Seperti Apa Lansekap E-Commerce di Indonesia

traveloka

Perkembangan e-commerce di Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini memang sangat menggembirakan. Salah satu pendukung perkembangan tersebut adalah dengan semakin banyaknya digital native di Indonesia. Pada pertengahan tahun 2014, berdasarkan data dari APJII, tidak kurang dari 70 juta penduduk di Indonesia bisa mengakses internet minimal 1 kali per bulan.

Selain banyaknya penduduk yang bisa mengakses, lama waktu yang dihabiskan saat mengakses internet juga naik secara signifikan, dari hanya 10 jam per minggu pada tahun 2005, menjadi 42  jam per minggu pada tahun 2013 ini. Kabar menggembirakan lainnya juga muncul dari riset nielsen yang menunjukkan bahwa 70% dari pengguna online di Indonesia berminat untuk melakukan pembelian secara online

Perkembangan media sosial juga sangat pesat, di negara yang budget marketingnya bisa jadi sama sekali tidak ada, Indonesia menempati posisi ke 4 di dunia sebagai pengguna facebook. Selain itu Jakarta sebagai ibukota negara memiliki jumlah netizen yang paling besar di dunia dengan lebih dari 14 juta pengguna facebook.

Dengan potensi sebesar itu, tidak salah-lah kalau muncul banyak layanan e-commerce yang sangat variatif. Beberapa layanan yang paling sering muncul adalah untuk kebutuhan perjalanan dan akomodasi seperti Tiket.com, traveloka dan beberapa website lainnya. Selain untuk perjalanan biasa, perjalanan spiritual islam seperti umroh juga mulai muncul seperti ikhram.com.

Dengan adanya beberapa opsi tersebut, diharapkan konsumen mendapatkan opsi yang mengurangi biaya secara cukup signifikan karena banyak opsi yang diberikan kepada konsumen yang menagakses layanan tersebut.

Beberapa produk lainnya seperti produk fashion dan marketplace juga mulai sangat diminati, seperti Bhinneka atau Tokobagus. Bahkan beberapa waktu lalu, ada kabar bahwa salah satu markeplace besar di Indonesia Tokopedia mendapatkan investasi sebesar 100 Juta dollar dari Sequoia dan SoftBank. Dengan adanya kabar tersebut menimbulkan optimisme besar terhadap perkembangan industri e-commerce di Indonesia


SHARE
Previous articleNatsume Akan Merilis Sayonara Umihara Kawase di Amerika Utara
Next articleSmartwatch Google Gem Dikabarkan Akan Segera Diproduksi