Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar Android

Bersamaan dengan Nexus 5 Google juga mengumumkan Android 4.4 KitKat. Melalui versi terbarunya ini Google berusaha mengurangi fragmentasi Android sehingga OS tersebut bisa diterapkan untuk lebih banyak smartphone dan tablet.

Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar Android

Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar Android

Bersamaan dengan Nexus 5 Google juga mengumumkan Android 4.4 KitKat. Seperti yang sudah kami tuliskan melalui artikel sebelumnya, melalui versi terbarunya ini Google berusaha mengurangi fragmentasi Android sehingga OS tersebut bisa diterapkan untuk lebih banyak perangkat elektronik, termasuk smartphone dari kelas low-end sekalipun.

Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar Android

Perubahan pertama yang dilakukan Google adalah pada aplikasi Call, yang kini akan memudahkan pengguna Android 4.4 mengakses siapa yang akan dihubungi melalui aplikasi tersebut. Mulai dari contact ke lokasi terdekat, Google menjanjikan jika pengalamanmu dengan aplikasi Call akan meningkat drastis. Pengguna akun Google Apps juga akan dimudahkan, karena bisa melihat direktori perusahaan langsung di dalam aplikasi Call, sehingga bisa lebih mudah melakukan menghubungi mereka yang berada dalam satu perusahaan.

Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar AndroidVersi baru dari aplikasi pengganti Google Talk, Google Hangout juga langsung dipaketkan melalui Android 4.4. Melalui aplikasi versi baru tersebut, kamu akan mendapatkan semua SMS dan MMS dalam satu wadah bersama dengan percakapan lain dan juga video call sehingga kamu bisa langsung memantau semua pesan, baik pesan SMS atau chat melalui Hangouts.

Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar Android

Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar Android

Google pun berhasil "merampingkan" keseluruhan memory Android 4.4, sehingga mereka memperkecil memory footprint yang dibutuhkan sistem dan membuang background service yang kurang perlu. Karena itulah Android 4.4 bisa dijalankan dengan mulus melalui gadget Android dengan RAM 512MB saja, dengan tujuan agar fragmentasi software dan hardware yang cukup besar dan selama ini menjadi batasa pengembangan bisa diminimalkan. Google sendiri berharap langkah mereka tersebut bisa membantu untuk satu tujuan mencapai 1 milyar pengguna Android, melalui Android 4.4 yang bisa dijalankan pada smartphone / tablet kelas low end sekalipun, yang banyak sejauh ini masih menjadi idola di tengah pasar negara berkembang.

Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar Android

Dan sejalan dengan rencana Google melalui smartwatch mereka, aplikasi asistem pribadi Google Now akan menjadi senjata di garis terdepan. Layanan tersebut kini bisa diakses langsung dari lock screen pada Nexus 5, cukup dengan menyapukan jari melalui lock screen untuk mendapatka banyak informasi yang dihadirkan Google Now. Google juga mengatakan jika kartu-kartu baru "Now" juga mereka keluarkan bersama Android 4.4 dengan tipe kartu yang disesuaikan dengan topik kontekstual yang menurutmu menarik, membuat pengalaman akses Google Now tersebut menjadi lebih dalam untuk pengguna Nexus 5.

Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar Android

Layar lock screen-nya kini juga memiliki jalan pintas kamera dan juga opsi untuk mengatur home screen agar cocok dengan kebutuhanmu. Semua perangkat tanpa tombol hardware kini juga mendapat ruang tambahan karena antar muka tiga tombol navigasi di sisi bawah layar (biasanya diterapkan pada smartphone / tablet Nexus) yang dikenalkan melalui Android sebelumnya akan segera tersembunyi segera setelah kamu membuka aplikasi.

Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar Android

Selain Google Now juga dibuat lebih cerdas, Google pun meningkatkan kemampuan platform search mereka. Kini kamu akan mendapatkan hasil search yang bisa diaktifkan melalui keyword atau engine speech recognition dengan hasil 25 persen lebih akurat dibandingkan sebelumnya. Selain itu kamu juga bisa menggunakan perintah kata-kata untuk meluncurkan beberapa fungsi, seperti voice search melalui Google Now, mengirimkan pesan teks, mendapatkan arahan rute, atau memainkan sebuah lagu.

Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar Android

Framework baru Android 4.4 juga memungkinkan kita untuk melakukan AirPrint (sebuah fitur yang mirip dengan wireless printing), yang maka sejauh ini dibatasi untuk printer HP saja. KitKat kini juga mendukung beberapa cloud storage pihak ketiga melalui aplikasi Gallery.

Android 4.4 KitKat, Perkecil Fragmentasi Untuk Mencapai 1 Milyar Android

Android 4.4 KitKat bisa langsung didapatkan oleh para pengguna Google Nexus 5. Sedangkan untuk Nexus lainnya, akan segera mendapatkannya dalam beberapa minggu ke depan melalui update OTA. Necus tersebut antara lain tablet Nexus 7 dan Nexus 10, dan juga Nexus 4. Selain Nexus 4, smartphone lain yang kebagian Android 4.4 resmi dari Google adalah Samsung Galaxy S4 dan HTC One versi Google Play Edition.  Hanya saja sayangnya, Galaxy Nexus, smartphone Nexus generasi ketiga Google yang RAM-nya sudah 1 GB ternyata dipastikan tidak akan mendapatkan Android 4.4 resmi.

Kemudian beberapa fitur lain yang juga sudah kami tuliskan melalui artikel sebelumnya, bisa kamu lihat daftarnya berikut:

Bluetooth MAP support

Android now supports the Message Access Profile (MAP) so Bluetooth-enabled cars can exchange messages with your devices.

Chromecast support

With your Android device and a Chromecast, you can enjoy your favorite online entertainment, from Netflix, YouTube, Hulu Plus, and Google Play on your HDTV.

Chrome web view

Applications that embed web content now use Chrome to render web components accurately and quickly.

Closed captioning

Android now supports closed captioning and subtitles. To turn on closed captioning, go to Settings > Accessibility and turn on Captions.

Device management built-in

If you ever lose your device, you can find or wipe it with the Android Device Manager

Downloads app redesign

The Downloads app has been redesigned, giving you new sorting options and list and grid views for all the files you’ve downloaded.

Easy home screen switching

If you love to customize your device and have installed one or more home screen replacements, you can switch between them easily in Settings > Home.

Email app refresh

The redesigned Email app has a fresh new look with nested folders, contact photos and better navigation.

Full-screen wallpapers with preview

Your wallpaper now extends through the notification tray and system buttons. And when you change your wallpaper, you can preview just how it will look before you set it.*

HDR+ photography

HDR+ mode on Nexus 5 automatically snaps a rapid burst of photos and combines them to give you the best possible single shot. Daytime pictures are vivid with clean shadows, and nighttime photos are sharp with less noise.*

Infrared blasting

On devices with an infrared (IR) blaster, Android now supports applications for remote control of TVs and other nearby devices.

Location in Quick Settings

Access your location settings from anywhere with a new tile in Quick Settings.

Location modes and monitoring

If you want to conserve battery, go to Settings > Location to switch between high accuracy and battery-saving location modes. There’s no need to toggle GPS, Wi-Fi, and mobile network settings. And to see which apps have recently requested your location, go to Settings > Location.

Low-power audio playback

Android 4.4 on Nexus 5 lets you listen to music for longer - up to 60 hours of audio playback.*

Music and movie-seeking from lock screen

Jump to a specific part of a song or video from your lock screen. Just long press on the play or pause button and then select the point you want.

Secure app sandboxes

Application sandboxes have been hardened with Security-Enhanced Linux.

Step counting built-in

When you use fitness apps like Moves on Nexus 5, the phone acts as a pedometer to count steps. Android 4.4 and updated hardware make this a more battery-friendly way to measure your activity.

Tap to pay, built a new way

Android 4.4 introduces a new, open architecture for NFC payments that works with any mobile carrier, and lets apps manage your payment information in the cloud or on your device. Now you can tap to pay with Google Wallet or other apps at more than a million stores.

Touchscreen improvements

Improved software and Nexus 5’s new hardware mean Android responds to your touch faster and more accurately than ever before.*

DevBytes: Android 4.4 Immersive Mode

DevBytes: Android 4.4 Transitions

DevBytes: Android 4.4 SMS APIs

DevBytes: Android 4.4 Storage Access Framework: Client

DevBytes: Android 4.4 Closed Captioning

Android Design in Action: New in Android 4.4

DevBytes: What's New in Android 4.4

DevBytes: Android 4.4 Printing API

DevBytes: Android 4.4 Storage Access Framework: Provider

[cb type="company"]Google[/cb]

Sumber: Google

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU