Review Rayman Fiesta Run, Perpaduan Terbaik Konsep Platformer dan Endless Runner

Seperti yang sudah dijanjikan Ubisoft, mereka merilis Rayman Fiesta Run pada 7 November kemarin untuk iOS dan Android. Meskipun Windows Phone dan Windows 8 harus melewatkan perilisan di hari yang sama (dan belum ada kabar kapan akan hadir untuk platform tersebut), namun hadirnya game ini kembali menegaskan bahwa meskipun konsep gameplay utamanya tidak orisinil, dan endless runner kini seakan menjadi genre baru untuk kelas mobile, namun Ubisoft dengan Rayman Jungle Run, dan kini Fiesta Run mampu membuktikan bahwa genre platformer yang masih identik konsol atau handheld mash bisa tampil menarik dipadukan dengan endless runner.

Seperti prekuelnya, Rayman Jungle Run, Fiesta Run merupakan sebuah endless runner dengan tampilan 2D side-scrolling yang menempatkanmu mengendalikan karakter memorable pada jamannya, Rayman, makhluk unik dengan kepala, tubuh, tangan dan kaki yang secara misterius terus terhubung ke tubuhnya, meskipun tidak ada tungkai tubuh yang menghubungkan. Dia akan terus berlari di tengah dunia yang dipenuhi benda lain berukuran raksasa (khususnya makanan dalam game ini), dan tentu saja, monster. Dalam sekuel ini kamu dihadapkan dengan 75 level melalui 3 bos baru untuk mencapai Island of the Livid Dead. Melalui Fiesta Run, Ubisoft juga pertama kali menerapkan fitur jejaring sosial yang sama seperti pada Candy Crush Saga, dimana kamu bisa terus melacak teman lain yang bermain game ini di world map, serta memamerkan achievement yang berhasil dikumpulkan ke Facebook.

Keseluruhan gameplay-nya sama dengan Jungle Run. Rayman otomatis akan terus berlari, kamu tinggal mengendalikannya dengan melompat dan menghindari rintangan, memukul atau cukup membiarkannya berlari hingga menaiki sebuah dinding, hingga Rayman mencapai akhir level. Dua kekuatan baru didapatkannya, berenang dan memperkecil tubuhnya dari awal level. Seperti sebelumnya, dia dituntut mengumpulkan collectible utama, 100 Lum. Tidak masalah kurang dari 100, namun akan mempengaruhi ratingmu. Kumpulkan 100 maka kamu membuka versi yang lebih sulit dari level tersebut.

Menyelesaikan setiap level dengan sekali jalan mungkin mudah pada level awal, namun akan tetap susah jika kamu diminta juga mengumpulkan semua Lum, yang juga berperan menjadi mata uang dalam game ini. Setidaknya kamu perlu mengulang satu level beberapa kali, menghapalkan layout-nya, dan dimana lokasi Lum yang tersembunyi, sampai bisa sempurna melaluinya. Sementara itu ditambahkannya stage bos juga memberi tantangan baru, dimana kamu akan berlari sambil dikejar makhluk raksasa tersebut, atau ada yang menghancurkan platform, dan memaksamu untuk bergerak cepat.

Kami sendiri menilai Rayman Fiesta Run lebih susah dari prekuelnya. Dan untuk membantu kita, Ubisoft juga membuat Lum menjadi mata uang, yang bisa kamu gunakan untuk membeli boost yang bisa aktif sebelum setiap level. Jika frustasi mengumpulkan Lums, kami masih bisa membeli tambahan Lum dengan mata uang asli sebagai bentuk in-app purchase. Diantara boost tersebut ada heart, yang perannya masih sama seperti sebelumnya, melindungi Rayman dari satu damage. Lalu ada boost flying punch, yang mampu menarget musuh yang lokasinya jauh; dan juga racing line, semacam panduan pada layar yang akan memberi arahan dimana dan kapan seharusnya kamu melompat agar bisa mengumpulkan semua Lum.

Memang pada Jungle Run boost seperti heart kamu dapatkan gratis, dan dengan menempatkannya sebagai item yang bisa kamu beli, sama saja Ubisoft memberi kita opsi untuk menemtukan seberapa besar tingkat kesulitannya. Jika tetap pada pendirian memainkan game ini tanpa mengeluarkan tambahan sepeser uang pun, maka kamu harus rela mengulang-ulang level tersebut hanya karena salah memukul / melompat / terus berlari yang mengakibatkan Rayman berulang kali terkena damage.

Seperti Jungle Run, selain untuk boost Lum yang terkumpul juga bisa digunakan untuk membuka gambar art di galeri. Atau, kamu bisa juga menghabiskannya untuk membuka karakter baru atau wallpaper. Dan dengan Lum menjadi mata uang utama, penulis yakin kamu tidak akan bosan mengulang-ulang level yang untungnya didesain begitu memikat dan tidak membosankan, hanya untuk menambah jatah Lum. Makin jauh permainanmu, Ubisoft juga mengenalkan obyek dan ide aru di tengah level, seperti kamu bisa melontarkan tubuh Rayman di atas jamur raksasa, atau meluncur ke bawah melalui tebing es.

Yup, game ini masih sama seperti Jungle Run, menyenangkan, tidak membosankan, plus sangat adiktif. Memang seharusnya tidak perlu menyisipkan in-app purchase untuk menyedot lebih banyak uang kita. Namun setidaknya game ini masih masuk akal dimainkan tanpa harus membeli tambahan boost.

Rayman Fiesta Run sudah bisa kamu unduh melalui store masing-masing platform, dan dijual dengan harga US $3.61 di Android dan US $2.99 di iOS. Belum ada kepastian kapan versi Windows Phone 8 dan Windows 8-nya akan dirilis. Namun Ubisoft sudah memastikan, game ini pasti juga dirilis untuk platform-nya Microsoft.

Rayman Fiesta Run — Launch Trailer


SHARE
Previous articleFoto Pertama Ronda Rousey dalam Fast & Furious 7
Next articleCinderella di Soul Sacrifice Delta Menjadi Monster Kelabang!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.