Sony Membuat Hard Drive PlayStation 4 Begitu Mudah Dibongkar dan Diupgrade

PlayStation 4 dikabarkan sempat disabotase selama proses perakitannya di Foxconn, dan ditandai dengan sekrup yang mengunci HDD-nya ada yang hilang. Bicara HDD yang built-in di dalam PS4, dalam sebuah review teardown, para teknisi di iFixit yang mendapatkan konsol tersebut telah berhasil membongkar PS4, dan mereka memberi nilai sangat baik karena PS4 dengan mudah bisa bongkar serta di-upgrade hard drive-nya,

iFixit yang dikenal biasa memberi review teardown dan panduan membongkar perangkat elektronik, mulai smartphone ke laptop dan juga mesin game, mereka dengan mudah membuka sasis PS4 serta mengakses kompartemen hard drive-nya. Kamu yang membutuhkan kapasitas yang lebih besar bisa dengan mudah menggantinya ke HDD dengan kapasitas besar dari standar 500 GB, atau yang membutuhkan waktu loading yang lebih cepat, bisa mengganti HDD-nya ke SSD.

Dalam review mereka, iFixit menyebutkan jika konsol Sony ini begitu mudahnya dibongkar, terutama karena tipikal perusahaan game Jepang tidak banyak menggunakan perekat untuk menyatukan perangkat elektroniknya. Demikian juga Sony, yang menyatukan semua komponen PS4 menggunakan sekrup.

Kemudian bagian terbaiknya dari PS4 ini adalah, kamu dengan mudah bisa penutup hard drive-nya tanpa harus membatalkan garansi. Internal storage konsol ini berbentuk HDD standar 2.5 (ukuran yang biasa digunakan laptop) SATA, yang bisa di-swap ke ukuran lain yang lebih besar, seperti 1 TB, yang harganya saat ini sudah cukup terjangkau. Namun iFixit menyebutkan, akan lebih baik lagi jika kamu mengganti hard drive-nya dengan flash memory jenis solid state drive alias SSD, karena menawarkan kecepatan read dan write yang lebih cepat dari HDD standar, dan itu bisa mendukung waktu loading yang lebih cepat. Seharusnya bisa membuat permainanmu makin menyenangkan, mengingat PS4 juga mendukung install game ke dalam HDD.

The Playstation 4 Teardown Review

Sebagai perbandingan, kamu bisa melihat juga video teardown lain yang dilakukan oleh engineering director-nya Sony Yasuhiro Ootori di bawah ini.

Sumber: iFixit


SHARE
Previous articleDwayne Johnson Siap Beraksi Sendiri di Foto Terbaru Fast & Furious 7
Next articleG-Star 2013: Daum Hadirkan Demo Black Desert, Elder Scrolls Versi Korea
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.