Qualcomm Umumkan Chipset Ultra HD Snapdragon 805, Lebih Kuat 40% Dari Snapdragon 800

Qualcomm tidak membiarkan begitu saja MediaTek berjalan santai dengan menawarkan chipset barunya. Mereka pun kemarin mengkonfirmasikan generasi baru chipset Snapdragon, melalui Snapdragon 805 dengan prosesor quad-core dengan dapur pacu bertenaga 2.5GHz serta GPU yang mampu menghadirkan output berkualitas 4K.

Bukan prosesor entry level sepeerti yang diperkirakan sebelumnya, namun Qualcomm justru mengeluarkan tipe tertingginya, yang menjadi penerus Snapdragon 800. Yup, jika kamu masih menjadikan patokan Snapdragon 800 sebagai chipset mobile terkuat, sepertinya tahun depan keadaan akan segera berubah. Snapdragon 805 yang dikonfirmasikan kemarin kini menjadi “top of the line”-nya Qualcomm. Dengan prosesor berkemampuan “Ultra HD” dan juga GPU Adreno 420 GPU yang diklaim 40% lebih kuat dibandingkan Adreno 330, Qualcomm menggambarkan chipset baru mereka ini sebagai “prosesor mobile pertama yang menawarkan dukungan sistem Ultra HD.”

Melihat ke dalamnya, Snadragon 805 dibangun dengan basis inti Krait 450 dengan empat core, yang menjadi yang pertama mampu dipacu hingga kecepatan 2.5GHz untuk setiap core-nya. Qualcomm juga memuji chipset mereka ini karena memiliki bandwidth memory hingga 25.6GB/detik. Hal ini berarti aplikasi akan berjalan lebih lancar, dan pengalaman multimedia serta web browsing-nya juga meningkat. Kata-kata PR yang sama juga kami dengarkan dari MediaTek, semoga saja klaim keduanya benar terasa. Sayangnya Krait 450 ini masih masuk prosesor 32-bit, bukan prosesor 64-bit, yang saat ini juga disebutkan sedang dikembangkan oleh Samsung.

Melalui pernyataan pers-nya Qualcomm juga menuliskan konfigurasi mereka ini mampu melakukan perekaman video dengan kualitas 4K, sekaligus juga untuk playback. Kemampuan multi-medianya itu didukung dengan dual camera Image Signal Processors (ISP) untuk kameranya, yang akan meningkatkan kecepatan dan kualitas gambar kameranya, sekaligus menerapkan penggunaan sensor gyro dalam mengambil foto.

Selain Snapdragon 805, pada keempatan yang sama Qualcomm juga mengumumkan generasi keempat multimode modem 3G/LTE dan RF transceiver chip, yang dikenal sebagai Qualcomm Gobi 9×35 and Qualcomm WTR392, dan kombinasi keduanya akan mendukung kinerja koneksi data, khususnya di jaringan 4G LTE. Modem tersebut diproduksi menggunakan proses 20nm dan lebih kecil, lebih hemat tenaha, serta lebih cepat. Mendukung LTE Category 4, dual-band WiFi ac dan bahkan streaming video 4K melalui Wi-Fi.

For OEMs, the combination of the Gobi 9×35 modem and WTR3925 chipset enables a powerful, single platform that can be used to launch LTE Advanced devices faster at a global scale. Together, these solutions are designed to deliver up to 2X faster LTE Advanced, CAT 6 up to 300 Mbps, along with dual carrier HSUPA and dual band multi-carrier HSPA+.

Dengan semua fiturnya tersebut, Qualcomm juga menyebutkan masih butuh waktu lama sampai chipset mereka tersebut tersedia di pasaran. Gadget yang diperkuat Snapdragon 805 seharusnya akan hadir setelah pertengahan tahun depan, karena Qualcomm saat ini pun masih menguji Snapdragon 805, dengan tergat rilis pertengahan 2014. Namun untuk modem Gobi 9×35 dan WTR3925 sudah tersedia mulai awal tahun depan.

[cb type=”company”]Qualcomm[/cb]

Sumber: Qualcomm, PRNewswire (1), (2)


SHARE
Previous articleMediaTek MT6592 Dikonfirmasikan, Prosesor Pertama Dengan Delapan Core
Next articleGaruda Superhero, Pahlawan Super Baru Asal Indonesia!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.