Aplikasi “Layar Kedua” Xbox One Smartglass Dirilis Untuk Android, iOS dan Windows

Seperti Sony yang merilis aplikasi companion untuk konsol PlayStation 4 mereka lebih awal, Microsoft juga mengeluarkan Xbox One Smartglass dua hari menjelang perilisan awal konsol tersebut pada 22 November besok.

Berbeda dengan PlayStation App yang sementara ini hanya available untuk Android dan iOS saja, Xbox One Smartglass tersedia untuk semua platform mobile yang eksis saat ini, termasuk juga Windows Phone dan Windows 8.1. Dan seperti aplikasi companion dari Sony untuk PS4, SmartGlass untuk Xbox One menjadi satu-satunya aplikasi yang bisa merubah smartphone atau tablet menjadi pendamping atau tambahan untuk konsol tersebut. Namun ada beberapa fitur yang membedakannya dengan PlayStation App.

Smartglass bisa berfungsi sebagai remote control untuk TV dan juga Xbox One, sekaligus merubah perangkat mobile-mu, entah itu smartphone atau tablet menjadi layar kedua untuk X1. Sayangnya sejauh ini hanya ada beberapa judul game saja yang dikonfirmasikan mampu memaksimalkan fitur tersebut, dan termasuk di sana ada Star Trek Into Darkness, Fast & Furious 6, Dead Rising 3, Just Dance 2014, Battlefield 4, dan juga aplikasi seperti Internet Explorer serta Machinima.

Memang SmartGlass tidak berguna tanpa kita memiliki X1, namun Microsoft juga menyarankan melalui aplikasi ini kita bisa menyiapkan diri sebelum X1 dirilis. Misalnya dengan Smatglass user bisa mencari game yang mereka inginkan langsung dari Smartglass, atau mengakses dashboard Xbox Live, melihat achievement, dapatkan bantuan game, melihat trailer game, sekaligus berhubungan dengan mengirim pesan ke teman dan gamer lainnya yang juga sama sedang menunggu datangnya konsol tersebut.

Aplikasi Xbox One SmartGlass bisa kamu unduh secara gratis melalui pasar digital masing-masing platform. Dan perlu ditekankan juga, aplikasi ini berbeda dengan aplikasi Smartglass sebelumnya untuk Xbox 360, dan tidak akan bekerja untuk konsol tersebut.


SHARE
Previous articleTomb Raider: Definitive Edition Bakal Dirilis untuk PS4 dan Xbox One?
Next articleMainkan Beragam Mini Game di One Piece: Unlimited World R
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.