Eremidia: Dungeon!, RPG Crossover ala Komunitas RPG Maker Indonesia!

Karakter-karakter dari game hasil karya komunitas RPG Maker Indonesia berkumpul dalam satu game RPG Dungeon Crawler unik berjudul Eremidia: Dungeon! Seperti apa game-nya? Simak ulasannya di dalam!

Eremidia: Dungeon!, RPG Crossover ala Komunitas RPG Maker Indonesia!

Eremidia: Dungeon!, RPG Crossover ala Komunitas RPG Maker Indonesia!

Jika menyebutkan kata game crossover, mungkin satu hal yang ada dalam benakmu adalah sebuah game yang mempertemukan karakter dari beberapa game yang berbeda. Contohnya dalam Marvel vs Capcom, dimana para superhero Marvel bertarung dalam satu arena dengan para karakter dari franchise milik Capcom seperti Resident Evil. Nah, tema crossover inilah yang rupanya ingin diwujudkan oleh Enthrean Guardian bersama komunitas RPG Maker Indonesia (RPG Maker ID) saat mengembangkan sebuah RPG dungeon crawler berjudul Eremidia: Dungeon! yang baru saja dirilis semalam.

Eremidia: Dungeon!, RPG Crossover ala Komunitas RPG Maker Indonesia!

Jika kamu mengikuti bagaimana perkembangan komunitas RPG Maker Indonesia dan game-game-nya dalam beberapa tahun terakhir, maka kamu pasti mengenal beberapa nama seperti Razh Avandrey dari Eternal Grace, Vent McGraves dari Wandering Brawler, Villeta Nightwish dari Violet Rose, hingga Ashen dari Cruna Aktrid. Ya, mereka dan juga beberapa karakter lainnya "bereuni" dalam game yang juga dikembangkan menggunakan RPG Maker VX ini. "Enthrean Guardian melihat ada potensi yang luar biasa dari anak-anak RPG Maker Indonesia yang ingin membuat game yang bisa dikenal masyarakat luas di mana Original Character (OC) yang mereka buat bisa berlaga dalam suatu game. Akhirnya terbentuklah satu tim khusus yang dipimpin oleh Riyan Wijaya, kami mengembangkan game yang mengadaptasi OC-OC dari anak-anak RPG Maker Indonesia yang unik dan menarik," ungkap Jasson Prestiliano, CEO dari Enthrean Guardian yang juga merupakan salah satu pencetus ide dikembangkannya Eremidia: Dungeon! ini kepada Duniaku.net. "Game ini terinspirasi dari game-game dungeon crawling yang punya nuansa crossover game, karena karakter-karakternya berasal dari karya berbagai anggota dari RPG Maker Indonesia," ungkap Om Jas sapaan akrabnya.

Sekarang kita menelusuri lebih jauh mengenai game ini. Dalam game ini, kamu akan memerankan seorang prajurit terpilih yang dituntut untuk membantu King Dnas XIII yang sudah terkena kutukan menjadi katak. Untuk menyembuhkan kembali sang raja dan untuk mewujudkan kedamaian kembali di Grace Island, kamu bersama raja harus menjelajahi dungeon untuk mengejar para Dark Scripters dan Magas yang menjadi biang keladi semuanya. Untuk itu, kamu juga akan ditemani oleh beberapa karakter lain yang bisa di-summon dari beberapa buku dari beberapa zaman dan kisah berbeda.

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Eremidia: Dungeon!, RPG Crossover ala Komunitas RPG Maker Indonesia!

Di awal permainan, kamu akan ditemani oleh empat hero dari empat kisah berbeda. Namun dengan seiring berjalannya waktu, kamu bisa mengumpulkan hero-hero dari kisah lain yang memiliki karakteristik, kekuatan dan latar belakang kisah yang berbeda-beda. Total, Erimida: Dungeon! saat ini sudah menyediakan sekitar 17 hero yang bisa kamu dapatkan sepanjang permainan. Sistem pertarungan dari game ini sendiri mengambil mekanisme turn based, namun dengan improvisasi sistem pertarungan unik yang disebut dengan Timed Hit-System. Saat kamu mendapatkan giliran, kamu bisa menyerang musuh menggunakan serangan standar, atau menggunakan skill yang kamu miliki.

Saat kamu menyerang inilah Timed Hit-System bekerja, dimana nanti akan muncul notifikasi di atas karakter yang sedang menyerang ataupun saat kamu bertahan. Saat notifikasi ini muncul (kemunculannya sangat singkat), maka kamu bisa menekan tombol Z untuk menambah damage serangan yang kamu berikan kepada musuh. Sebaliknya, saat kamu diserang, jika kamu menekan tombol Z di saat notifikasi ini muncul, maka damage yang kamu terima akan menjadi separuhnya. Berbeda dengan menyerang, saat mengeluarkan skill atau menggunakan item tidak akan mengakhiri giliranmu, jadi dalam satu giliran kamu bisa menyerang biasa dan menggunakan skill, atau menyerang dengan menggunakan item.

Eremidia: Dungeon!, RPG Crossover ala Komunitas RPG Maker Indonesia!

Monster yang akan kamu hadapi juga memiliki kekuatan dan kelemahan sendiri-sendiri. Jadi belum menjadi satu garansi karakter yang kamu bawa dalam party bisa efektif digunakan untuk semua monster yang ditemui. Tentu saja hal ini semakin menambah kompleksitas permainan, dan menuntut pemain untuk memutar otak menyiapkan party mana yang tepat untuk menghadapi satu dungeon tertentu. Eremidia: Dungeon! juga menegaskan diri sebagai dokumentasi dari karakter-karakter yang pernah ada dalam game yang dikembangkan komunitas RPG Maker ID, dimana kamu bisa menemukan latar belakang kisah dan dari game apa dalam info yang dimiliki oleh masing-masing karakter. Selain itu, game ini juga memiliki sistem Rune serta upgrade yang menarik. Setiap senjata yang di-upgrade memiliki jalur tersendiri dan setiap level upgrade memiliki nama yang spesifik.

Eremidia: Dungeon! sendiri dipersiapkan akan menjadi sebuah proyek berkelanjutan dan cukup besar. "Ini baru tahap awal, kita sudah mempersiapkan sekuel, light novel bahkan game-game lainnya mengenai Eremidia. Jadi ini baru game pertama bertajuk Eremidia," ungkap pria yang juga merupakan kontributor rubrik Kuliah Om Jas di Duniaku ini. Om Jas juga mengungkapkan bahwa ada kemungkinan Eremidia: Dungeon! juga akan dibawa ke platform lain selain untuk PC. "Rencana sih mau melebarkan sayap ke mobile, ke iOS dan Android karena sekarang ini makin banyak RPG yang bicara di mobile platform," bebernya.

Eremidia: Dungeon!, RPG Crossover ala Komunitas RPG Maker Indonesia!

Eremidia: Dungeon! saat ini sudah bisa kamu dapatkan secara gratis melalui link berikut ini. Tidak memerlukan instalasi, setelah kamu men-download-nya, kamu bisa langsung mengekstrak dan memainkannya.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU