Nintendo Network ID dan Miiverse Akan Hadir di 3DS Bulan Depan

Nintendo Network ID "Miiverse"

Nintendo melalui presentasi Nintendo Direct mengkonfirmasikan Nintendo Network ID dan Miiverse yang akan dihadirkan untuk 3DS bulan depan.

Ini adalah update besar yang diberikan oleh Nintendo untuk 3DS pada bulan Desember 2013, yakni menghadirkan sistem akun Nintendo Network ID dan Miiverse. Bagi kamu yang memiliki Wii U pasti sudah mengenal dengan Nintendo Network ID. Dengan kata lain, itu adalah sistem akun bagi konsol Wii U. Dan dengan ini, kamu akan mendaftarkan satu akun untuk 3DS-mu.

Jika sudah memiliki Nintendo Network ID, kamu bisa menggunakan akun tersebut untuk 3DS milikmu. Dengan adanya akun yang sama itu, memungkinkanmu untuk saling berbagi kredit Nintendo eShop untuk 3DS dan Wii U milikmu. Nintendo menyebutkan bahwa di masa mendatang nantinya kamu membutuhkan sebuah Nintendo Network ID untuk mengunduh beberapa demo game gratis dan beragam konten lainnya di 3DS.

Nintendo Network ID

Bagi kamu yang tidak memiliki Wii U pun tidak perlu khawatir, karena bisa membuat Nintendo Network ID baru nantinya. Tapi hal yang perlu diingat adalah kamu hanya bisa membuat SATU akun Nintendo Network ID untuk tiap unit 3DS milikmu. Jika kamu ingin mentransfer akunmu ke unit 3DS yang baru, kamu harus menggunakan prosedur ”Transfer title and data”. Dan juga jika kamu memiliki Wii U tapi mendaftarkan akun baru Nintendo Network ID untuk 3DS-mu, kredit Nintendo eShop antara Wii U dan 3DS tidak akan digabungkan, lain halnya bila kamu mendaftarkan Nintendo Network ID yang sama baik untuk 3DS maupun Wii U milikmu.

Nintendo Network ID
Satu Nintendo Network ID hanya untuk satu 3DS saja, tidak bisa digunakan untuk 3DS lainnya
Nintendo Network ID
Satu akun Nintendo Network ID hanya untuk satu unit 3DS, tidak bisa menggunakan dua akun dalam unit 3DS yang sama
Nintendo Network ID
Perbedaan jika mendaftarkan Nintendo Network ID yang sama untuk Wii U dan 3DS, atau mendaftarkan Nintendo Network ID yang berbeda untuk Wii U serta 3DS

Tidak hanya itu, Nintendo juga menghadirkan fitur Miiverse untuk 3DS. Miiverse sendiri membutuhkan koneksi internet (via Wi-Fi) dan Nintendo Network ID untuk bisa menggunakannya, dan memungkinkan pengguna untuk saling berbagi pengalaman atau tips-tips kepada pemain lain, persis seperti yang ada di Wii U. Kamu bisa berkirim pesan tulisan tangan dan gambar-gambar dengan pengguna Miiverse lainnya. Atau kamu juga bisa menambahkan screenshot dari game-game yang memang menghadirkan fitur pengambilan screenshot. Dan juga Miiverse di 3DS ini mendukung penandaan sebuah post sebagai spoiler dengan teks tersembunyi, sehingga tidak akan membuat pengguna lain yang tidak mau terkena spoiler merugi dengan teks spoiler tersebut.

Nintendo Network ID "Miiverse"

Ketika fitur Miiverse ditambahkan ke 3DS, kamu bisa mengaksesnya di barisan paling atas dalam layar sentuh 3DS. Dan karena Miiverse merupakan aplikasi tingkat OS, kamu bisa mengaksesnya ketika memainkan game. Nintendo juga mengatakan kamu bisa membuat post Miiverse ketika tidak terkoneksi dengan internet, dan membaginya langsung ketika kamu online.

[ Sumber : Nintendo.com, Siliconera (2, 3), Gematsu ]


SHARE
Previous articleGoogle Play for Education, Program Baru Google di Bidang Pendidikan Kini Telah Aktif
Next article2K Games Sediakan MyNBA2K14, Aplikasi Mobile Plus Mini Game Card Battle
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.