Shinji Mikami: Hardware PS4 dan Xbox One Hampir Identik

Shinji Mikami

Perang konsol next gen yang melibatkan PS4 dan Xbox One banyak menyita perhatian publik seiring dengan semakin dekatnya perilisannya bulan November mendatang. Tak terkecuali dengan Shinji Mikami, kreator dari Resident Evil yang saat ini tengah disibukkan dengan proyek barunya bersama Tango Gameworks, The Evil Within. The Evil Within seperti yang kita tahu juga dikembangkan di dua konsol next gen tersebut, selain untuk PS3, Xbox 360 dan PC.

Shinji Mikami - The Evil Within

Mikami mengungkapkan, bahwa mengembangkan game untuk PS4 dan Xbox One lebih bersahabat bagi developer, karena keduanya memiliki hardware yang hampir identik. “Kita hanya membutuhkan satu konsol. Mengapa harus membuat dua versi dari sebuah game? Ketika Xbox One pertama kali diumumkan, konsol ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan PS4. Tetapi saat ini, saya rasa keduanya hampir identik,” ungkap Mikami seperti dikutip dari wawancaranya dengan Edge. Identik yang dimaksud Mikami bukan dari sisi hardware, melainkan dari sisi development game untuk dua konsol tersebut. Dan karena kedua konsol tersebut memiliki arsitektur berbasis PC, Mikami juga mengungkapkan bahwa hal tersebut akan memudahkan developer untuk melakukan porting antar platform.

Shinji Mikami - The Evil Within

Hardware dan proses pengembangan yang identik ini tentunya akan meminimalkan perbedaan performa game di tiap konsol. Seperti yang kita tahu, untuk PS3 dan Xbox 360, terdapat banyak perbedaan performa yang ditimbulkan perbedaan arsitektur hardware kedua konsol tersebut. Salah satu contohnya adalah Skyrim, yang memiliki sedikit masalah di PS3 sehingga DLC-nya pun keluar lebih lama dibandingkan versi lainnya. Masalah-masalah ini diharapkan bisa hilang saat developer mengembangkan game untuk next gen nanti.

Saat ini, Mikami memang tengah sibuk menyiapkan The Evil Within, yang digadang-gadang akan membawa kembali genre survival horror ke jalur sebenarnya. Game ini mengisahkan seorang detektif bernama Sebastian yang tengah menyelidiki kasus pembunuhan masal bersama rekan-rekannya. Ketika proses tersebut dilakukan, sebuah kekuatan yang misterius sekaligus sangat kuat rupanya tengah mengancam mereka. Satu persatu opsir polisi sekaligus rekan Sebastian pun tewas satu persatu di hadapannya, dan akhirnya Sebastian pun ikut diserang dan kehilangan kesadarannya. Saat terbangun, dia sudah berada di sebuah pulau dimana banyak monster yang berkeliaran di sana. Sebastian pun harus berjuang untuk melepaskan diri dari pulau tersebut, monster yang ada dan melawan teman-teman dekatnya yang sudah terinfeksi kekuatan tersebut. Di tengah ketakutan dan perjuangan untuk bertahan hidup tersebut, Sebastian pun juga memiliki misi yang tidak kalah penting, yaitu untuk menemukan apa yang sebenarnya ada di balik kekuatan misterius tersebut.

Menurut rencana, The Evil Within siap dirilis pada tahun 2014 yang akan datang untuk PS3, Xbox 360, PC, Xbox One dan PS4.

[Sumber: TheSixthAxis/GamerSkinny]


SHARE
Previous articleAksi Dark Elves Invasi Asgard dalam Klip Terbaru Thor: The Dark World
Next articleKenapa Harus Yakin Dengan Produk Online ?
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.