Toge Productions dan Iris Worldwide Wujudkan Layar LED Interaktif Terbesar di Dunia!

Taman Anggrek Monsters

Jika kamu tinggal di Jakarta dan seringkali melewati Mall Taman Anggrek, ada satu pemandangan menarik yang ditawarkan oleh kompleks mall tersebut. Di sekeliling mall tersebut ditutupi oleh sebuah layar LED raksasa seluas sekitar 8000 meter persegi dan menggunakan lebih dari 3000 pixel LED. Layar raksasa yang dibuat leh Iris Worldwide Indonesia ini pun akhirnya mendapatkan gelar sebagai The World’s Largest LED Illuminated Facade oleh Guinness World of Record, alias merupakan layar LED terbesar di dunia.

Nah, ada yang berbeda dari layar tersebut dalam beberapa hari ini, dimana di layar tersebut kini seringkali bermunculan monster-monster yang saling berinteraksi satu dengan lainnya. Ya, para monster yang saling berinteraksi ini adalah hasil karya dari Toge Productions, developer asal Jakarta yang selama ini kita kenal dengan serial Infectonator-nya. Sejak pertengahan tahun lalu, mereka memang digandeng oleh Iris Worldwide untuk menciptakan interaksi sosial di layar tersebut, untuk menghibur masyarakat yang terjebak kemacetan atau sekedar melintas di depan mall tersebut.

Monster-monster yang disebut dengan Taman Anggrek Monsters ini dikembangkan Toge Productions dengan memanfaatkan prototype yang pernah mereka tunjukkan selama Casual Connect Asia 2013 dan Game Developers Gathering 2013 lalu. Dalam prototype tersebut, pengunjung bisa mem-posting sebuah tweet di akun Twitter mereka menggunakan hashtag tertentu. Bukan sekedar posting, karena posting dengan hashtag ini juga akan “men-summon” zombie atau manusia di dalam game yang ditampilkan. Tentu saja hal ini membuat pengunjung (termasuk saya) tertarik untuk mencoba game ini.

Taman Anggrek Monsters - Prototype
Prototype yang ditunjukkan selama Casual Connect Asia 2013 lalu

Konsep itulah yang akhirnya diimplementasikan dalam Taman Anggrek Monsters yang memanfaatkan layar LED raksasa buatan Iris Worldwide ini. Hampir sama dengan prototype yang sudah mereka tunjukkan, kamu bisa “men-summon” para monster ini dengan mem-posting sebuah Tweet, lantas diberi hashtag dengan #TAMONSTERS. Monster itu pun akan muncul di layar raksasa, dan akan membawa pesan Tweet yang kamu posting tadi. Monster tersebut tentunya juga akan bertemu dengan monster dari tweet lainnya, sehingga kamu bisa berkomunikasi secara interaktif di layar raksasa tersebut dengan orang lain!

Sebuah konsep menarik, yang juga sekaligus menghibur para pengguna jalan di sekitar mall tersebut yang terkenal akan lalu lintasnya yang cukup padat. Toge Productions sendiri dalam blog-nya mengungkapkan bahwa ini hanyalah permulaan saja. Untuk ke depannya mereka, Iris Worldwide dan Mall Taman Anggrek sendiri sudah menyiapkan beberapa langkah selanjutnya, mulai dari mode game baru, aplikasi untuk mobile, hingga adanya tantangan-tantangan yang bisa diselesaikan untuk mendapatkan diskon di Mall Taman Anggrek!


SHARE
Previous articleGaruda Superhero, Pahlawan Super Baru Asal Indonesia!
Next articleOppo Diduga Siapkan Penerus Find Clover R815 Melalui Oppo R833T
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.