Google Android 4.4 KitKat Dirilis Hari Ini, Juga Untuk Android Dengan RAM 512 MB

Sepertinya prediksi kami sebelumnya yang menyebutkan jika Google akan merilis Android 4.4 KitKat dan juga menyusul kemudian Nexus 5 ternyata meleset. Menjelang Oktober berakhir, masih belum ada tanda-tanda dari Google kapan mereka akan meluncurkan sekuel dari sistem operasi terbuka yang paling banyak digunakan di muka bumi ini. Sebelumnya Google juga memberi petunjuk baru melalui akun “A Morning with Google+” menyebutkan jika Google akan menggelar event Selasa kemarin. Namun pernyataan itu pun juga berlalu begitu saja tanpa kemunculan Android 4.4 atau Nexus 5.

Android KITKAT 4.4 – Android Animation – Magic!

Berlanjut pada media sosialnya Nestlé, yang muncul dengan teaser video baru berjudul #magicbreak, yang jelas menyebutkan kalimat “Android KitKat 4.4 – one to enjoy whilst you’re waiting.” Memang video baru yang bisa kamu lihat di atas itu sama sekali tidak menunjukkan detail tanggal kapan Android 4.4 bakal muncul. Namun dari kalimat , “one to enjoy whilst you’re waiting” sebenarnya kembali menegaskan salah satu peran Android 4.4 KitKat, yang memang juga dikembangkan untuk perangkat wearable atau companion bagi smartphone dan tablet seperti smartwatch, Google Glass, atau gadget mungil lain yang bisa masuk kategori aksesoris kita. Selain itu, bocoran dokumen dari Google ke produsen perangkat elektronik yang akan menggunakan Android 4.4 juga menyebutkan bagaimana Google akan mengarahkan versi OS terbaru mereka itu.

Menurut bocoran dokumen mengenai Android 4.4 KitKat, seperti dituliskan oleh Amir Efrati, versi baru Android Google tersebut akan membantu mereka dalam mengatasi masalah fragmentasi, baik dari segi hardware dan software, yang sampai saat ini dianggap masih menjadi masalah bagi Android di masa lalu, dan bisa juga membatasi langkahnya untuk berkembang. Fragmentasi? Paling mudahnya, yang lagi heboh beberama minggu belakangan, banyak yang kebingungan meng-upgrade versi Android mereka dari Gingerbread ke Ice Cream Sandwich hanya karena kepingin menikmati BBM di Android. Namun seperti kita ketahui, karena keterbatasan hardware (atau juga karena malasnya produsen smartphone / tablet memberikan update), update software semacam itu tidak mereka tawarkan, kecuali mengganti gadget ke tipe yang terbaru. Menurut dokumen mengenai Android 4.4, OS tersebut akan dioptimalkan dan berjalan dengan baik, bahkan melalui gadget Android kelas low-end sekalipun.

Dari bocoran dokumen yang didapatkan Amir, KitKat akan mengoptimalkan penggunaan memory dalam setiap komponen utamanya, serta memberikan sarana yang akan membantu developer membangun aplikasi yang efisien dalam menggunakan memory, khususnya untuk gadget entry-level yang hanya memiliki RAM 512MB.

Selain itu, KitKat nantinya akan memberikan dukungan tiga sensor baru bagi OS Android, yaitu geomagnetic rotation vector, step detector dan step counter. Dari namanya kita sudah bisa menebak sensor apa saja itu. Geomagnetic sepertinya berhubungan dengan magnetometer yang biasa dimanfaatkan kompas. Kemudian Step detector dan counter jelas mampu menghitung dan mengetahui setiap langkah pengguna yang saat itu membawa perangkat Android dengan sensor tersebut menyala. Selain itu jelas, sensor tersebut akan berperan maksimal ketika digunakan ke dalam wearable device seperi kacamata cerdas (Google Glass) dan jajaran smartwatch. Ya, kita juga tahu Google akan “memberi contoh” pada produsen lain seperti apa smartwatch itu seharusnya dibuat, dengan menyiapkan jam tangan cerdas mereka sendiri. Sensor-sensor tersebut juga jelas akan membantu meningkatkan manfaat dari aplikasi fitness yang saat ini mulai banyak bertebaran di Play Store (buka saja tautan berikut).

Melalui KitKat, Google juga berusaha mencari cara untuk memberi fitur seperti NFC dan Wallet kemudahan pengoperasian. Dengan KitKat, developer bisa mengemulasikan kartu fisik tanpa harus ada elemen keamanan yang saat ini diperlukan untuk membuat Google Wallet bekerja.

Google juga akan memasukkan dukungan IR blaster API sehingga produsen seperti HTC, Samsung dan LG (tiga nama yang memiliki produk Android dengan port infra merah) tidak perlu memikirkan solusi mereka sendiri ketika mau memasukkan fungsi IR blaster. Kemudian Google juga memasukkan dukungan yang lebih baik untuk Bluetooth HID dan MAP, sehingga memungkinkan KitKat kompatibel dengan lebih banyak perangkat Bluetooth lainnya, seperti keyboard bluetooth atau kontroler game.

Semua itu jika dihubungkan dengan tagline Google untuk KitKat yang berbunyi “make an amazing Android experience available to everybody,” sepertinya apa yang direncanakan akan terwujud melalui KitKat untuk banyak perangkat Android, yang bukan sekadar smartphone dan tablet saja. Melainkan Android akan bisa ditemui melalui lebih banyak perangkat elektronik.

Kembali pada kalimat di bagian awal artikel ini, jadi kapan Google akan mengumumkan KitKat? Banyak sumber menyebutkan hari ini, atau besok pagi. Selain Android 4.4 KitKat, Google diduga juga akan meluncurkan smartphone Nexus 5 terbaru yang diproduksi oleh LG. Tidak ada event khusus, kemungkinan besar sekadar press release saja. Jadi kita tunggu saja perkembangannya, hari ini juga akan segera berakhir, dan penulis juga akan memberikan update-nya besok pagi


SHARE
Previous articleKamu Bisa Melakukan Teleport di Lightning Returns: Final Fantasy XIII
Next articleOculus Rift Juga Dikembangkan di Platform Mobile, Eksklusif Untuk Android
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.