Penjualan Pokemon X & Y Turun Lebih Cepat Dibanding Black / White

Penjualan Pokemon X & Y turun lebih cepat

Dalam pekan kedua penjualannya di Jepang, ternyata penjualan Pokemon X & Y turun lebih cepat dibanding Pokemon Black / White.

Pekan kedua ini Pokemon X & Y berhasil terjual sebanyak 473,000 copy di Jepang, dengan total penjualannya mencapai 2.34 juta copy. Dan penjualan tersebut turun hingga 75% jika dibandingkan dengan pekan pertamanya. Penurunan ini sedikit lebih cepat jika dibandingkan dengan Pokemon Black / White yang dulu dirilis di DS tahun 2010. Penjualan Pokemon Black / White di pekan keduanya mengalami penurunan ”hanya” sekitar 70% jika dibandingkan pekan pertamanya.

Hal ini bisa terjadi karena ada banyak faktor sehingga membuat penjualan Pokemon X & Y turun lebih cepat. Pertama adalah penjualan unit 3DS dibandingkan penjualan DS di tahun 2010. Saat itu DS telah terjual sebanyak 30 juta unit di akhir tahun 2010, di mana 3DS ”hanya” terjual sebanyak 13 juta unit. Dengan demikian, tidak salah jika saat itu Pokemon Black / White mampu terjual lebih banyak selama dua pekan pertamanya.

Penjualan Pokemon X & Y turun lebih cepat

Dan alasan kedua adalah adanya kompetitor lain di saat perilisan Pokemon X & Y. Ya, apalagi kalau bukan karena perilisan Pokemon X & Y beberapa saat setelah perilisan Monster Hunter 4, salah satu judul mainstream yang juga mendapat perhatian sangat besar di Jepang. Bahkan kabarnya, Monster Hunter 4 pun disinyalir mampu merengkuh pangsa pasar baru yakni anak-anak, yang juga menjadi pangsa pasar utama Pokemon X & Y. Persaingan ketat di antara keduanya juga ikut mempengaruhi angka penjualan tersebut.

Tapi dari angka-angka ini saja kita tidak bisa menyimpulkan apakah ke depannya Pokemon X & Y tetap bertahan. Sebenarnya tidak adil untuk membandingkan langsung Pokemon X & Y dengan Pokemon Black / White yang notabene telah memegang rekor angka penjualan tertinggi di pekan pertamanya dalam sejarah industri game Jepang. Penjualan Pokemon X & Y yang belum mampu menandingi Pokemon Black / White bukan berarti kedua game tersebut tidak sukses, karena saat ini sudah banyak sekali pemain yang memainkannya di seluruh belahan dunia bahkan sampai menghebohkan semuanya saat kedua game tersebut dirilis pada tanggal 12 Oktober 2013 lalu.

[ Sumber : Siliconera ]