Developer Game Muda Indonesia: Arief Widhiyasa

Arief Widhiyasa

Tidak bisa dipungkiri, memang perkembangan game Indonesia dalam beberapa tahun terakhir cukup pesat. Di balik perkembangan industri game tersebut, sosok developer game memang menjadi salah satu tulang punggungnya. Nah, memeriahkan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2013 lalu, Duniaku menampilkan beberapa artikel spesial yang mengangkat sosok beberapa developer game muda di Indonesia.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kami menampilkan sosok developer game muda lainnya, Arief Widhiyasa yang merupakan CEO dari Agate Studio. Di tengah-tengah peringatan Sumpah Pemuda lalu, kami banyak berbincang dengan Arief mengenai makna Sumpah Pemuda dalam era modern ini, hingga bagaimana suka dukanya saat memimpin Agate Studio, salah satu studio game papan atas di Indonesia. Ingin tahu bagaimana hasil wawancara kami? Yuk kita simak bersama!

Duniaku (D): Menurut Arief, arti Sumpah Pemuda di zaman modern sekarang ini seperti apa sih?

Arief (A): Hmmmm, pada zaman modern ini, perubahan yang paling kita bisa rasakan dalam kehidupan sehari-hari adalah globalisasi dan peredaran informasi di dunia maya yang sangat mudah. Sehingga generasi muda bangsa kita diberondong oleh berbagai informasi, budaya dan pengaruh dari berbagai pelosok dunia. Dalam konteks ini, saya yakin Sumpah Pemuda mengingatkan kita untuk selalu menjunjung kebangsaan dan tumpah darah kita, bahasa lainnya menjunjung nasionalisme terhadap Indonesia di hati setiap pemuda Indonesia. Karena saya yakin dengan selalu menjunjung tinggi tanah air, kita bisa menghadapi dampak globalisasi ini dan bisa mengambil banyak impact positifnya dan menimalisir resiko/impact negatif yang mungkin terjadi.

D: Bisa ceritakan sedikit, sejak kapan sih mulai menggeluti dunia pengembangan game? Dan bagaimana awal mulanya?

A: Saya pribadi memiliki interest di game development sejak kecil XD. Dari jaman mulai main game RPG Maker waktu SD dulu, lalu belajar programming di highschool, trus mulai deh bikin game kecil-kecilan sejak itu. Dan saya sangat terinspirasi oleh senior-senior di game industri yang memulai komunitas GamedevID, dan salah satu iconic product yang waktu itu sangat menginspirasi adalah Inspirit Arena karya teman-teman di Altermyth. Saya sangat kagum kalau senior-senior kita bisa membuat game seperti itu, dan makin memantapkan hati untuk menekuni bidang ini :D

D: Sebagai seorang game developer, apa sih wujud semangat sumpah pemuda yang sudah pernah diwujudkan?

A: As simple as sampai sekarang kami masih di Indonesia :D, karena sebenarnya tawaran untuk bedol desa dengan support di negara lain itu banyak banget, support-nya juga menggiurkan, hahaha. Tapi dari awal juga, kami ingin sekali bisa bersama teman-teman di industri game Indonesia dan bersama-sama kita membangun game industri di Indonesia.

Arief Widhiyasa - Logo Agate Studio

D: Bekerja sama dengan developer dan publisher papan atas seperti Chillingo dan Square Enix tentu merupakan pengalaman yang berharga. Apa sih manfaat kerja sama ini bagi Agate Studio? Dan apa pula manfaat untuk industri game Indonesia secara keseluruhan?

A: Wah iya banyak banget, pastinya kita belajar banyak dari expertise dan maturity mereka. Dan dengan semakin banyak interaksi dengan mereka kami berharap semakin banyak yang bisa kami pelajari. Untuk game industri secara keseluruhan, besar harapan kami kalau ilmu yang kami dapatkan bisa berguna juga buat rekan-rekan game developer yang lain. Dan mungkin dengan adanya kerjasama ini, harapannya teman-teman di mancanegara bisa melihat Industri Game di Indonesia, sebagai salah satu game industri yang cukup siap untuk bekerjasama dngn pemain papan atas mancanegara.

D: Apa tips bagi para generasi muda Indonesia yang memilih jalan di dunia game untuk memajukan Indonesia?

A: Always stay positive and keep up the spirits :D, karena perjuangan di dunia game ini selalu penuh tantangan yang menarik :D

D: Tentu seseorang punya impian yang ingin diwujudkan di masa yang akan datang. Apa sih impian terbesarnya sebagai seorang game developer yang ingin dicapai?

A: Pastinya kami ingin selalu bisa membuat fans/customer kami bahagia dengan karya-karya dan layanan-layanan yang kami berikan :D

D: Terima kasih atas waktunya, sukses terus untuk Arief dan Agate Studio!


SHARE
Previous articleSideQuest Studios Juga Akan Merilis Rainbow Moon untuk PS Vita
Next articleGoogle Diam-diam Umumkan Nexus 8, Kabarnya Akan Diproduksi Oleh LG
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.