Sony Resmi Merilis PlayStation 4 di Amerika Serikat dan Kanada

Sesuai yang dijadwalkan sebelumnya, Sony resmi merilis PlayStation 4 pada 15 November 2013 mulai di Amerika Serikat. Sony menggelar launch event di New York, yang bisa kalian lihat kembali rekamannya melalui video di bawah.

PlayStation 4 Launch | PS4 All Access: Greatness Awaits Live Stream

Event khusus tersebut bukan sekadar untuk mengiringi penjualan pertama PlayStation 4 di Amerika Serikat saja. Selama event, developer The Last of Us, Naughty Dog, juga muncul ke panggung untuk mengkonfirmasikan bahwa mereka sedang mengembangkan seri baru Uncharted untuk PlayStation 4. Sayangnya, teaser yang mereka tampilkan tidak memberi gambaran seperti apa gamenya, dan sepertinya kita juga perlu menunggu lama sebelum serial eksklusif Sony PlayStation tersebut bisa dimainkan.

Selain Uncharted baru, beberapa pengumuman kecil (dari developer besar) menghiasi event tersebut. Hideo Kojima misalnya, dia muncul sekadar melalui video untuk menunjukkan downloadable content eksklusif PlayStation dari Metal Gear Solid V: Ground Zeroes, yang memungkinkan kita untuk memainkan Snake dengan tampilan pixelated yang diadaptasi langsung dari Snake versi Metal Gear Solid pertama yang dirilis untuk konsol 8-bit. Selain itu, game open-world bertema superhero, Infamous: Second Son juga mendapat update selama launch event semalam, dengan kepastian tanggal rilisnya pada 21 Maret 2014.

Bungie yang kini tidak terikat dengan Microsoft, dengan bangga juga menampilkan proyek multiplatform ambisius terbarunya, Destiny. Mantan developer serial Halo yang kita kenal eksklusif Xbox tersebut menjanjikan pada pengguna PlayStation, bisa memainkan versi beta dari game shooter multiplayer mereka tersebut pertama kali di PlayStation 4 dan PlayStation 3.

Beberapa konfirmasi lanjutan tersebut bisa membuat kondisi nyata minimnya game eksklusif unggulan yang hadir untuk PlayStation 4 sedikit bisa dimaklumi. Apalagi dengan Xbox One-nya Microsoft yang begitu banyak pilihan game eksklusif-nya. Sementara Sony yang berhasil lebih awal memenangkan hati para developer indie, mendapat dukungan lebih banyak game dari mereka. Dengan sedikit kejelasan seperti apa masa depan PlayStation 4 dengan game-game unggulan yang disisipkan selama launch event, termasuk melalui trailer peluncurannya yang bisa kamu lihat di bawah, setidaknya para early adopter bisa yakin bahwa Sony serius menjanjikan game-game yang hebat nantinya, sesuai slogan Greatness Awaits yang selama ini selalu mereka gunakan.

Selain launch event yang digelar kemarin di New York, gamer yang sebelumnya memesan pre-order, atau mereka yang ingin membeli langsung tampak antri di depan retailer untuk mendapatkan PlayStation baru setelah 7 tahun kita berkutat dengan PlayStation 3 dan beberapa revisi SKU-nya. Dan karena PlayStation 4 yang tersedia juga untuk para pemesan pre-order, wajar saja mereka yang tidak kebagian pre-order rela berkemah agar tetap kebagian. Khusus di lokasi peluncurannya di New York, Sony menyediakan 444 unit PlayStation 4. Dalam event yang juga dihiasi beberapa cosplay yang berdandan ala karakter Kill Zone dan Assassins Creed tersebut, Sony mendapatkan pria 24 tahun, Joey Chiu dari Brooklyn yang menjadi orang pertama di Amerika yang mendapatkan Playstation 4 pertama kali. Di sisi lain, Erin Harewood dari Toronto (gambar di bawah) menjadi orang pertama yang mendapatkan PlayStation 4 di Kanada.

Dan berikut launch trailer PlayStation 4 yang dirilis Sony, beserta trailer game yang juga dikonfirmasikan selama launch event di New York.

PlayStation 4 Launch | The PS4 Launch Video

UNCHARTED PS4 Teaser Video | PlayStation 4

METAL GEAR SOLID V: GROUND ZEROES EXCLUSIVE ‘DÉJÀ VU’ MISSION

PlayStation 4 Launch Event | Destiny – Interview with Dave Dunn

PlayStation 4 Launch | inFAMOUS Second Son – Interview with Nate Fox

Bahkan Corporate Vice President-nya Microsoft Game Studios, Phil Spencer turut mengucapkan selamat atas peluncuran pertama rival Xbox One tersebut.

Dengan banyaknya PlayStation 4 sudah berpindah tangan ke gamer (Sony mengklaim mereka mendapatkan 1 juta pemesan pre-order), tidak heran sudah jika sudah banyak bermunculan screenshot game share PlayStation 4 muncul ke jejaring sosial seperti Twitter. Berikut kompilasi screenshot game share yang dilakukan para gamer PlayStation 4.

https://twitter.com/JVB/status/401268868318265344

https://twitter.com/aa72on/status/401351731595837440


SHARE
Previous articleG-Star 2013: ElForest, MMORPG Bergaya Kartun dari Kreator Dragonica
Next articleG-Star 2013: NetEase Perkenalkan Tiga Game Mobile Barunya!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.