Tumpah Ruahnya Pengunjung Di Event HelloFest 9!

HelloFest 9 - 1

Gelaran HelloFest 9 yang bertujuan sebagai ajang kreatifitas pop culture terbesar di Indonesia sudah selesai dilaksanakan kemarin. Selama 2 hari penuh, Sabtu 9 November 2013 dan 10 November 2013, ribuan pengunjung memadati Arena Kolam Renang Gelora Bung Karno. Ada banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di HelloFest namun kebanyakan pengunjung mencari kesempatan untuk berburu foto bersama para cosplayer yang hilir mudik di acara ini. Jumlah cosplayer yang datang dan mengikuti lomba pun cukup banyak dan tidak hanya berasal dari Jakarta saja.

HelloFest 9 - 2

HelloFest 9 - 3

Arena Kolam Renang Gelora Bung Karno sebenarnya cukup besar, namun karena volume pengunjung yang sangat banyak, keadaan di dalam venue pun terasa penuh sesak. Kebanyakan acara dilakukan di tenda Theatre Acara sementara booth-booth komunitas dan peserta Pasar HelloFest ada di 3 tenda besar lainnya yang bernama Polar I hingga Polar II. Sayangnya, lagi-lagi karena volume pengunjung yang membludak, kondisi di dalam tenda-tenda ini pun lebih parah dibandingkan dengan kondisi di luar. Tenda-tenda tersebut sangat sempit dan panas, adanya AC tidak membantu sama sekali karena ada begitu banyak orang yang keluar-masuk dan melihat-lihat berbagai booth yang ada.

HelloFest 9 - 4

HelloFest 9 - 5

Booth yang ada di tenda-tenda Polar pun bermacam-macam. Selain booth-booth yang menjual mainan, ada banyak juga booth kerajinan tangan yang bertebaran disini. Hal ini sesuai dengan misi HelloFest untuk ikut mendorong berkembangnya industri kreatif yang masuk dalam kategori Usaha Kecil Menengah. Produk-produk yang ditawarkan pun bermacam-macam dan unik loh! Area foodcourt juga merupakan satu area yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Banyaknya jenis jajanan yang tersedia di foodcourt membuat para pengunjung dan cosplayer betah berlama-lama istirahat disini. Selain itu, ada juga booth Vandaria yang terletak di tenda Polar II. Pada gelaran HelloFest hari kedua, Vandaria melakukan turnamen di booth mereka.

HelloFest 9 - 6

HelloFest 9 - 7

Di belakang Tenda Theatre, ada satu area kosong khusus yang ditempati oleh komunitas pecinta Zombie atau yang biasa dikenal dengan nama IZOC. Disini, IZOC membuat sebuah arena petualangan Zombie Survival Games, dimana pengunjung dapat merasakan bagaimana rasanya dikejar-kejar Zombie dan menyelesaikan misi yang diberikan. Area IZOC ini tidak pernah sepi pengunjung karena banyak orang yang penasaran dengan konsep Zombie Survival Games yang baru pertama kali diadakan ini.

HelloFest 9 - 8

HelloFest 9 - 9

Di bagian Pool Area juga ada kegiatan-kegiatan menarik yang berhubungan dengan kompetisi film. Terdapat lebih dari 100 finalis yang meramaikan kompetisi yang terbagi menjadi film animasi, non animasi serta film 8 detik. Film 8 detik adalah kategori baru dimana, sesuai namanya, hanya berdurasi 8 detik saja. Pihak panitia mengatakan total menerima lebih dari 800 film hingga akhirnya dipilih 102 finalis terbaik. Ahli animasi internasional pun didatangkan untuk menjadi juri di HelloFest 9 ini. Mereka adalah Kieran Argo dari Inggris serta Jun Awazu dari Jepang.

HelloFest 9 - 9

Secara keseluruhan, event HelloFest 9 ini adalah acara yang sangat positif. Kita bisa melihat perkembangan industri kreatif secara keseluruhan, dimulai dari kerajinan tangan hingga film pendek baik dalam bentuk animasi maupun non animasi. Selain itu, adanya kategori Film 8 Detik pun menunjukkan bahwa Youtuber Indonesia sudah semakin kreatif. Semoga HelloFest 10 tahun depan dapat dilaksanakan dan lebih baik lagi ya!

[nggallery id=895]


SHARE
Previous articleBlizzard Konfirmasikan Detail Kisah dan Concept Art Film Warcraft!
Next articleIrfan Aulia dan Argya Dhyaksa: Youtuber Di Balik Video Komplikasi Akhir Jaman!
Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.