Red Line of Death Melanda, Ternyata PlayStation 4 Juga Bisa Menderita “Panas Dalam”

Seperti yang kami laporkan sebelumnya, saat ini Sony dipusingkan dengan masalah hardware yang menimpa PlayStation 4. Banyak user melaporkan unit yang mereka terima langsung DOA, alias dead on arrival, ditandai dengan menyalanya LED pada lightbar dengan warna biru. Namun selain “Blue Pulsing Light of Death”, tampaknya ada masalah hardware lainnya yang juga dialami para early adopter PS4, yaitu “Red Line Death.”

Masalah apa lagi ini? Untuk yang satu ini bukan masalah baru, karena selama Oktober lalu sempat diketahui, namun dibantah oleh Shuhei Yoshida. Oktober lalu sebuah foto memperlihatkan PS4 yang mengalami overheat karena ditempatkan di dalam sebuah kotak tertutup. Ditandai dengan lampu LED biru di tubuh PS4 yang berubah menjadi merah. Pasca foto tersebut terkespos, dunia maya langsung memberi kasus tersebut label “Red Line of Death.” Dan berikut respon Shuhei Yoshida melalui akun Twitter-nya.

Namun kini dengan PS4 beredar bebas di Amerika Serikat dan Kanada, serta ribuan, bahkan mungkin jutaan user (sesuai klaim Sony, pre-order mencapai 1 juta unit) mendapatkan konsol tersebut, tampaknya kasus garis merah tersebut benar adanya, dan ada beberapa user yang mengalami, serta mem-posting videonya ke YouTube menunjukkan error yang satu ini.

Untuk yang satu ini, bisa dikatakan menjadi bagian dari sebagian kecil konsol (hanya sekitar 4%) yang mengalami cacat produksi, seperti respon resmi yang diberikan Sony melalui artikel kami sebelumnya. Dan karena Yoshida dengan tegas mengatakan “tidak benar,” kami penasaran bagaimana mereka menanggapi error garis merah yang ternyata beneran ada ini. Yah, semoga saja error ini juga memang benar hanya terjadi di sebagian kecil (hanya 4%) PS4 produksi awal saja. Karena ternyata jika sampai PS4 yang dirilis di wilayah lain, termasuk Asia yang akan mendapatkannya 17 Desember mendatang juga mengalaminya, sepertinya Sony perlu segera mencari solusi terbaik.

Namun sebelum menyimpulkan lebih jauh error ini, sebenarnya apa arti dari lampu LED-nya yang menyala merah? Seperti yang tertulis di atas, itu tanda PS4 mengalami panas berlebih alias overheat. Namun jangan kuatir, indikator tersebut bukan berarti Ps4-nya nge-brick, atau bahkan meleleh dan meledak. Memang ketika indikator itu muncul, aktivitas bermainmu akan terhenti otomatis (seperti terlihat melalui beberapa video di atas), dan sistemnya membutuhkan waktu untuk mendinginkan kembali keseluruhan hardware. Solusinya, berhenti sejenak, dan coba kembali menyalakannya. Dan ada baiknya kamu yang sudah ancang-ancang akan membeli PS4, membaca dulu manualnya yang tersedia online melalui tautan berikut ini, Di sana juga tertulis jelas apa arti dari indikator merah pada LED-nya.

Sebagai perbandingan dengan masalah Blue Pulsing Light yang kami beritakan sebelumnya, berikut beberapa video yang menunjukkan error LED warna biru tersebut, serta masalah lain yang kami temukan melalui YouTube, seperti drive Blu Ray-nya yang juga mengalami masalah, karena muncul suara keras ketika memasukkan dan mengeluarkan disc-nya dari dalam drive.

http://youtu.be/FdH0WxzKAHQ

http://youtu.be/jD9_kTxjAeA

http://youtu.be/EW-eDs9kxeo