Sony Berikan Update Android 4.2.2 Untuk Xperia L, Ubah Tampilan Seperti Xperia Z1

Sony pertama kali menjual salah satu Android mid-range mereka, Xperia L pada pertengahan Juni lalu di Indonesia. Banyak yang menunggu Xperia L tersebut karena memang desainnya mengingatkan pada salah satu Xperia legendaris, yaitu Xperia Arc, melalui bentuk casing belakangnya yang melengkung. Sony langsung membekali Xperia L dengan Android 4.1.2 Jelly Bean ketika dirilis. Dan kabar terakhir, Xperia dengan julukan Sony TaoShan tersebut sudah mendapatkan update ke Android 4.2.2.

Update dengan kode firmware 15.3.A.0.26 tersebut seharusnya sudah muncul melalui notifikasi PC Companion (atau melalui Sony Update Service yang bisa diunduh dari tautan ini, jika dari PC Companion tidak ada notifnya) ketika kamu menghubungkan Xperia L ke PC. Beberapa negara yang usernya sudah mengabarkan mendapatkan notifikasi ini seperti Indonesia, India, Filipina, dan Eropa. File update-nya sendiri berikuran sekitar 700MB, dan selain meng-upgrade versi Android ke 4.2.2, Sony juga menambahkan beberapa tweak ke launcher bawaannya sehingga mirip Sony Honami alias Xperia Z1, seperti homescreen baru, fungsi search dan menyortir aplikasi yang lebih baik, aplikasi media yang baru (Walkman, Album dan Movies), mempermudah kita menggunakan Small Apps dan dua fitur kamera, Burst mode dan Auto Scene Recognition.  Baru-baru ini Sony juga mengupdate Xperia Z1 serta Xperia Z Ultra ke ANdroid 4.2.2 dengan klaim perbaikan daya tahan baterai. Semoga saja untuk Xperia L ini ketahanan baterainya juga sama. Detail changelog-nya antara lain sebagai berikut:

  • Homescreen UI barunya memungkinkan kita menambahkan hingga 7 window.
  • Lebih banyak widget di homescreen dan lockscreen.
  • Bug fixes dan perbaikan kinerja.
  • Superior auto mode (auto scene recognition) dan Burst Mode dalam antar muka Camera.
  • Kualitas foto meningkat.
  • Aplikasi Sony Media diperbarui.
  • Small apps bisa diakses melalui homescreen.
  • Search dan app sorting yang lebih baik.
  • Keyboard baru.
  • Banner docking transparan di sisi bawah homescreen.
  • Perbaikan di sisi notifikasi memory.
  • Ada fungsi Day Dream bisa diakses melalui setting display.

Namun seandainya kamu masih belum juga mendapatkan notifikasi update ketika menghubungkan Xperia L ke PC yang terkoneksi internet, kamu bisa mengunduh salah satu file firmware 15.3.A.0.26 yang berbentuk ekstensi ftf dari link di bawah dan menginstallnya melalui FlashTool. Pilih saja yang opsi Generic World jika kamu mau menginstallnya secara manual dengan cara flash melalui Flash Tool (yang bisa diunduh dari sini, serta panduan video untuk menggunakannya bisa dilihat dari sini).

Jika Xperia SP mengisi space menengah atas, maka Xperia L ini cocok bertengger di kelas menengah. Berbeda dengan saudaranya yang lebih besar yang mengadopsi penampilan fisik mirip Xperia Z, Xperia L ini lebih dinamis serta menjual sensor Exmor RS yang menjadi salah satu kekuatan utama Xperia Z. Sama seperti Xperia SP, sensor kamera Exmor RS-nya 8-megapixel (didukung penerangan flash LED seperti Xperia SP), yang memiliki fitur seperti opsi HDR yang bisa kamu aktifkan baik ketika mengambil foto atau video. Bidang layar kapasitifnya sendiri lebih kecil, dengan material LCD TFT berukuran 4.3-inchi beresolusi FWVGA alias 854×480-pixel dengan kerapatan 228-ppi. Sony juga melindungi layarnya yang disebut Reality Display tersebut menggunakan perlindungan anti goresan Mineral Glass.


SHARE
Previous articleBerkenalan dengan Batman dalam Klip Terbaru The Lego Movie
Next articlePT Kreon Mobile Resmi Luncurkan GemStore, Platform Baru Bagi Para Mobile Gamers
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.