PlayStation 4 Alami “Blue Pulsing Light of Death,” Sony Masih Mencari Penyebabnya

Lampu LED memanjang di tengah tubuh PS4 itu seharusnya menjadi gimmick yang membuat konsol Sony ini kelihatan hi-tech. Namun sayangnya, kini LED tersebut berubah menjadi mimpi buruk para pengguna PS4.

Pasca Sony merilis PlayStation 4 pada 15 November lalu di New York, banyak early adopter yang melaporkan konsol mereka tidak bisa digunakan setelah beberapa hari normal, atau bahkan langsung tidak aktif begitu keluar dari kotaknya.

Beberapa media melaporkan masalah dengan PlayStation 4. Mereka yang mendapatkan konsol tersebut lebih awal, seperti IGN mengatakan unit yang mereka gunakan akhirnya mati setelah beberapa hari sebelumnya normal. Kemudian media lain Kotaku melaporkan bahwa konsol yang mereka terima di hari pertama peluncuran PlayStation 4 di New York langsung tidak bisa digunakan begitu keluar dari kotaknya. Masalah yang dialami Kotaku adalah karena konsol yang mereka gunakan tidak bisa memnyalurkan output melalui HDMI, sedangkan untuk IGN, terjadi setelah mereka melakukan update firmware ke 1.50 dan mengunduh aplikasi Netflix. Update tersebut tersedia ketika Sony merilis PS4 pada 15 November lalu. IGN sendiri mendapatkan unit mereka lebih awal.

Sony pun langsung merespon masalah tersebut, berikut tanggapannya:

“A handful of people have reported issues with their PlayStation 4 systems. This is within our expectations for a new product introduction, and the vast majority of PS4 feedback has been overwhelmingly positive. We are closely monitoring for additional reports, but we think these are isolated incidents and are on track for a great launch.

There have been several problems reported, which leads us to believe there isn’t a singular problem that could impact a broader percentage of systems. The number of affected systems represents less than .4% of shipped units to date, which is within our expectations for a new product introduction.”

Bahkan Shuhei Yoshida pun juga menanggapinya melalui Twitter:

Walaupun belum jelas apa yang menyebabkan PS4 milik IGN berhenti bekerja, namun Sony bisa langsung mengindektifikasi masalah unit PS4 yang dimiliki Kotaku — yang bisa kamu lihat melalui tautan berikut. Menurut Sony, sebuah logam di dalam unit PS4 telah menghalangi gigi penghubung dalam kabel HDMI yang dipaketkan Sony bersama PS4 mereka. Sehingga ketika kabel tersebut dihubungkan dengan PS4, tidak ada sinyal yang bisa diteruskan pada layar. Baik Kotaku atau Sony tidak bisa menjelaskan kenapa masalah tersebut muncul, meskipun Kotaku sendiri juga tidak sepenuhnya mengakui bahwa ada human error dalam proses menghubungkan kabel HDMI ke konektornya. Jadi kesimpulan yang bisa diambil dari masalah yang dialami Kotaku, ketika kamu nanti mendapatkan unit PS4, periksa dulu konektor dalam kabel HDMI-nya sebelum menghubungkannya dengan konektor pada PS4.

Selain kedua media tersebut, ada seorang user Reddit yang menerima PS4 lebih awal juga mengalami masalah. Ketika dia mengaktifkan PS4, pada unitnya memancar warna biru saja, namun tidak mengirimkan sinyal ke TV. Masalah ini belum ditemukan solusinya, namun Sony sudah menganggapi dan akan memberikan unit pengganti.

Masih banyak user lain yang melaporkan unit mereka bermasalah, seperti yang juga dibahas di forum NeoGAF, lebih banyak lagi di Twitter,  atau dari beberapa review user yang memesan awal di Amazon (buka tautan ini), mereka juga melaporkan masalah yang sama, LED lightbar di tengah unitnya hanya memancarkan lampu biru (dengan nyala yang lemah kemudian terang, seperti denyut nadi), dan tidak pernah berganti ke putih seperti seharusnya, tidak ada output suara atau gambar ke televisi (tidak heran jika masalah ini kemudian disebut “blue pulsing light of death”). Dan khusus untuk masalah blue pulsing light, sejauh ini Sony pun juga belum menemukan sebab dan solusinya!!

Rentetan masalah hardware ini menjadi lanjutan dari error PlayStation Network yang muncul di hari pertama PS4 dirilis. Banyak user yang melaporkan mereka gagal ketika mencoba terhubung ke PlayStation Network melalui PS4. Sepertinya PSN tidak sanggup menangani banyaknya user yang masuk bersamaan, dan juga munculnya error dengan kode nama seperti E-80E80034 dan NW-31453-6, sehingga untuk beberapa game akan kesulitan masuk PSN. Masalah ini sendiri sudah berhasil ditangani Sony saat ini.

Untunglah di negara dimana PS4 pertama kali dirilis Sony memberikan garansi terbatas selama satu tahun, dan unit yang bermasalah tersebut seharusnya langsung bisa ditangani, atau bahkan mendapatkan pengganti. Semoga saja hanya beberapa orang saja yang melaporkan masalah ini, tidak makin bertambah banyak dan membuat gamer lain yang sudah menanti hadirnya PS4 merasa was-was ketika mau membelinya.


SHARE
Previous articleEye Candy G-Star 2013: Deretan Cosplayer DotA 2 di Booth Nexon
Next articleRed Line of Death Melanda, Ternyata PlayStation 4 Juga Bisa Menderita “Panas Dalam”
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.