BBM Channels, Jejaring Sosial Sekaligus Senjata Baru BlackBerry Siap Dirilis Minggu Depan!

Bagaimana kabar BlackBerry? Kita semua tahu BlackBerry Messenger mereka sudah dirilis sejak pertengahan Oktober lalu untuk Android dan iOS, dan sukses menyedot banyak pengguna baru memanfaatkan salah satu instant messaging terpopuler tersebut. Sedikit menengok ke belakang, BlackBerry mengkonfirmasikan BBM untuk Android dan iOS selama BlackBerry Live 2013 yang digelar pertengahan Mei lalu. Saat itu yang paling heboh memang layanan BBM yang akan dibuka untuk platform lain. Namun selain itu ada satu layanan baru lainnya yang diungkapkan BlackBerry selama event, yaitu BBM Channels.

Layanan ini memungkinkan kita untuk mencari dan berlangganan channel tertentu, memberi komentar dan membagikan post dengan teman, serta opsi untuk melakukan chat pribadi one-to-one dengan admin channel tersebut. User bisa membuat dan mengembangkan channel mereka sendiri, yang nantinya juga dilengkapi metrik untuk melacak jumlah trafik yang berhasil ditarik selama mengoperasikan channel tersebut. Semacam Plus Friends atau Official Accounts pada Kakao Talk dan LINE, dimana kamu bisa menemukan akun resmi artis atau brand tertentu, bisa di-follow untuk mendapatkan update resmi dari mereka.

Selama event BlackBerry mengajak salah satu pembalap Formula One Lewis Hamilton, yang menjelaskan apa keuntungan channel tersebut bagi team F1-nya. Menurut Hamilton, BBM Channels memungkinkan dia dan team-nya berkomunikasi langsung dengan lebih mudah kepada penggemarnya.

Demikian BBM Channel akan menjadi sebuah platform jejaring sosial baru di tengah BBM, serta akan meluaskan pengalaman BBM pada brand, artis, bisnis dan komunitas tertentu, dengan membawa fungsi standar BBM untuk berkomunikasi dengan individu dan kelompok secara real-time. Terakhir kami mendapat kabar BBM untuk iOS dan Android sudah diunduh lebih dari 10 juta kali. Dengan jumlah pengguna yang terus bertambah, BlackBerry akan terus tumbuh memiliki komunitas BBM yang sangat besar. Dan dengan komunitas yang besar, jelas akan lebih mudah bagi mereka menjadikan Channel sebagai sumber uang baru dari Channel resmi, atau iklan yang menarget pengguna BBM yang berlangganan Channel tertentu.

Setelah diperkenalkan, BBM Channels masih berjalan dalam status beta di BlackBerry Beta Zone (perlu terdaftar di Beta Zone untuk mengunduh dan mencobanya). Hingga kemarin kami mendapatkan kabar dari BlackBerry, bahwa minggu depan BlackBerry akan segera meluncurkan BBM Channels di platform BlackBerry 10 dan BlackBerry OS 6 serta 7, dan juga akan segera dihadirkan untuk BBM di iOS serta Android. Berikut penjekasan BBM Channels dari BlackBerry.

BBM Channels is a new social networking feature within BBM that extends the sharing experience beyond your friendship circle –allowing channel creators to amass an unlimited number of followers. 

Express yourself with BBM Channels. Create, edit & publish in an instant. Or connect to the people, communities and brands you love – receive timely posts and participate by commenting on, liking and sharing posts.

Dengan komunitas BBM yang terus berkembang, BlackBerry memiliki potensi besar memanfaatkan layanan mereka tersebut menjadi generator uang baru melalui iklan dan channel-channel resmi. Dan berdasarkan informasi yang kami dapatkan, untuk mempersiapkan peluncuran layanan baru mereka tersebut, BlackBerry saat ini sudah mengajak partner-partner untuk membuat BBM Channels yang akan muncul sebagai feature di dalam Feature Channels, dan channel tersebut akan dipromosikan melalui aktifitas marketing.

Kita tunggu saja seperti apa penerapan BBM Channels tersebut, karena konsep jejaring sosial di dalam instant messaging juga bukan fitur yang baru. Namun kami yakin pengguna jutaan BlackBerry dan BBM, atau terutama mereka yang bisa memanfaatkan Channels untuk menjangkau pasar baru dalam mempromosikan sebuah produk, pasti akan menyambut baik layanan baru BlackBerry ini.

BBM Channels – Try BBM Channels for Free – BlackBerry


SHARE
Previous articleRussell Crowe dalam Teaser Trailer dan Poster Pertama Noah
Next articleRosalina Menjelajah dari Super Mario Galaxy ke Super Mario 3D World
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.