Belum Saatnya Pakai Android, BlackBerry OS 10.2.1 Tingkatkan Kompatibilitas Aplikasi Android

Meskipun sebelumnya banyak muncul rumor jika BlackBerry akan mengadopsi OS Android untuk smartphone mereka, namun BlackBerry terus membantah. Setidaknya bukan untuk OS Android, karena BlackBerry baru menambahkan satu fitur penting untuk kompatibilitas Android Runtime OS BlackBerry 10.

Update untuk Android Runtime dalam BlackBerry 10.2.1 akan memasukkan fitur yang membantu pengintegrasian yang lebih baik aplikasi Android dengan hardware BlackBerry, bagian paling mendasar dari OS tersebut, hingga dukungan untuk fitur Android Jelly Bean 4.2.2 dan hardware acceleration. Dengan build terbaru BlackBerry OS 10.2.1, aplikasi Android kini akan bisa menggunakan perangkat Bluetooth BlackBerry. Selain itu aplikasi Android juga akan bisa menggunakan shared library yang etrtulis dalam C atau C++ selama aplikasi tersebut menggunakan API yang didukung Native Development Kit-nya Google. Pengembangan lain runtime ini juga menunjuk pada menu share BlackBerry 10, yang bisa membagikannya melalui aplikasi Android yang sudah teregister sebagai penerima content, sebagaimana menu share itu juga berjalan di Android — atau yang kemarin juga diterapkan untuk update baru BBM di Android.

Meskipun dengan adanya pengembangan untuk OS mereka ini, BlackBerry masih tetap membantah akan beralih ke OS Android, setidaknya mungkin tidak dalam waktu dekat ini. Dan dengan API baru yang dirilis BlackBerry ini, juga akan membuka kesempatan lebih besar agar lebih banyak aplikasi Android yang akan di-port untuk BlackBerry. Pertanyaannya sekarang, kapan OS 10.2.1 ini akan dirilis BlackBerry? Sepertinya tidak dalam waktu dekat ini, karena update 10.2.0 pun baru mereka berikan akhir bulan lalu.

Sumber: BlackBerry


SHARE
Previous articleMelihat Debut Screenshot Boa dan Medaka di J-Stars Victory VS.
Next articleUltralist: Sepuluh IP yang Layak Dibangkitkan Kembali di PlayStation 4
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.