LG G Flex, Android Berlayar Melengkung yang Bisa “Pulihkan” Luka Seperti Wolverine

Setelah melalui serangkaian rumor, akhirnya LG resmi mengkonfirmasikan LG G Flex, smartphone terbarunya yang akan menggunakan layar fleksibel, dan menjadi yang kedua menerapkan teknologi layar melengkung tersebut setelah Samsung dengan Galaxy Round.

Android ini menerapkan teknologi layar OLED yang fleksibel sehingga menghasilkan bentuk lengkungan yang dramatis melalui sumbu horizontal (Samsung Galaxy Round dengan sumbu vertikal). Dengan konsep tersebut, LG G Flex menghasilkan ketebalan antara 7.9 dan 8.7mm pada beberapa bagian tubuhnya (dimensinya keseluruhan 160.5 x 81.6 x 7.9/8.7mm). Layarnya juga lebih besar dari yang ditawarkan Galaxy Round, yaitu 6-inchi (5.7-inchi pada Round). Dengan layar sebesar itu, LG masih mampu meredam bobot G Flex menjadi hanya 177-gram saja. Sayangnya, layar tersebut resolusinya masih rendah, 720p saja, belum full HD.

Kemudian untuk hardware-nya, LG masih menyerahkan konfigurasi yang sama seperti LG G2, ada Snapdragon 800 di dalamnya, dengan prosesor quad-core yang kecepatannya 2.26GHz. Selain itu juga didukung RAM 2GB, 32GB internal storage, slot microSD, kamera 13-megapixel, dan baterai yang kapasitasnya jumbo, 3,500 mAh, yang sepertinya juga memberi kontribusi pada bobotnya yang lebih besar dari Galaxy Round pada berat 154-gram. Kemudian untuk konektivitasnya, Android 4.2.2 Jelly Bean serta interface racikan LG ini sudah mendukung kecepatan LTE-A di Korea. Selain itu, fitur yang mengacu pada Snapdragon 800 juga masih kamu dapati di sini, seperti musik dengan kualitas Hi-Fi 24 bit/192kHz. Interface UX yang juga kamu dapati dalam LG G2, Optimus G Pro atau G Pro Lite Dual seperti KnockON, Guest Mode dan Plug & Pop juga masih diterapkan LG di sini.

Dengan layarnya yang melengkung, LG mengatakan G Flex memberi bentuk yang lebih ergonomis ketika digunakan selama berkomunikasi telepon. Penulis sendiri menilainya jadi seperti layarnya IMAX yang melengkung secara horizontal. Pasti akan berbeda ketika menggunakannya selama bermain game atau menonton video dengan tampilan landscape. Selain itu, juga karena layarnya yang melengkung, di sini ada mekanisme membuka kunci layar khusus, disebut Swing Lockscreen, yang akan menggerakkan wallpaper sebagai respon bagaimana kita menggenggam G Flex. Sehingga didapatkan efek membuka layar yang berbeda-beda ketika kita menyentuh setiap bagian yang berbeda pada layar lock screen tersebut.

Fitur lainnya disebut QTheater, dimana kamu bisa mencubit bagian layar tertentu pada lock screen-nya untuk membuka langsung aplikasi — foto, video dan YouTube. Menariknya, aplikasi yang kamu jalankan tersebut akan diperlihatkan dengan efek seperti tirai yang dibuka. Kemudian fitur lain yang berhubungan dengan interface UX seperti Dual Window, yang membagi layar 6-inchi tersebut menjadi dua jendela berbeda untuk multitasking yang lebih efektif. Juga ada Face Detection Indicator yang akan menyalakan LED pada Rear Key (tombol di punggung seperti pada LG G2 berwarna hijau), sebagai tanda konfirmasi bahwa kamera berhasil mendeteksi atau terfokus pada wajah. Masih berhubungan dengan Rear Key, LG pun menghubungkan hitungan mundur Camera Timer sejalan dengan menyalanya LED Rear Key, jadi kamu yang ingin melakukan foto diri menggunakan kamera utamanya bisa segera bersiap-siap. LED pada Rear Key juga berfungsi mendukung fitur Urgent Call Alert, yang akan menyalakan LED pada Rear Key berwarna merah, ketika beberapa panggilan berturut-turut dari orang yang sama belum sempat dijawab.

Melalui judul artikel di atas kami sebutkan jika G Flex bisa memulihkan diri, dan itu memang benar. LG mengklaim jika casing G Flex menerapkan teknologi “self-healing,” dan membandingkannya dengan kekuatan Wolverine dari X-Men. LG melapisi bagian casing belakangnya dengan semacam film yang mampu menghilangkan goresan ringan hanya dalam hitungan menit. Memang LG belum mendemokan fitur unik ini, dan kami yakin siapa pun pasti juga tidak akan percaya jika belum melihatnya langsung.

Lebih lanjut LG mengatakan jika G Flex akan dijual untuk ketiga operator utama Korea mulai bulan depan, tepatnya pada 12 November nanti. Sedangkan untuk versi internsionalnya sejauh ini masih belum diungkapkan. UPDATE: LG mengatakan jika mereka berniat akan menjualnya di Eropa, USA dan China secepatnya.

Sumber: LG


SHARE
Previous articlePenjualan Pokemon X & Y Turun Lebih Cepat Dibanding Black / White
Next articleNamco Bandai Merilis Debut Trailer Madoka Magica: The Battle Pentagram
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.