Stand By Me Doraemon, Film Animasi 3D CG Doraemon Siap Dirilis Tahun 2014!

Stand By Me Doraemon

Selama ini, kita mengenal Doraemon lewat manga, anime yang ditayangkan setiap hari Minggu di salah satu stasiun televisi swasta plus beberapa movie-nya yang juga ditayangkan di layar lebar. Namun sebentar lagi, tepatnya tahun 2014 mendatang Doraemon akan tampil beda dengan film animasi berformat 3D CG. Ya, menandai peringatan ulang tahun ke-80 mendiang kreator Doraemon Fujiko F. Fujio, Toho mengkonfirmasikan bahwa mereka siap merilis film animasi 3D CG berjudul Stand By Me Doraemon.

Sejauh ini, Doraemon sudah hadir dalam ratusan anime dan sekitar 34 movie yang selalu dirilis pada bulan Maret di Jepang. Film animasi 3D CG ini pun nantinya juga dijadwalkan akan dirilis pada kuartal kedua tahun 2014 yang akan datang. Memulai debutnya pada tahun 1980, movie Doraemon adalah salah satu pendapatan terbesar untuk sang distributor, Toho bersama dengan dua judul lainnya, Detective Conan dan Crayon Shin-chan. Bahkan, Maret tahun ini Doraemon juga ditahbiskan sebagai serial dengan pendapatan terbesar di Jepang mengalahkan Godzilla.

Stand By Me Doraemon

Film ini disutradarai oleh duet sutradara Takashi Yamazaki (AlwaysSpace Battleship Yamato) dan Ryuichi Yagi (Friends: Mononoke Shima no Naki) yang sebelumnya juga pernah bekerja sama membesut film 3D CG berjudul Friends pada Desember 2011 lalu. Toho sendiri sudah mengkonfirmasikan, bahwa kisah dalam film ini terinspirasi dari episode pertama manga Doraemon Mirai no Kuni Kara Harubaru to (All the way from the country of the future) dan dua episode populer lainnya Sayonara, Doraemon (Good bye, Doraemon) dan Nobita no Kekkonzenya (Nobita’s night before wedding). Bersamaan dengan konfirmasi ini, Toho juga merilis teaser trailer yang sedikit memperlihatkan bagaimana jadinya jika Doraemon, Nobita dan kawan-kawan berubah menjadi 3D CG dalam film ini.

“Saya ingin para penonton merasakan bagaimana rasanya jika mereka bisa menggunakan gadget dari Doraemon dan apa yang bisa mereka lakukan dengan gadget tersebut,” ungkap Yamazaki dalam sebuah kesempatan. “Ini seperti mimpi masa kecilku, tetapi dengan teknologi 3D kamu bisa melakukan hal tersebut,” lanjutnya. Ya, selain akan dirilis dalam format 2D konvensional, film ini menurut rencana juga akan dirilis dalam format 3D yang akan menjadikan Doraemon dan gadget-gadget-nya lebih “hidup” seperti keinginan Yamazaki.

Stand By Me Doraemon

Yamazaki juga mengungkapkan, bahwa untuk mewujudkan film ini dia bersama dengan timnya sudah bekerja lebih dari satu tahun. Pengembangannya terbilang cukup lama, karena dia ingin mencocokkan animasi bibir para karakter dengan suara yang dikeluarkannya. Hmm, kira-kira apakah Stand By Me Doraemon ini nantinya juga akan dirilis di Indonesia ya?

[Sumber: Hollywood Reporter/Crunchyroll]