Konfirmasi DLC Suara Jepang untuk Lightning Returns: Final Fantasy XIII

DLC Suara Jepang untuk Lightning Returns

Square Enix mengumumkan bahwa mereka akan merilis DLC suara Jepang untuk Lightning Returns: Final Fantasy XIII yang dirilis di Amerika Utara.

Dengan demikian, berarti kamu bisa mendengarkan suara Inggris dan Jepang untuk Lightning Returns: Final Fantasy XIII versi Amerika Utara. DLC ini bisa diunduh gratis selama dua pekan setelah perilisan game-nya. Baru kemudian setelah dua pekan itu berakhir, Square Enix membuat DLC suara Jepang untuk Lightning Returns: Final Fantasy XIII tersebut berbayar.

Kenapa harus berbayar? Ini karena Square Enix memberikan paket suara Jepang ini terpisah dari suara Inggris dengan menyelaraskan pergerakan bibirnya. Dan tentu saja penyelerasan animasi tersebut butuh kode tersendiri sehingga mereka menjadikannya sebagai DLC berbayar. Tapi masih belum dikonfirmasikan berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengunduh DLC suara Jepang untuk Lightning Returns: Final Fantasy XIII ini.

DLC Suara Jepang untuk Lightning Returns

Di lain sisi, Lightning Returns: Final Fantasy XIII sendiri telah dirilis di Jepang pada hari ini tanggal 22 November 2013. Dan untuk memeriahkan ini, orang-orang penting di balik pengembangannya berbagi pikiran mereka masing-masing melalui majalah Famitsu.

Produser – Yoshinori Kitase

“Kisah Lightning memasuki klimaksnya. Game terbaru ini menghadirkan fungsi media sosial yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Kamu bisa membagikan pikiranmu atau petunjuk pertarungan melalui Facebook dan Twitter bahkan dari dalam permainan. Hal ini menjadi festival terakhir sebelum memasuki generasi berikutnya, jadi kita rayakan bersama!”

Sutradara – Motomu Toriyama

“Kisah Lightning yang diawali di Final Fantasy XIII akhirnya akan berakhir. Ini menjadikannya trilogi pertama dari seri Final Fantasy, dan kita telah lama bersama dengannya. Bagi saya, ini seperti perasan gembira sekaligus sedih, sama seperti seorang ayah yang mengantarkan anak perempuannya ke pintu pelaminan yang penuh bunga.

Di game ini, kamu akan bisa membuat Lightning seperti yang kamu inginkan. Kostumnya pun beragam mulai dari baju pernikahan hingga baju tomboi, dan masih banyak lagi. Penampilan Lightning ketika mengakhiri cerita juga tergantung penggemar, jadi buat sendiri Lightning-mu. Itu akan memberikan saya kesenangan tersendiri untuk dapat melihat Lightning-mu yang berbeda-beda di luar sana. Jadi mari kita rayakan puncak dari Final Fantasy XIII, bersama.”

DLC Suara Jepang untuk Lightning Returns

Sutradara Desain– Abe Yuji

“Di dalamnya memang ada cerita utama, tapi pemain memiliki kebebasan untuk melakukan apapun di sini. Mengingat game akhir-akhir ini terpisahkan berdasarkan kategori JRPG dan Western RPG, tapi saya percaya kita telah membuat sesuatu yang bisa memberikan pengalaman keduanya. Tergantung dari waktu dalam permainan, gameplay pun terbagi-bagi jadi mainkan sesuai dengan keinginanmu. Meski setelah menamatkan game-nya sekali, masih banyak hal yang bisa kamu coba di permainan kedua atau bahkan ketiga, jadi saya akan senang jika kamu memulai permainan dengan Easy Mode, lalu melihat semua yang ada di dalam dunianya dengan mata kepalamu sendiri.”

Sutradara Art– Isamu Kamikokuryo

“Dan seri Final Fantasy XIII pun akan berakhir, menjadikannya panggung terakhir bagi petualangan panjang Lightning dan teman-temannya. Game ini memiliki banyak kota dan lokasi, jadi saya merekomendasikanmu untuk berjalan-jalan sambil menggunakan peta untuk menjelajahi areanya. Sama seperti berjalan-jalan di dunia nyata, ketika pertama melihat peta dan memulai perjalanan sambil membayangkan tempatnya, bisa jadi tempat tujuannya akan memberikanmu hal yang berbeda. Elemen waktu menjadi faktor penting dalam permainan, jadi menggunakannya dengan baik sambil menjelajahi area-area baru mungkin sama seperti petualangan sesungguhnya. Peta akan menjadi teman yang tangguh bagimu.”

Desainer Karakter Utama– Tetsuya Nomura

“Saya ingat merasakan reaksi yang sangat kuat ketika telah selesai menggambar Lightning. Saya merasa bahwa ini adalah karakter hebat yang pernah terlahir. Dan jarang-jarang saya merasakan hal seperti itu. Dari sana, saya mereka kalau tim pengembang mampu membawanya dengan baik, dan dia menjadi karakter yang selalu dicintai sepanjang masa seperti Cloud (yang sudah ada semenjak delapan tahun lalu). Mungkin 5-10 tahun lagi, dan orang-orang masih menyukai Lightning, berarti populeritasnya tidak terbantahkan. Pertarungan panjang Lightning akan berakhir, dan akhirnya dia pun bisa beristirahat. Rasanya seperti seorang anak perempuan yang kembali ke rumah orang tuanya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semuanya. Mulai sekarang, akan sangat menyenangkan jika kamu semua bisa mengingat nama sang protagonis dengan Lightning.”

DLC Suara Jepang untuk Lightning Returns

Square Enix akan merilis Lightning Returns: Final Fantasy XIII untuk PlayStation 3 dan Xbox 360 di Amerika Utara tanggal 11 Februari 2014 dan menyusul di Eropa tanggal 14 Februari 2014.

[ Sumber : Gematsu, Siliconera (2) ]