Clash of Clans Rilis di Android, Hadirkan Fitur Transfer Desa dari Versi iOS!

Clash of Clans

Setelah sukses di iOS sekitar tahun 2012 lalu, akhirnya pada Oktober 2013 lalu Supercell membawa Clash of Clans di platform Android. Satu hal yang ditawarkan Supercell untuk versi Android-nya kali ini adalah kamu bisa men-transfer desa yang sudah kamu bangun saat memainkan versi iOS-nya dulu untuk dimainkan di smartphone atau tablet Androidmu. Clash of Clans sendiri bisa dibilang sebuah game dengan genre yang cukup unik, dimana game ini menggabungkan beberapa genre sekaligus dalam sebuah game, yaitu strategi layaknya game-game RTS kebanyakan, dan simulasi.

Clash of Clans

Saat pertama kali memainkan game ini, kamu akan diberikan sebuah desa yang harus kamu kembangkan. Untuk mengembangkan desa, kamu bisa memilih satu dari beberapa aspek yang disediakan, apakah kamu akan membangun untuk memperkuat pertahanannya terlebih dahulu, membangun pasukan untuk menyerang desa lain, atau membangun fasilitas untuk mendapatkan resource. Untungnya, saat pertama kali memainkan game ini kamu akan mendapatkan shield proteksi selama beberapa hari. Artinya, desamu tidak bisa diserang oleh pemain lain selama kamu berada dalam periode proteksi ini.

Diserang pemain lain? Ya, itu adalah salah satu fitur yang ditawarkan dalam game ini. Setelah masa proteksi desamu berakhir, kamu akan terlibat dalam pertarungan “terbuka” dengan pemain lain. Tetapi tenang saja, kamu tidak akan sendirian dalam menghadapi serangan, karena kamu juga bisa mengajak pemain untuk bergabung dalam sebuah klan, atau kamu bisa join ke sebuah klan agar anggota klan lain bisa membantumu saat diserang. Oiya, untuk membangun pertahanan, barak yang digunakan untuk melatih pasukan ataupun fasilitas lainnya, kamu membutuhkan dua macam resource berbeda, yaitu Elixir dan Gold. Kamu juga bisa mempercepat pembangunan dengan menggunakan gem yang tersedia, atau jika kurang kamu bisa membeli gem lagi.

Clash of Clans

Untuk mode Single Player-nya, kamu bisa menyerang desa Goblin lain di peta. Menyerang adalah salah satu opsi yang baik untuk mempercepat pendapatan resource-mu, mengingat jika kamu terus menggantungkan diri kepada fasilitas di desa maka penambahannya cukup lambat. Untuk menyerang, pertama kali kamu harus menyiapkan dulu pasukanmu dengan melatih mereka di Barrack. Semakin tinggi level Barrack, maka akan semakin banyak pula variasi pasukan yang bisa kamu latih. Untuk bertahan, kamu bisa membangun beberapa senjata di desa seperti Cannon yang akan menembaki musuh yang datang dalam radius tertentu.

Fitur sosial lain yang disediakan oleh game ini adalah fitur chatting, baik lewat jalur umum, maupun lewat jalur klan yang artinya hanya anggota klanmu saja yang akan mendapatkan pesan darimu. Jika kamu menyerang desa goblin kamu bisa memilih desa mana yang akan kamu serang, maka jika kamu memilih untuk menyerang desa pemain lain, kamu akan diberikan desa secara random. Tetapi random disini masih terbatas dengan level, jadi kamu akan mendapatkan desa yang sepadan dengan levelmu saat ini.

Clash of Clans

Game ini sudah bisa didapatkan secara gratis di Google Play Store dengan opsi in App purchase di dalamnya. Selain itu, jika kamu ketinggalan belum memainkan versi iOS-nya, maka kamu bisa men-download game ini langsung di iTunes.


SHARE
Previous articleDead Rising 3 Menawarkan Interaksi Second Screen yang Dalam Melalui Smartphone
Next articleThe Forest, Survival Horror yang Memanfaatkan Penggunaan Oculus Rift
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.