Sony Siapkan Solusi Beberapa Masalah Awal yang Menimpa PlayStation 4

Pasca dirilis 15 November kemarin, PlayStation 4 mengalami 3 masalah. Mulai error PlayStation Network karena banyaknya user yang ingin memasukinnya dan menahan user untuk bisa meng-insall software update 1.50 yang diperlukan untuk menjalankan PS4, kemudian lampu LED yang menyala merah, dan kemudian dikenal sebagai “red line of death,” serta yang terakhir ditemukan adalah “blue pulsing light of death.” Khusus untuk error PSN sudah beres, dan untuk LED yang menyala merah menjadi tanda sistem dalam kondisi overheat. Sedangkan yang menyala biru, sejauh ini masih belum ditemukan penyebabnya.

Megenai overheat, meskipun tidak banyak user yang melaporkan maslaah LED menyala merah, namun juga agak mengherankan. Karena menurut Digital Foundry, konsol Sony ini tidak menghasilkan suhu yang berlebihan meskipun dalam kondisi maksimal. Suhu puncaknya pun hanya 45 derajat Celsius saja, atau 113 Fahrenheit. Sedangkan untuk kebutuhan daya, PS4 membutuhkan hanya sekitar 80W (selama navigasi dalam menu), yang akan meningkat menjadi 120W ketika memainkan game, dan kebutuhan daya listrik maksimalnya hanya 140W ketika memainkan game, atau hanya sekitar separuh dari kebutuhan daya sebuah sistem dengan prosesor Core i5 4430. Dibandingkan dengan kakaknya, PS3 hanya membutuhkan daya listrik sebesar 72-79W dalam kondisi full load (ini PS3 versi terakhir). Namun jika dibandingkan dengan rival satu generasi dari Nintendo, yaitu Wii U, kebutuhan daya listrik PS4 memang terlihat sangat besar dalam kondisi full load. Wii U ketika digunakan bermain game saja hanya membutuhkan daya 32W saja!

Kemudian untuk LED yang berkedip biru, seharusnya ketika PS4 menyala, lampu lightbar LED-nya akan memancar warna biru, dan kemudian berubah putih yang menandakan sinyal dari HDMI dikirimkan ke televisi yang kompatibel. Namun pada konsol yang mengalami cacat produksi tersebut, PS4 ngebrick dan terhenti prosesnya dengan tanda LED biru yang terus menyala kedap-kedip, dan tidak ada sinyal yang diterima televisi. Sony sendiri sudah membuat sebuah panduan troubleshooting melalui forum-nya, namun sepertinya ada beberapa faktor yang diprediksi menjadi penyebabnya.

Berikut beberapa gejala yang terkait dengan lampu LED biru tersebut:
– indikator biru menyala berkedip
– tidak ada output video/audio yang dikirimkan ke televisi
– konsol akan langsung mati ketika lampu LED berkedip biru

Lampu yang berkedip itu juga terkait pada beberapa sebab, khususnya sebagai berikut:
– kompatibilitas dengan televisi yang digunakan
– adanya masalah dengan power supply-nya PS4
– adanya masalah dengan hard drive PS4
– adanya masalah dengan hardware PS4  lainnya

Menurut Sony, langkah pertama untuk menangani masalah “blue pulsing light of death” adalah dengan meng-update firmware dari HDTVyang terhubung dengan PS4, memeriksa power supply dan kabel-kabel PS4 yang terhubung ke televisi, atau memeriksa kembali apakah benar hard drive PS4 terpasang dengan baik. Bicara hard disk, sebelumnya PS4 juga dirumorkan sempat disabotase selama proses produksi, dan tindangan iseng yang dilakukan para perakit PS4 di Foxconn adalah dengan mencopoti sekrup yang mengunci hard disk-nya. Dan untuk memeriksa beberapa poin yang diduga menjadi sumber masalah “blue pulsing light,” berikut solusi sementara yang bisa dilakukan user.

Power Supply Troubleshooting:

  1. Mematikan PS4
  2. Sentuh tombol power di depan PS4 setidaknya selama 7 detik, sampai sistem memunculkan bunyi indikator dua kali.
  3. Lepaskan AC power cord PS4 dari stopkontak listrik! Perlu kamu perhatikan agar hanya melepas AC power cord dari stopkontak ketika indikator power pada PS4 sudah dalam kondisi off. Jika kamu melepaskannya ketika indikatornya masih menyala atau berkedip, maka kemungkinan kamu akan kehilangan data atau datanya rusak, dan sistem bisa ikut mengalami kerusakan.
  4. Periksa bagian konektor AC IN, AC power cord, dan stopkontak apakah terlihat adanya kerusakan fisik
  5. Kamu bisa juga menggunakan AC power cord lainnya yang kompatibel, seperti kabel power yang dimiliki PS3

Hard Drive Troubleshooting

  1. Mematikan PS4
  2. Sentuh tombol power di depan PS4 setidaknya selama 7 detik, sampai sistem memunculkan bunyi indikator dua kali.
  3. Lepaskan AC power cord PS4 dari stopkontak listrik! Perlu kamu perhatikan agar hanya melepas AC power cord dari stopkontak ketika indikator power pada PS4 sudah dalam kondisi off. Jika kamu melepaskannya ketika indikatornya masih menyala atau berkedip, maka kemungkinan kamu akan kehilangan data atau datanya rusak, dan sistem bisa ikut mengalami kerusakan.
  4. Setelah melepaskan AC power cord dari stopkontak, lepaskan ujung kabel lainnya yang berhubungan dengan PS4.
  5. Geser penutup HDD ke arah anak panah yang ditunjukkan pada manual untuk melepaskannya.
  6. Periksa kembali apakah hard drive sudah terpasang dengan benar di dalam slot. Jika HDD tidak terpasang dengan baik dan tidak berhubungan dengan sistem akan membuat PS4 tidak bisa menyala. Ada satu sekrup yang mengunci HDD tersebut pada tempatnya

Sumber: Sony Manual


SHARE
Previous articleDreamWorks Pictures Kembali Luncurkan Trailer Terbaru Need For Speed
Next articleKegelapan Datang di TV Spot Terbaru The Hobbit: The Desolation of Smaug
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.