Sony Umumkan Layanan Hiburan yang Bisa Diakses Melalui PlayStation 4

Kurang satu minggu lagi sebelum Sony merilis konsol next-gen mereka, PlayStation 4 di Amerika Utara dan Kanada. Mungkin kamu sudah banyak mengetahui apa saja game pendukungnya ketika meluncur nanti, dan sekuat apa hardware-nya. Namun dari sisi entertainment, satu fitur yang diunggulkan rivalnya, Microsoft Xbox One, Sony tidak banyak berbicara. Sampai kemarin mereka memberikan detail apa saja paket hiburan untuk keluarga yang bisa kamu dapatkan melalui mesin game modern ini.

Melalui Sony Computer Entertainment America kami mendapatkan daftar layanan yang akan mendukung PlayStation 4 ketika dirilis nanti. Nama-nama yang sudah tenar (di Amerika khususnya) dalam bidang video on demand (VOD) seperti Netflix, Hulu Plus, dan Amazon Instant Video ada di sana, selain layanan lainnya seperti yang datang dari Sony sendiri, Music dan Video Unlimited. Berikut 13 layanan yang bisa langsung digunakan pengguna PlayStation 4 ketika dirilis:

  • Amazon Instant Video
  • Crackle
  • Crunchyroll
  • EPIX
  • Hulu Plus
  • NBA Game Time
  • Netflix
  • NHL GameCenter LIVE
  • Redbox Instant
  • VUDU
  • YuppTV
  • Sony Music Unlimited
  • Sony Video Unlimited

Melalui daftar tersebut juga ada nama seperti Crackle, layanan VOD yang sebenarnya menjadi bagian Sony Pictures Televison, kemudian Crunchyroll, sebuah layanan yang menawarkan informasi anime terkini langsung dari Jepang; dan VUDU, sebuah alternatif Hulu; YuppTV sendiri menawarkan 150 saluran TV dan film India; kemudian EPIX, layanan VOD untuk movie, dokumenter, dan musik serta komedi.

Dari daftar tersebut terlihat jelas jika Sony tidak begitu memperhatikan aspek hiburan keluarga untuk PlayStation 4. Mereka murni memposisikannya, pertama sebagai konsol game, dan layanan hiburan adalah alternatif. Berbeda dengan Microsoft melalui Xbox One yang dirilis di Amerika seminggu setelah PlayStation 4. Xbox One dengan fokus hiburan, memiliki opsi HDMI passthrough yang memungkinkan kita melihat siaran TV kabel melalui konsol. Bahkan iklan pertama Xbox One yang dirilis Microsoft awal September lalu juga lebih menarget penggemar NFL, bukan gamer.

The NFL on Xbox One

Bandingkan dengan iklan pertama Sony untuk PlayStation 4 di bawah ini, yang sangat jelas, untuk gamer.

#4ThePlayers since 1995 | PlayStation

Sementara itu, menjelang perilisannya, muncul sebuah video yang menunjukkan lebih detail seperti apa konfigurasi hardware PlayStation 4 yang didesain oleh Mark Cerny tersebut. Melalui engineering director-nya Sony Yasuhiro Ootori, yang membongkar konsol tersebut sampai ke dalam, dan menunjukkan prosesor utamanya, yang menggabungka CPU dengan GPU, selain juga prosesor sekunder yang akan menangani operasi kecil selama konsol ini standby. Ootori juga memperlihatkan RAM 8GB GDDR5, optical drive, internal storage 500 GB, kisi-kisi pendingi, kipas yang didesain menarik panas dari dalam, power supplu yang terintegrasi dengan sasisnya, hingga detail seperti apa keseluruhan sasis PlayStation 4 terlihat dari dalam. Lebih jelasnya bisa kamu lihat video di bawah.

Sumber: Wired, prnewswire


SHARE
Previous articleKeluarga Sony Xperia Z Dipastikan Mendapatkan Android 4.4 KitKat
Next articleTemui Beragam Boss Spesial di Bravely Default: For the Sequel
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.