Rumor: Nintendo Menyiapkan Tablet Android yang Terfokus Untuk Pendidikan

Meskipun belum terbukti, namun rumor menyebutkan bahwa Nintendo saat ini mulai berpikir menembakkan pelurunya ke tengah gamer mobile, dengan rencana barunya membuat tablet Android yang lebih dikhususkan untuk pendidikan.

Berbeda dengan dua produsen konsol lainnya Sony dan Microsoft yang sengaja merangkul platform mobile agar bisa bersinergi dengan konsol atau handheld-nya, Nintendo lebih memilih sikap tegas tidak mau menyediakan sebuah jembatan agar para pengguna gadget mobile bisa berinteraksi dengan mesin game mereka (meskipun ada rumor pembelian konten digital mereka dan akses Miiverse melalui smartphone), atau bahkan mau merilis game-game eksklusif Nintendo untuk platform mobile. Nintendo lebih memilih mempertahankan eksklusifitas game-game mereka untuk mesin game mereka sendiri, dan tidak ingin sumber keuntungan dari penjualan hardware mereka berkurang. Namun tidak bisa dipungkiri (dan juga diakui oleh Nintendo), perkembangan gadget dan game mobile akhir-akhir ini lebih cepat daripada mesin game yang sudah kita kenal, termasuk juga game-gamenya.

Sampai kemarin kami mendapat kabar melalui akun Twitter seseorang yang mengaku sebagai salah satu teknisi software Nintendo of America yang mengklaim bahwa saat ini Nintendo sedang mengerjakan sebuah tablet yang lebih terfokus sebagai sarana edukasi — dan itu artinya target pasarnya tetap sama seperti mesin dan game mereka selama ini, anak-anak atau keluarga. Memang Tweet tersebut saat ini entah kenapa sudah  dihapus, namun jika benar Nintendo sedang menyiapkan tablet semacam itu, kami penasaran apakah nanti ada game (atau software pendidikan) dari mereka khusus tablet tersebut. Tentu akan sangat menarik jika anak-anak bisa belajar sambil ditemanik para karakter ikonik Nintendo seperti Mario, Luigi, Zelda, Link, atau Pokémon.

Sumber kami berhasil mengumpulkan beberapa Tweet dari Nando Monterazo, pria yang mengaku sebagai salah satu teknisi software Nintendo tersebut, dan bisa kalian lihat di bawah:

Experimenting with a tablet of Nintendo, the system is based on android, fully modified and unified as a database of the tablet. #Android

— Nando Monterazo (@NandoMonterazo) November 18, 2013

At the moment just testing communication environment of educational games that will be shared between the kids using the tablet! #Tablet

— Nando Monterazo (@NandoMonterazo) November 18, 2013

Nintendo is testing only the “Android” but in fact she wants a system written in C/C++ in a Unix environment for the system single tablet!

— Nando Monterazo (@NandoMonterazo) November 18, 2013

Many people will be wondering if games “Nes”, “SNES” or “Game Boy” the tablet will not have these games, educational games only! #Tablet

— Nando Monterazo (@NandoMonterazo) November 18, 2013

@Chris_Utah3DS @DeSero It is, a tablet with educational games for children with Nintendo characters….

— Nando Monterazo (@NandoMonterazo) November 18, 2013

@Chris_Utah3DS@DeSero …now the tablet is primarily focused for schools!! :-)

— Nando Monterazo (@NandoMonterazo) November 18, 2013

Bagaimana menurut kalian Citizen, jika benar Nintendo mulai serius terjun ke pasar mobile dengan tablet pendidikan mereka? Tablet Android untuk pendidikan biasanya menarget pasar anak-anak, dan saat ini pilihannya tidak banyak di pasaran, dengan salah satunya dari Samsung dengan Galaxy Tab 3 Kids, Polaroid Kids Tablet, atau dulu Motorola juga sempat mencobanya dengan tablet Xoom edisi khusus.

Sumber: Twitter, via Nintendo Everything


SHARE
Previous articleSony Xperia Z1s Juga Muncul Dalam Daftar Postel, Segera Dijual di Indonesia?
Next articleMakin Ramai dengan Kuroko dan Tim Sket Dance di J-Stars Victory Vs.
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.