masuk ke saluran distribusi seperti apps store. Tunjukkan bahwa kita juga bisa membuat produk yang berkualitas dan bisa bersaing dengan negara lain

D: Tentu seseorang punya impian yang ingin diwujudkan di masa yang akan datang. Apa impian terbesar mas sebagai seorang game developer?

M: Membuat sebuah game yang bahkan tetap diingat di generasi selanjutnya. Siapa yang tidak kenal nama besar final fantasy atau super mario, walau sudah lebih dari 1 dekade nama tersebut tetap melekat di hati penggemar. Karya seperti itulah yang ingin saya buat di masa depan

D: Terima kasih buat waktunya, sukses terus buat Mahdi!


SHARE
Previous articleLiputan Indonesia Gunpla Builders World Cup Competition!
Next articlePenjualan Pokemon X & Y Turun Lebih Cepat Dibanding Black / White
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.