Mengenal Karakter Daredevil, Jessica Jones, Iron Fist, Luke Cage, dan The Defenders, Serial TV Baru dari Marvel dan Netflix.

Marvel

Proyek ambisius Marvel untuk membawa satu persatu superhero-nya ke layar lebar maupun layar kaca tak hanya berhenti pada marvel Phase Three dan serial Marvel’s Agents of S.H.I.E.L.D.. Seperti yang kita ketahui, bersama dengan Netflix, Marvel kini tengah mempersiapkan empat serial TV baru dan sebuah miniseri yang mengangkat cerita dari Daredevil, Jessica Jones, Iron Fist, Luke Cage, dan The Defenders.

Tentunya bukan tanpa alasan Marvel membuat The Defenders, karena Marvel Universe tak hanya dibangun di layar lebar namun juga di layar kaca, dimana superhero assamble juga terjadi disana. Bagi kamu yang kurang familiar dengan karakter-karakter tersebut, berikut sedikit penjelasang mengenai latar belakang masing-masing karakter.

DaredevilDaredevil
Memiliki nama asli Matt Murdock, Daredevil merupakan karakter fiksi dari komik Marvel yang diciptakan oleh Stan Lee bersama ilustrator Bill Everett, dengan masukan dari Jack Kirby. Karakter ini sendiri pertama kali muncul pada komik Daredevil edisi 1 yang dirilis pada bulan April 1964.

Tidak seperti ketiga superhero dibawah, superhero yang satu ini tentunya lebih banyak dikenal orang, khususnya yang bukan penggemar komik. Mengingat, pada tahun 2003 silam 20th Century Fox telah membawanya ke layar lebar dengan memasang aktor pemeran baru Batman, Ben Affleck, sebagai Daredevil, bersama dengan pemain lain seperti Colin Farrell sebagai Bullseye, dan almarhum Michael Clarke Duncan sebagai Kingpin. Bahkan, film ini sendiri telah dibuat spin-0ff-nya, Elektra, di tahun 2005 dengan memasang Jennifer Garner sebagai bintang utamanya.

Tinggal di lingkungan Hell’s Kitchen di kota New York, Matt Murdock kecil harus mengalami kebutaan karena sebuah kecelakaan, dimana matanya terkena zat radioaktif. Meski ia mengalami kebutaan, namun paparan radioaktif tersebut justru mempertinggi indra yang ia mikil, jauh melebihi kemampuan manusia normal.

Selain  lingkungan yang keras, karakternya dibentuk juga oleh ayahnya, Jack Murdock, yang adalah seorang petinju. Setelah ayahnya dibunuh oleh gangster, Matt berusaha keras untuk mencari pembunuh ayahnya, dengan mengenakan kostum berwarna merah gelap dan menamai dirinya Daredevil, Matt pun melawan banyak musuh hebat seperti Bullseye dan Kingpin. Daredevil sendiri juga dijuluki sebagai orang yang tidak memiliki rasa takut, “the Man Without Fear.”

Jessica JonesJessica Jones
Memiliki nama lengkap Jessica Campbell Jones Cage, karakter fiksi dari komik Marvel ini diciptakan oleh Brian Michael Bendis bersama dengan Michael Gaydos. Jones memulai debutnya dalam serial Alias sebagai mantan superheroine yang sakit hati, ia juga dikenal dengan sebutan Jewel, Knightress, dan Power Woman. Setelah menggantungkan kostumnya, ia kemudian menjadi karyawan sekaligus pemilik tunggal dari Alias Private Investigations.

Awalnya Jessica Jones hanyalah wanita normal sampai sebuah kecelakaan mobil menyiramnya dengan bahan kimia yang membuatnya koma. Ia juga merupakan teman satu sekolah dengan Peter Parker. Satu tahun setelah Peter mengungkapkan jati dirinya sebagai “Secret Avengers,” Jones mengatakan kalau ia menyukainya. Tentunya hal ini membuat suaminya, Luke Cage, menjadi sedikit cemburu.

Karir heroiknya dimulai ketika koma yang ia alami selama beberapa bulan. Dibawah perawatan S.H.I.E.L.D., ia menjalani terapi psikis yang dilakukan oleh Jean Grey dari X-Men. Selain membantunya untuk bangun dari komanya, Grey juga menaruh perintah khusus dalam alam bawah sadar Jones yang akan melindunginya dari pengendalian pikiran.

Dari kecelakaannya tersebut,  Jessica terbangun dengan memiliki kekuatan super yang lahir dalam dirinya seperti kekuatan super yang memampukannya mengangkat beban sebesar dua ton. Ia juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat yang memampukan ia bertahan dari bermacam serangan mematikan. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan untuk terbang dan kemampuan untuk memblok telepati yang ingin mengontrol pikirannya.

Iron FistIron Fist
Memiliki nama asli Daniel “Danny” Rand-K’ai, Iron Fist merupakan tokoh fiksi dari komik Marvel. Diciptakan oleh Roy Thomas bersama dengan Gil Kane, karakter ini muncul pertama kali dalam komik Marvel Premiere edisi ke-15 yang dirilis pada bulan Mei 1974. Karakter ini memulai serial solo-nya di tahun 1970-an, dan berbagi judul Power Man and Iron Fist untuk beberapa tahun.

Daniel Rand lahir di kota New York City, ia merupakan anak dari Wendell Rand, seorang pengusaha kaya yang menemukan kota mistik K’un-L’un, saat ia masih muda. Saat di K’un L’un, Wendell pernah menyelamatkan pemimpin kota tersebut bernama Lord Tuan, yang kemudian mengadopsinya sebagai anak. Namun, Wendell akhirnya meninggalkan K’un L’un dan menjadi seorang pengusaha di Amerika Serikat. Menikah dengan Heather Duncan, mereka pun akhirnya mempunyai anak dan diberi nama Daniel. Ketika Daniel berumur sembilan, Wendell melakukan ekspedisi ke K’un L’un, dengan membawa serta istrinya Heather, rekan bisnisnya Harold Meachum, dan anaknya Daniel. Saat perjalanan mendaki gunung, Daniel tergelincir dari jalan, tali yang terikat membuat ibu dan ayahnya ikut jatuh bersamanya. Meachum, yang ternyata mencintai Heather, memaksa Wendell untuk terjun dan menyelamatkan Heather serta Daniel. Namun Heather menolak bantuannya dan ikut terjun bersama keluarganya.

Seperti yang diceritakan dalam Marvel Premiere edisi ke-15, Heather dan Daniel tiba disebuah jembatan darurat yang muncul entah dari mana, saat mereka diserang sekawanan serigala. Heather kemudian melemparkan dirinya pada serigala tersebut untuk menyelamatkan Daniel, namun ia akhirnya tewas meski pemanah dari K’un L’un telah berusaha menyelamatkannya. Pemanah tersebut akhirnya membawa Daniel yang tengah berduka untuk menemui Yü-Ti, penguasa berkerudung dari K’un L’un. Ketika Daniel mengungkapkan keinginannya untuk membalas dendam, Yü-Ti yang juga dikenal dengan sebutan Lei Kung, the Thunderer, akhirnya menjadikannya murid dan mengajarkan kepadanya seni bela diri.

Dibawah asuhannya, Daniel berhasil membuktikan prestasinya sebagai murid Lei Kung. Pada umurnya yang ke-19, ia mendapatkan kesempatan untuk mencapai kekuatan Iron Fist dengan mengalahkan seekor naga bernama Shou-La, yang menjaga jantung cairnya dari tubuh yang telah robek. Selama pertempuran, Daniel melemparkan dirinya ke bekas luka Shou-La dan membakar tato naga di dadanya. Sejak saat itu, Daniel pun lahir dengan kekuatan Iron Fist.

Ketika K’un L’un muncul lagi ke Bumi setelah 10 tahun, Daniel memutuskan untuk meninggalkan tempat tersebut dan menemukan pembunuh ayahnya. Kembali ke kota New York, Daniel Rand muncul dengan pakaian Iron Fist dan mencari keberadaan Harold Meachum.

Iron FistTerkesan dengan kemampuan Iron Fist yang dimilikinya, Meachum pun akhirnya menerima kekalahan. Namun karena rasa kasihan, Iron Fist akhirnya membiarkannya hidup. Tak lama kemudian, Meachum tewas dibunuh oleh ninja misterius, dan putrinya Joy, menyalahkan Iron Fist atas kematian ayahnya. Iron Fist pun kemudian membersihkan namanya dan memulai karirnya sebagai superhero. Dalam aksinya, Iron Fist telah menghadapi beberapa penjahat kuat seperti Sabretooth, Master Khan misterius (ninja yang membunuh Meachum), serta Steel Serpent, putra Lei Kung yang diasingkan, yang juga menginginkan kekuatan Iron Fist.

Heroes for Hire
Iron Fist bertemu dengan Iron Man di awal karirnya. Tak lama setelah itu, ia memulai pertempuran pertamanya dengan  H’ylthri.

Sesaat sebelum Rand bertarung dengan Steel Serpent, Misty Knight secara diam-diam menyusup ke organisasi kejahatan yang dimiliki John Bushmaster. Ketika Bushmaster menemukan pengkhianatan Knight, ia menculik Claire Temple dan Noah Burstein, rekan terdekat dari Luke Cage/Power Man, dan memaksa Cage untuk membunuh Knight. Iron Fist kemudian melawan Bushmaster untuk membantu Cage dan menyelamatkan Temple dan Burstein. Iron Fist dan Power Man kemudian memutuskan untuk menjadi rekan dan membentuk Heroes for Hire, Inc.

Persahabatan Power Man dan Iron Fist akhirnya berakhir ketika Rand terkena kanker akibat keracunan radiasi dan secara tidak sengaja mati di tangan Captain Hero. Cage pun kemudian menjadi tersangka utama atas kematian Rand dan menjadi buron.

Luke CageLuke Cage
Memiliki nama asli Carl Lucas, atau yang juga dipanggil dengan sebutan Power Man, Luke cage merupakan karakter fiksi yang muncul dalam komik Marvel. Diciptakan oleh penulis Archie Goodwin bersama ilustrator George Tuska dan John Romita, Sr., Karakter ini diperkenalkan pertama kali dalam komik Luke Cage, Hero for Hire edisi pertama yang dirilis pada bulan Juni 1792.

Lahir dan besar di Harlem, New York, Carl Lucas menghabiskan masa mudanya bersama Willis Stryker dan bergabung dalam gang bernama The Rivals. Mereka kerap melakukan pencurian kecil dibawah perintah seorang crimelord bernama Sonny Caputo atau yang dikenal dengan Hammer. Dengan apa yang ia lakukan, Lucas bermimpi untuk menjadi orang besar di kota New York, namun dalam perjalanannya ia menyadari bahwa apa yang ia lakukan ternyata menyakiti keluarganya. Lucas pun akhirnya belajar untuk berubah dan menjadi dewasa, dan mencari pekerjaan yang baik. Sementara itu, Stryker terus melanjutkan hidupnya menjadi seorang kriminal.

Pada suatu ketika, Lucas terlibat permasalahan dengan Stryker yang membuatnya harus menghabiskan waktunya di dalam penjara. Marah dengan pengkhianatan Stryker, Lucas pun mencoba untuk kabur dari penjara. Malangnya, tak hanya gagal melarikan diri, Lucas pun akhirnya di transfer ke penjara Seagate di lepas pantai Georgia. Disana, ia menjadi bulan-bulanan penjaga sadis, Albert “Billy Bob” Rackham. Kemudian, seorang peneliti bernama Dr. Noah Burstein merekrutnya sebagai sukarelawan untuk eksperimen regenerasi sel berdasarkan varian serum Super-Soldier.

Burstein kemudian secara tak sengaja menenggelamkan Lucas dalam medan elektrik senyawa kimia organik. Meski mengalami kecelakaan tersebut, ternyata Lucas mampu menyembuhkan dirinya dengan cepat dan ia kemudian memiliki daya tahan tubuh dan kekuatan super melebihi manusia biasa. Dengan kekuatan barunya, Lucas pun akhirnya melarikan diri dari Seagate dan kembali ke kota New York, dimana ia mengubah namanya menjadi Luke Cage dan menggunakan kekuatannya untuk mendapatkan keuntungan.

Singkat cerita, Cage pun akhirnya bergabung dengan super-team yang dikenal dengan sebutan The Defenders. Meski begitu, ia juga terus melanjutkan aksi solo-nya dan melawan banyak penjahat. Bersama dengan Iron Fist, Cage meraih sukses besar dengan Heroes for Hire, dan mendapatkan reputasi internasional dengan melawan banyak penjahat besar seperti si jenius Nightshade, penjahat internasional Montenegro, Sabretooth dan the Constrictor, Warhawk, hingga bandar obat terlarang, Goldeneye.

The DefendersThe Defenders
The Defenders merupakan nama dari kelompok superhero Marvel, yang masing-masing mereka terbiasa beraksi secara individual. Tim ini biasanya beraksi melawan ancaman yang bersifat mistik dan supranatural.

Awalnya, tim ini dibentuk oleh Doctor Strange sebagai pemimpinnya, dengan Hulk, Namor, dan Silver Surfer. Mereka pertama kali muncul sebagai The Defenders dalam komik Marvel Feature edisi 1 yang dirilis pada bulan Desember 1971.

Grup ini mengalami banyak perubahan personil sejak tahun 1972 hingga 1986, dengan Dr. Strange dan Hulk menjadi anggota tetapnya bersama beberapa tokoh lain seperti Valkyrie, Nighthawk, Hellcat, the Gargoyle, Beast, the Son of Satan dan Luke Cage, serta banyak lagi anggota lain yang sering keluar masuk.

Lebih lanjut, konsep cerita The Defenders mengalami modifikasi di tahun 1993-95 dengan seri Secret Defenders, dimana Dr. Strange mengumpulkan beberapa tim berbeda dengan misi individual masing-masing.

Itulah sedikit latar belakang dari Daredevil, Jessica Jones, Iron Fist, Luke Cage, dan The Defenders, yang akan dibuat serial TV-nya oleh Marvel dan Netflix. Tentunya fans bisa berharap bahwa ‘invasi’ Marvel tidak hanya berhenti disini, dan ada proyek-proyek besar lainnya setelah ini.


SHARE
Previous articleGuillermo Del Toro Ungkap Rencana Warner Bros. Untuk Semua DC Universe
Next articleG-Star 2013: Nexon Pamerkan Peria Chronicles, MMORPG Bergaya Anime!
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.