Mengenal Beragam Kelas Kapal dalam AC IV: Black Flag!

Layaknya karakter makhluk hidup, kapal dalam Assassin’s Creed (AC) IV: Black Flag juga terbagi menjadi berbagai macam kelas. Masing-masing kelas merepresentasikan kemampuan dan juga kekuatan mereka saat bertempur di lautan. Selain itu, kelas juga menggambarkan seberapa besar kapal tersebut, plus persenjataan apa saja yang maksimal bisa dibawa oleh kapal tersebut. Berikut ini adalah penjelasan beberapa kelas kapal dalam AC IV: Black Flag.

Kelas Kapal dalam AC IV: Black Flag - Man of War

Man of War

Bisa dibilang, ini adalah kelas kapal tertinggi dalam AC IV: Black Flag. Kapal dengan kategori Man of War tentu adalah kapal yang paling ditakuti oleh bajak laut di seluruh samudera. Sebaliknya, dengan mendapatkan kapal Man of War, seorang bajak laut pun menjadi bajak laut yang paling tangguh dan ditakuti di samudera. Kapal ini ditengarai bisa menghancurkan satu kapal kelas-kelas di bawahnya dengan satu kali tembakan saja, dengan dipersenjatai 16-50 cannon, Rammer, Fire Barrel, Naval Mortar, Chain Shot dan Heavy Shot.

Kelas Kapal dalam AC IV: Black Flag - Frigate

Frigate

Frigate adalah kapal kelas menengah serba bisa, yang mengkombinasikan kecepatan dan kelincahan dengan sama baiknya. Selain itu, kapal ini juga memiliki serangan dan pertahanan yang seimbang dengan bersenjatakan 24 hingga 46 cannon serta Heavy Shot.

Kelas Kapal dalam AC IV: Black Flag - Brig

Brig

Brig adalah kapal penyerang cepat, yang biasanya menggunakan Rammer untuk menenggelamkan kapal musuh. Dalam sebuah serangan armada, Brig seringkali digunakan untuk menyerang dengan strategi serangan dari samping. Selain Rammer, Brig juga bersenjatakan 24 cannon.

Kelas Kapal dalam AC IV: Black Flag - Schooner

Schooner

Jika satu armada kapal dianggap sebagai party, maka bisa dibilang Schooner adalah kelas “support”-nya. Kapal ini tidak memiliki pertahanan dan serangan yang baik, namun bisa digunakan untuk mendukung serangan kapal lainnya. Bisa digunakan untuk mengintai musuh, plus menjebak kapal musuh dengan Fire Barrel sebelum dihabisi oleh kapal lainnya. Dipersenjatai dengan 6-8 cannon plus puluhan (atau bahkan ratusan) Fire Barrel.

Kelas Kapal dalam AC IV: Black Flag - Gunboat

Gunboat

Sama seperti Schooner, Gunboat yang berukuran kecil hanya bertindak sebagai support armada perang yang tengah bertempur. Biasanya digunakan untuk mereduksi kekuatan kapal musuh sebelum akhirnya dihabisi oleh kapal yang lebih besar dan kuat. Hanya dipersenjatai dengan dua cannon.

AC IV: Black Flag sendiri menurut rencana akan dirilis dalam beberapa gelombang. Gelombang pertama untuk PS3, Xbox 360 dan Wii U yang akan dirilis secara serentak di seluruh dunia pada 29 Oktober 2013 besok. Dilanjutkan dengan versi PS4 yang dirilis bersamaan dengan perilisan konsolnya pada 15 November 2013, versi PC pada 19 November 2013, serta terakhir untuk Xbox One yang juga dirilis bersamaan dengan perilisan konsolnya pada 22 November 2013.


SHARE
Previous articleMicrosoft Perkenalkan Naga Bloodskin di Crimson Dragon
Next articleSega Konfirmasikan Tanggal Rilis Puyo Puyo Tetris
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.