Google Play for Education, Program Baru Google di Bidang Pendidikan Kini Telah Aktif

Selama Google I/O 2013 yang berlangsung pertengahan Mei lalu, Google mengkonfirmasikan program Google Play for Education. Satu langkah yang diambil Google untuk menandingi Apple, yang sudah berhasil memasukkan iPad sebagai salah satu media belajar di sekolah — terutama di Amerika. Sesuai namanya, Google Play khusus ini dibuat khusus untuk lingkungan pendidikan. Di dalam para pengajar bisa mendapatkan tampilan berbasis kurikulum dengan tingkatan K-12, sehingga memudahkan guru untuk mencari aplikasi yang paling cocok untuk murid-muridnya.

Dan mulai kemarin program tersebut mulai dibuka, sehingga memungkinkan developer untuk menandai aplikasi mereka masuk dalam Google Play khusus tersebut (bisa dilakukan melalui developer console), dan bisa diakses mudah oleh para guru dan murid melalui ruang kelas mereka. Google akan me-review aplikasi tersebut, serta memberinya tag, sebelum aplikasi tersebut masuk dalam app market khusus edukasi ini.

Selain aplikasi pendidikan dari para developer, melalui program ini Google juga ingin agar mereka bisa lebih mudah memasukkan lineup Nexus-nya ke ruang kelas. Guru dan sekolah kini bisa memesan tablet Android seperti Nexus 7, HP Slate Pro atau ASUS Transformer Pad dengan harga yang lebih terjangkau (tidak dijelaskan berapa harganya). Tablet-tablet tersebut juga langsung didukung dengan aplikasi pre-loaded dari Google Play for Education, sekaligus juga layanan seperti Gmail, Drive, atau Maps. Para guru juga bisa mendapat akses ke konsol Admin agar mereka dengan mudah mengatur tablet-tablet tersebut.

Memang Apple sudah menggelar program serupa dengan iPad mereka, dan kini banyak digunakan di sekolah-sekolah di Amerika, namun langkah baru Google ini setidaknya bisa memberi pilihan bagi mereka yang bergerak di bidang pendidikan. Apalagi juga ada beberapa tablet dengan ukuran yang berbeda (juga yang sudah menggunakan keyboard) yang ditawarkan Google sebagai bundling. Sedangkan untuk guru dan sekolah, program Google ini bisa membantu mereka dengan mudah menemukan aplikasi pendidikan yang cocok, dan dengan sekali klik saja mereka bisa menginstall aplikasi tersebut ke semua tablet.

Introducing Tablets with Google Play for Education

Sumber: Google


SHARE
Previous articleSony Konfirmasikan Daftar Launch Title PS4, Plus Harga dan Ukuran File-nya
Next articleNintendo Network ID dan Miiverse Akan Hadir di 3DS Bulan Depan
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.