Developer Game Muda Indonesia: Eldwin Viriya

Eldwin Viriya
Eldwin Viriya saat Own Games Menjuarai INAICTA 2013 Kategori Games dengan Own Pet Dragon

Tidak bisa dipungkiri, memang perkembangan game Indonesia dalam beberapa tahun terakhir cukup pesat. Di balik perkembangan industri game tersebut, sosok developer game memang menjadi salah satu tulang punggungnya. Nah, memeriahkan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2013, Duniaku menampilkan beberapa artikel spesial yang mengangkat sosok beberapa developer game muda di Indonesia.

Setelah kemarin kita menengok sosok Mahdi Bashroni Rizal yang saat ini menjadi Game Producer dari Square Enix Smileworks, kali ini kami menampilkan sosok Eldwin Viriya, CEO dari Own Games. Kepada Duniaku, Eldwin bercerita mengenai apa suka dukanya membangun sebuah studio game mulai dari nol, apa arti Sumpah Pemuda bagi dirinya dan juga impian terbesarnya dengan menggeluti bidang pengembangan game. Simak wawancaranya berikut ini.

Duniaku (D): Menurut Eldwin, arti Sumpah Pemuda di zaman modern sekarang ini seperti apa sih?

Eldwin (E): Waduh, pertanyaan nomor 1 langsung berat gini. Haha… Saya coba jawab ya…
Dari sudut pandang saya, sumpah pemuda untuk masa kini masih sama saja artinya sama ketika dulu diucapkan. Soalnya konsepnya dari jaman dulu sudah jelas dan masih sesuai sama jaman sekarang. Tetap harus merasa satu, sebagai satu bangsa. :)

D: Sebagai seorang game developer, apa wujud semangat sumpah pemuda yang sudah pernah diwujudkan?

E: Terkait “mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia” dan “mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia” sudah beberapa kali kita lakukan, misalnya, waktu tujuh belasan kemarin, dengan bangga kami ucapkan selamat hari merdeka dengan menggunakan maskot studio kami yang mengibarkan Bendera Indonesia.

Maskot Own Games

Terkait “menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia”, masih dalam progress. Rencananya beberapa game yang akan terbit akan memiliki versi Bahasa Indonesia-nya juga. :)

D: Mendirikan sebuah studio game dari 0 seperti Own Games membutuhkan usaha yang tidak mudah. Apa sih suka dan dukanya mengembangkan sebuah studio game dari 0 hingga seperti sekarang?

E: Perjalanan Own Games mungkin memang tidak begitu mudah. Banyak hal yang ingin kita raih, tapi sering kali tidak tercapai karena tenaga kita terbatas. Tapi bukan artinya perjalanan kita tidak menyenangkan. Saat ini Own Games semakin bertumbuh baik dari segi kualitas maupun kekompakan anggotanya. Jadi kita semakin yakin perjalanan kita ke depannya akan semakin menyenangkan. :)

D: Apa sih pencapaian dan hal yang paling membanggakan bagi Eldwin dan Own Games?

E: Yang paling saya banggakan dari Own Games adalah kebersamaan anggotanya sekarang. Dimana semua anggota Own Games bisa sama-sama berdiskusi dan melakukan hal terbaik yang bisa kita capai bersama-sama. Ketika diskusinya selalu disertai tawa, dan menghasilkan rasa bangga & memiliki pada setiap anggota akan produk yang kami buat. Saya rasa itu yang paling membanggakan, namun bukan artinya saya mengecilkan pencapaian-pencapaian yang lainnya yah. :)

D: Apa saran bagi para generasi muda Indonesia yang memilih jalan di dunia game untuk memajukan Indonesia?

E: Wah, rasanya belum waktunya saya ngasih saran. hahaha.. Masih belajar juga.. Mungkin saya mengajak teman-teman sesama pejuang di dunia game indonesia, untuk sama-sama berusaha sekeras mungkin untuk menghasilkan produk-produk yang bisa dibanggakan oleh khalayak ramai. Mari kita berjuang bersama! ^_^9

D: Tentu seseorang punya impian yang ingin diwujudkan di masa yang akan datang. Apa impian terbesarnya sebagai seorang game developer?

E: Impian terbesar kami adalah ketika produk yang kami buat, bisa digemari oleh banyak orang. :)

D: Terima kasih buat waktunya, sukses terus buat Eldwin dan Own Games!


SHARE
Previous articleFight Fest Dari Advance Guard Akan Kembali Hadir Di JGS 2013!
Next articleMelihat Lebih Dekat Fang di Lightning Returns: Final Fantasy XIII
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.