Google Diam-diam Umumkan Nexus 8, Kabarnya Akan Diproduksi Oleh LG

Masih membicarakan Nexus 5 dan Android 4.4 KitKat? Itu minggu lalu, karena kami sekarang lebih suka menggali informasi baru sehubungan Nexus baru yang sepertinya juga sedang disiapkan Google, yaitu tablet Nexus 8!

Ketika membuka situs resmi Android, Google sudah memperbarui penampilannya agar sesuai dengan versi baru Android yang mereka kenalkan belum lama ini. Dan ketika mencapai bagian “Apps & Entertainment”, yang sebelumnya hanya menampilkan seorang ayah dan putrinya dudul di sebuah bandara memainkan Nexus 7, ketika sedikit menggeser ke bawah ternyata ada gambar baru. Seorang wanita di sana terlihat berinteraksi dengan sebuah tablet, yang sepertinya sebuah tablet Nexus baru yang belum diungkapkan oleh Google.

Menduganya sebagai Nexus 10 terbaru sepertinya kurang tepat, karena dimensinya yang terlalu kecil. Sedangkan jika membayangkan Nexus 7 edisi 2013, sepertinya juga terlalu kecil bezel di sekitar layarnya. Karena belum ada detail lain mengenai tablet Nexus baru Google, maka saat ini semuanya sekadar spekulasi saja, bahwa tablet yang terlihat melalui situs Android itu tidak lain adalah Google Nexus 8 — ukuran layarnya pas untuk sebuah tablet 8-inchi. Jika benar itu Nexus 8, kenapa Google tidak terus terang mengenalkannya? Yang pasti Google tidak pernah menggunakan material palsu untuk keperluan iklan mereka, apalagi untuk sebuah halaman situs Android 4.4 yang baru mereka rilis minggu lalu.

Benarkah Nexus 8 akan dibuat berdasarkan LG G Pad?

Sedikit menengok ke belakang, bukan kali ini saja Google diam-diam mengkonfirmasikan produk baru mereka. Sebelumnya LG Nexus 5 pertama kali muncul melalui video resmi yang menjadi konfirmasi awal kehadiran Android 4.4 KitKat. Dan harapannya saat ini Google melakukan hal yang sama untuk tablet yang diduga Nexus 8 ini. Dengan siapa Google bekerjasama untuk Nexus 8 ini? Jika Asus masih menjadi partner untuk Nexus 7 terbaru, dan Samsung dirumorkan masih tetap dirangkul untuk Nexus 10, tidak ada OEM lain yang paling dekat selain LG untuk diserahi tugas memproduksi tablet 8-inchi. Mungkin Citizen Duniaku masih ingat, beberapa waktu lalu LG juga merilis tablet LG G Pad dengan ukuran 8-inchi, dan belum lama ini muncul kode nama LG-V510 yang juga mengarah pada Nexus 8.

Dan seandainya benar, maka kita mendapatkan tiga lineup tablet dengan ukuran berbeda yang diajukan Google, yaitu 7, 8 serta 10-inchi. Untuk yang 10-inchi, terakhir kita mendapatkannya melalui kerjasama dengan Samsung dengan Nexus 10 yang mucul akhir Oktober 2012 lalu. Sedangkan untuk model revisinya tahun ini, memang sudah ada rumor Google juga menyiapkan Nexus 10 baru, meskipun petunjuk kecil tablet Nexus terbesar itu belum juga muncul ke permukaan.


SHARE
Previous articleDeveloper Game Muda Indonesia: Arief Widhiyasa
Next articleHandheld nVidia Shield Dapatkan Android 4.3, Merubahnya Menjadi Konsol Game

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.