Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Untuk meramaikan Halloween Day tanggal 31 Oktober kemarin, kali ini artikel Ultralist akan menampilkan sepuluh game seram untuk menemani Halloween Day 2013.

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Untuk meramaikan Halloween Day tanggal 31 Oktober kemarin, kali ini artikel Ultralist akan menampilkan sepuluh game seram untuk menemani Halloween Day 2013.

Kebanyakan game horor tidak benar-benar seram, hanya mengandalkan efek kejutan-kejutan yang memang pada awalnya menakutkan tapi lama-lama membosankan. Seolah game tersebut membawamu dalam suasana yang tenang, aman, dan sangat sepi lalu kemudian muncullah seekor monster besar yang berteriak dan memecahkan gendang telingamu. Beberapa gamer mungkin akan benci dengan momen-momen seperti ini, atau menganggapnya sebuah momen yang membuat stres, bahkan ada juga yang menertawakannya.

Tapi tidak sedikit game-game yang mampu membawa nuansa horor dan sanggup membuat pemainnya benar-benar merasa ketakutan karena seram dan hal-hal lain, bukan sekedar kejutan yang menakutkan dan sesaat. Ada game dengan plot cerita yang benar-benar mengganggu pikiran dan membuatmu ketakutan. Ada juga yang menakutkan dari sisi lain. Berikut adalah sepuluh game seram untuk menemani Halloween Day 2013 yang jatuh pada hari Kamis, 31 Oktober 2013 kemarin. Berani untuk mencoba memainkannya?

10. Yume Nikki

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Menakutkan dalam hal: Membuat pikiran pusing dan merasa tidak nyaman karena settingnya.

Ada beberapa game horor yang dibuat berbasis RPG Maker seperti Ib, Ao Oni, The Witch’s House, dan Mad Father. Tapi Yume Nikki ini benar-benar memiliki atmosfer yang aneh dan gameplay yang abstrak. Abstrak, karena kamu hanya menjelajahi dunianya dan mengambil barang-barang penting selama permainan berlangsung. Kamu di sini menjelajahi dunia mimpi Madotsuki, dengan beragam labirin yang sanggup membuatmu pusing. Settingnya yang tidak nyaman itu rasanya akan membuatmu ketakutan sekaligus penasaran untuk menyelesaikannya. Kamu bisa melihatnya di sini.

9. Gretel and Hansel

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Menakutkan dalam hal: Menghibur tapi juga terasa menjijikkan dalam waktu bersamaan.

Kamu pasti kenal dengan dongeng Hansel dan Gretel, kakak beradik yatim piatu yang menjelajah hutan dan menemukan sebuah rumah permen di hutan, lantas hampir menjadi makan malam sang penyihir yang memiliki rumah permen tersebut. Tapi kamu tak pernah tahu persis detail ceritanya, dan hal itulah yang disampaikan dalam game Gretel and Hansel ini. Grafisnya terkesan imut tapi juga menjijikkan dalam waktu bersamaan. Kamu di sini bermain sebegai Gretel, yang paling pintar di antara kedua bersaudara tersebut, dan berusaha kabur dari takdir akan menjadi makan malam sang penyihir. Tampilan visual cat airnya pertama memang imut, tapi lama-lama terasa menjijikkan dan rasanya itu menyeramkan. Kamu bisa melihatnya di sini.

8. Deep Sleep

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Menakutkan dalam hal: Membuat paranoid.

"Wake UP. You have to WAKE UP." Itulah pesan pertama yang kamu terima dalam game puzzle point-and-click dengan sudut pandang orang pertama ini. Deep Sleep memberikan pengalaman bermain melalui pikiran, di mana kamu terbangun dalam sebuah dunia lain tanpa petunjuk apapun mengenai yang sedang terjadi di sana. Latar belakang berupa pixel-pixel membuat atmosfer yang sangat mencekam dan menakutkan. Memang ada beberapa kejutan yang menakutkan di sini, tapi tidak terlalu sering. Dan tampilan visual yang simpel membuatmu merasa nyaman untuk menikmati ketakutan yang ditawarkan. Kamu bisa melihatnya di sini.

7. Space Funeral

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Menakutkan dalam hal: Mampu membuat suasana menjadi menegangkan dan menyedihkan.

Space Funeral mungkin adalah salah satu game teraneh yang pernah dibuat. Intinya adalah sebuah RPG, tapi itu hanyalah tampilan luarnya untuk menjelajahi dunianya yang aneh, dengan pertarungan melawan makhluk-makhluk yang juga aneh seperti anak laki-laki dengan piyama dan selalu menangis bernama Philip. Tampilan visualnya yang aneh dan tak realistis mungkin akan membuatmu bingung. Tapi setelah mencapai Blood Caverns, kamu akan merasakan sesuatu yang berbeda. Kamu bisa melihatnya di sini.

6. Call of Cthulhu: Dark Corners of the Earth

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Menakutkan dalam hal: Rasa penasaran dan ketakutan terhadap mutan-mutan yang tak diketahui.

Game third-person shooter ini sanggup membawa mitologi Cthulhu dengan baik. Dipadu dengan atmosfer seram sepanjang permainan, di mana bahkan penduduk kota pun seolah terlihat aneh. Di dalamnya kamu akan menemui kasus-kasus pembunuhan misterius yang berujung pada makhluk supernatural berupa makhluk-makhluk manusia ikan, dan juga berukuran raksasa. Penasaran dan ketakutan bergabung menjadi satu, tapi di lain sisi kamu menembaki makhluk raksasa juga terasa menyenangkan. Kamu bisa melihatnya di sini.

5. Silent Hill 2

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Menakutkan dalam hal: Konten-konten yang sangat amat mengganggu dan intens, bukan dalam hal makhluk-makhluknya saja.

Salah satu game horor terbaik yang pernah ada. Seri Silent Hill sendiri sukses membawamu dengan ide-ide seperti apa rasa takut yang sesungguhnya. Dan judul kedua dalam seri tersebut adalah yang paling menawan dalam membawa rasa ketakutan tersebut. Makhluk-makhluk yang dihadapi James Sunderlan dalam mimpi buruknya di jalanan berkabut Silent Hill benar-benar menakutkan. Masih ingat dengan Pyramid Head? Ya, sebaiknya kamu coba untuk memainkan lagi game ini dan rasakan kembali sensasi menakutkan saat menghadapinya.

4. Pathologic

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Menakutkan dalam hal: Infeksi wabah penyakit yang menyeramkan.

Grafis “kuno” bukan halangan bagi Pathologic untuk menawarkan suasana seram dan menakutkan. Horor dalam sudut pandang orang pertama, elemen RPG untuk mengembangkan karakter, dan fitur mengatur kota semuanya tergabung dalam satu. Dan game ini terasa susah, memaksamu untuk bertahan hidup dalam wabah penyakit yang mematikan, dan kamu harus memilih untuk berbagi obat-obatan dengan penduduk sekitar atau menyimpannya untuk dirimu sendiri. Semua penduduk jelas masing-masing memiliki watak sendiri, dan kamu bisa mengalami beragam dialog dengan mereka. Hadir dengan beberapa protagonis dan ending untuk ditemukan, kamu tidak akan pernah tahu apakah aksimu akan menyelamatkan kota atau malah membuat semuanya terkena wabah tersebut. Kamu bisa melihatnya di sini.

3. Amnesia: The Dark Descent

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Menakutkan dalam hal: Rasa butuh bantuan tapi takkan ada yang membantu, dan beberapa elemen mengejutkan.

Berupa game horor dengan sudut pandang orang pertama, Amnesia: The Dark Descent mampu membawa suasana horor dan mencekam bagi pemainnya. Tingkat kesadaranmu lama-lama akan menghilang, terutama ketika dikejar makhluk-makhluk aneh dan mengerikan dalam kastil yang besar. Suasana kastilnya terkadang terasa megah dan nyaman, tapi di lain sisi juga akan terasa mencekam apalagi di sudut-sudutnya yang gelap. Kamu bisa melihatnya di sini.

2. Theresia

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Menakutkan dalam hal: Pengertian terhadap dunia dan semua kekejaman yang ada di dalamnya.

Game thriller dengan sudut pandang orang pertama untuk DS ini sebenarnya adalah versi impor dari game mobile Korea. Kisahnya terfokus pada dua kisah wanita dan pria, yang terpisah karena perang. Dengan elemen horor, keadaan murung dan sedih tanpa alasan yang jelas, serta ketakutan akan ruang sempit, membuat emosi akan bercampur aduk saat memainkannya. Mungkin hal tersebut tidak banyak ditawarkan oleh game-game horor lainnya. Dan juga persiapkan mental (serta tisu jika memang kamu akan menangis tersedu-sedu) ketika memainkan game ini.

1. Lone Survivor

Ultralist: Sepuluh Game Seram untuk Menemani Halloween Day 2013

Menakutkan dalam hal: Pikun dan membuat emosi tidak stabil.

Anggap saja film I Am Legend, hilangkan anjingnya, dan buat sang protagonis menjadi karakter tanpa nama yang bisa diberi nama sesuka hati, itulah Lone Survivor. Kamu di sini berjuang untuk mempertahankan kewarasanmu dan bertahan hidup, di mana kamu juga harus melawan segerombolan mutan atau mengendap-endap tanpa ketahuan. Semua pilihan ada di tanganmu, tapi satu hal yang pasti, di dunia post-apocalypse ini kamu benar-benar sendirian. Sendiri, dan halusinasi kerap kali terjadi di manapun, sampai kamu benar-benar yakin apakah hal tersebut benar-benar terjadi atau memang halusinasi belaka. Dipadu dengan musik yang mempesona, menjadikan game ini sanggup membuat bulu kudukmu berdiri dan merasakan kesunyian yang amat mencekam dalam usaha bertahan hidup. Kamu bisa melihatnya di sini.

Jadi bagaimana menurutmu dengan sepuluh game seram yang untuk menemani Halloween Day 2013 dalam artikel ini? Apa kamu memiliki daftar game seram versimu sendiri? Yuk kita diskusikan di kolom komentar!

[ Sumber : Games Radar ]

ARTIKEL TERBARU