Irfan Aulia dan Argya Dhyaksa: Youtuber Di Balik Video Komplikasi Akhir Jaman!

Komplikasi Akhir Jaman - 1

Di ajang HelloFest 9 kemarin, ada kategori baru untuk kompetisi film setelah kategori untuk animasi dan non animasi.Kategori tersebut adalah Film 8 Detik Pas. Sesuai namanya, kompetisi ini mengharuskan pesertanya membuat film dengan durasi yang hanya sepanjang 8 detik saja. Total ada 66 film pendek yang dipertandingkan di kompetisi kali ini. Melihat daftar nama finalis beserta karya mereka, ada satu nama yang cukup mencolok karena sangat produktif. Nama tersebut adalah Irfan Aulia dimana Ia menyumbangkan 14 video langsung untuk kompetisi ini, jauh lebih banyak daripada peserta lainnya. Video-video Irfan yang kemudian dibuat dalam 1 video utuh berjudul Komplikasi Akhir Jaman ini sudah cukup terkenal di Youtube dan mendapatkan lebih dari 40 ribu viewer hanya dalam waktu kurang dari 3 bulan.

Komplikasi Akhir Jaman - 2
Video Irfan Paling Banyak

Di sela-sela hingar bingar acara, saya sempat berbincang-bincang sejenak dengan Irfan dan rekannya, Argya Dhyaksa. Ternyata, walaupun menggunakan nama Irfan sebagai nama finalisnya, karya-karya yang dipertandingkan adalah hasil bersama Irfan dan Argya. Irfan dan Argya adalah 2 mahasiswa ITB dimana Argya baru saja lulus dan saat ini berdomisili di Yogyakarta. Banyak yang sudah menonton video Komplikasi Akhir Jaman dan mengatakan bahwa video-videonya cocok untuk diikutsertakan dalam HelloFest tidak mengetahui bahwa video-video ini memang sengaja dibuat untuk diikutsertakan dalam kompetisi. “Mungkin karena kami menguploadnya ke Youtube terlebih dahulu sebelum kita berikan ke panitia makanya banyak yang menyangka video-video kita secara tidak sengaja pas dengan konsep kompetisinya. Padahal, memang dari awal video-video ini sudah disiapkan untuk HelloFest” ujar Irfan menjelaskan.

Ternyata sebetulnya ada 19 video yang disubmit oleh mereka, namun hanya 14 yang diterima. Proses pengerjaannya pun unik karena hanya dilakukan dalam waktu 2 hari saja. “Pada awalnya, video yang dibuat tidak sebanyak itu. Mungkin hanya 5 video saja. Namun ketika sedang pengambilan gambar, ide-ide terus bermunculan, jadi ya sudah sekalian saja dibuat. Semua video-video itu sebenarnya dibuat secara spontan, tidak memakai script sama sekali. Untuk talentnya pun kita menggunakan junior kami di kampus yang kebetulan ketemu di jalan,” jelas Argya panjang lebar.

Komplikasi Akhir Jaman - 3
Irfan dan Argya

Cerita di dalam video-video tersebut semuanya adalah lelucon-lelucon yang biasa dilontarkan oleh mereka jika sedang berkumpul bersama teman-temannya di kampus. “Memang, membuat video-video ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Idenya pun muncul begitu saja. Ini karena memang apa yang ada di video tersebut sudah menjadi keseharian kami di kampus” Irfan menambahkan.

Dalam waktu dekat ini, duo Irfan dan Argya juga akan mengikuti kompetisi lainnya. Kali ini adalah Kompetisi Film Pendek WOW 10 Detik dengan juri Raditya Dika dan sutradara Joko Anwar. Selain itu mereka juga ingin membuat video Komplikasi Akhir Jaman 2 karena melihat respon yang sangat positif dari para penontonnya. Tidak berhenti disitu saja, mereka juga sedang mengerjakan sebuah proyek film rahasia dengan durasi yang lebih panjang. Kalian dapat langsung berinteraksi dengan mereka melalui akun Twitternya masing-masing, yaitu @menggeserpopok dan @sigya. Penasaran seperti apa lucunya video Komplikasi Akhir Jaman ? Mari kita tonton videonya dibawah ini!


SHARE
Previous articleTumpah Ruahnya Pengunjung Di Event HelloFest 9!
Next articleTV Spot Terbaru The Hobbit: The Desolation of Smaug dari New Line Cinema
Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.