Nikmati Fitur Android 4.4 KitKat Menggunakan Android 4.1 Jelly Bean

Baru Nexus 5 saja yang mendapat ijin resmi menjalankan Android 4.4 KitKat. Karena itulah wajar jika Google melaporkan untuk varian 16 GB smartphone tersebut sudah ludes dari Play Store mereka. Dan bagi mereka yang tinggal di negara tanpa cakupan toko onlinenya Google, mungkin hanya bisa menunggu hingga produsen smartphone tersebut, LG memasarkannya sendiri. Namun bagi kalian yang hanya sekadar ingin merasakan secara software seperti apa Android 4.4 KitKat tersebut, bisa meng-install setiap aplikasi baru yang ditawarkan Google secara terpisah.

Tidak lama setelah Google mulai menjual Nexus 5, seperti biasa mereka menyediakan factory image yang berisi keseluruhan Android 4.4 KitKat dalam Nexus 5 (bisa diunduh dari kedua tautan berikut: Factory ImageBinary Drivers). File image tersebut tentu saja sangat berharga bagi para pengoperek atau pembuat custom ROM, sehingga mereka bisa mengekstrak aplikasi terbaru yang diberikan Google di dalamnya, dan mungkin menerapkannya untuk custom ROM. Namun jika kamu sekadar ingin mengetahui seperti apa pembaruan yang diberikan Google, bisa meng-install aplikasi yang kami berikan tautan unduhannya di bawah.

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, Google Hangouts dianggap mendapatkan pembaruan terbesar, dengan opsi integrasi SMS ke dalam aplikasi chat berbasis teks dan video tersebut. Dan meskipun kamu belum memiliki Nexus 5, atau versi Androidmu juga belum KitKat, bisa mencoba meng-install aplikasi di bawah. Paling menarik adalah launcher Android 4.4 (Experience Launcher), yang akan memberi kesan antar muka Nexus 5 (akses mudah Google Now dari layar lock screen, tidak ada batasan berapa jumlah home screen, atau manajemen layar melalui gestur tangan). Kamu tinggal unduh dan install tiga file .apk yang dibutuhkan di bawah untuk membuat launcher ini bekerja, khusus untuk smartphone /tablet lain yang menggunakan Android 4.1 Jelly Bean.

Sedangkan aplikasi utama Android 4.4 antara lain seperti Calendar, Email, Gmail, dan Hangouts, sekaligus beberapa wallpaper default KitKat bisa kamu unduh dari tautan di bawah. Khusus mereka yang mengalami masalah menghubungkan aplikasi Email baru ke Exchange, solusinya bisa mengunduh aplikasi Exchange2Google. Namun karena semua .apk aplikasi di bawah sebenarnya ditujukan untuk Nexus 5, maka ketika menginstallnya dan menjalankannya bisa saja kamu menemukan error, atau bahkan tidak bisa diinstall. Kami mencobanya menggunakan tablet Samsung Galaxy Note, dan semuanya berjalan lancar.

Android 4.4 Core Apps:

Ketiga .apk ini dibutuhkan untuk menjalankan dengan lancar Google Experience Launcher:

Hanya saja ada bug dari launcher Android 4.4 tidak resmi ini. Mungkin kamu menemuinya, ketika berusaha menjalankan Google Search, dan muncul error Force Close. Untuk mengatasinya, di Home screen sentuh dan tahan layar, masuk ke Setting, lalu arahkan ke Voice, dan ganti bahasa default ke bahasa yang lain. Kembali ke Search dan coba lakukan pencarian ulang atau navigasi ke dalam menu Search tersebut. Ulangi langkah sebelumnya, namun kini pilih bahasa default ke English – US.


SHARE
Previous articleGoogle Hangouts Terbaru Integrasikan SMS dan Chat Dalam Satu Aplikasi
Next articleMotorola, HTC dan Sony Siap Berikan Update ke Android 4.4 KitKat
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.