MediaTek MT6592 Dikonfirmasikan, Prosesor Pertama Dengan Delapan Core

Kami sudah mengetahui sebelumnya, jika produsen chipset asal China, MediaTek akan mengkonfirmasikan keluarga baru prosesor mobile dengan delapan core prosesor pada 20 November. Mereka melakukannya kemarin, dan ini mengawali babak baru persaingan prosesor mobile karena kelas tertinggi MediaTek MT6592 merupakan prosesor dengan delapan core pertama di dunia.

MediaTek MT6592 menerapkan prosesor delapan-core, dan bukan sekadar jumlah corenya saja yang lebih banyak, namun disematkan juga fitur lain di dalamnya yang menjadikan chipset tersebut memiliki keseimbangan yang baik antara kinerja dan kebutuhan baterai. Pabrikan chipset yang selama ini dikenal dengan prosesor kelas menengah tersebut mengklaim prosesor delapan-corenya didesain untuk menghadirkan pengalaman game kelas atas, proses multi-tasking yang lebih baik, perbaikan kinerja web browsing, dan menyasar penggunaan untuk smartphone serta tablet kelas atas. Seperti tipikal chipset baru mereka, MediaTek MT6592 dibangun melalui arsitektur 28nm, sehingga di atas kertas seharusnya lebih hemar, meskipun juga mampu dipacu dengan kecepatan hingga 2GHz.

MediaTek juga memberikan alforitma penjadwalan khusus untuk chipset mereka untuk memonitor suhu dan konsumsi baterai chipset mereka sehingga antara kinerja maksimal dan kebutuhan baterainya tetap seimbang. Untuk kinerja multimedia-nya, MediaTek  yang selama ini sekadar memberikan GPU PowerVR single-core dari Imagination Technologies untuk chipset lamanya, kini mereka menyerahkan kinerja grafis pada GPU quad-core yang mendukung playback video hingga 4K Ultra-HD. Menurut data teknisnya, chipset ini juga mendukung modul kamera dengan sensor hingga 16-megapixel serta layar fullHD.

Teknologi ClearMotion yang diterapkan MediaTek juga mampu mengkonversikan video 24/30 fps ke 60fps agar bisa diputar lebih smooth. Konektivitasnya diserahkan pada multi-mode cellular modem, selain juga Wi-Fi dual-band 801.11n, screen-sharing Miracast, Bluetooth, GPS dan radio FM. Konfigurasi tersebut akan memperkuat smartphone dan tablet, bergantung pada versi Android-nya, mulai akhir tahun ini. MediaTek juga menambahkan jika MT6592 akan tersedia untuk perangkat Android Jelly Bean mulai akhir tahun 2013, dan untuk gadget yang menjalankan KitKat pada awal 2014.

Sumber: MediaTek


SHARE
Previous articleGravity Tutup Server RO 2: Legend of the Second di Korea Selatan
Next articleQualcomm Umumkan Chipset Ultra HD Snapdragon 805, Lebih Kuat 40% Dari Snapdragon 800
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.