Sony Xperia Z1S Kembali Muncul, Indikasi Jika Versi Mini Xperia Z1 Segera Dirilis

Masih ingat dengan Sony Xperia Z1F yang dikonfirmasikan pertengahan Oktober lalu, dan hanya dirilis di Jepang? Melihat Xperia SX yang juga tidak sampai keluar Jepang, saat itu kami hanya bisa sedikit berharap saja jika Xperia yang menjadi versi mini dari Xperia Z1 tersebut akan dirilis di luar Jepang. Namun bisa jadi juga Sony akan merilisnya ke pasar lain, karena pasca diumunkannya Xperia Z1F alias Honami mini, mulai banyak bermunculan rumor mengenai Xperia Z1S dengan spesifikasi yang sama untuk pasar global.

Beberapa hari lalu website Sony Mobile Global Site diam-diam memasukkan halaman informasi Sony Xperia Z1S — meskipun kini sudah dihapus kembali. Jika benar spesifikasinya sama dengan Xperia Z1F yang hanya eksis di Jepang, maka bisa dipastikan Xperia Z1S ini akan mengajukan layar 4.3-inchi dengan resolusi 720 x 1280-pixel berteknologi Triluminous, internal 16 GB (micro SD hingga 32 GB), serta baterainya  2,300-mAh. Kemudian prosesornya juga setara dengan Xperia Z1, 2.2GHz Snapdragon 800 serta RAM 2GB. Spesifikasi lain yang masuk dalam rumor sebelumnya seperti WiFi, Bluetooth 4.0 dan kamera depan 2.2 megapixel, serta kamera utama 20.7 megapixel. Selain itu Sony juga membekalinya dengan opsi perlindungan dengan standar IP55 dan IP58, membuat Xperia Z1S ini anti debu dan air. OS-nya sendiri langsung mengajukan Android 4.3 Jelly Bean, peningkatan dari kakaknya yang masih Android 4.2.2.

Sedangkan kabar terakhir yang kami dapatkan, seseorang sudah mendapatkan smartphone mini ini, dan memberi gambaran pada kita berapa ukuran Xperia Z1S ini. Terlihat dalam foto tidak resmi di atas, dimensinya 60 mm x 120 mm untuk panjang dan tingginya. Cukup mini untuk sebuah spesifikasi hardware kelas atas. Semoga saja Sony segera mengumumkan eksistensi Honami mini ini, dan mereka memberi penjelasan apa arti “S” pada namanya (mungkin “small”, atau ada arti lain?). Akan lebih mudah mengartikannya jika sama seperti Samsung dan HTC, yang memilih identitas mini saja untuk Galaxy S4 mini dan HTC One mini.

UPDATE: Kemarin kami juga mendapat kabar baru mengenai Xperia Z1s ini. Foto lain menunjukkan perbandingan dimensi fisiknya dengan kakaknya, Xperia Z1. Terlihat dimensinya sedikit lebih ramping dan sepertinya juga lebih mudah dioperasikan dengan ukuran layar 4.3-inchi, dibandingkan 5-inchi pada kakaknya, Xperia Z1. Versi mini dengan model number D550X tersebut juga disebutkan menggunakan material layar IPS. Memang ukuran dan resolusinya menurun dibandingkan kakaknya. Namun kita juga tahu jika material IPS memberikan kualitas warna yang lebih natural, serta viewfinder yang lebar.

Sumber: Hi Tech Mail, XperiaBlog


SHARE
Previous articleNintendo Siap Rilis Bravely Default di Amerika Utara Bulan Februari
Next articleSony Konfirmasikan Daftar Launch Title PS4, Plus Harga dan Ukuran File-nya
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.