Beberapa Pembeli Pertama Keluhkan Kerusakan pada Disk Drive Xbox One

Disk Drive Xbox One

Peluncuran perdana sebuah konsol tidak selalu mulus. Seminggu lalu saat peluncuran perdana PS4, kita mendapatkan kabar bahwa banyak pembeli awal PS4 yang mengeluhkan kerusakan pada unit PS4 miliknya, mulai dari Blue Pulse Light of Death hingga Red Line of Death. Kali ini, masalah kerusakan pada hardware juga melanda Xbox One yang baru saja diluncurkan kemarin, meskipun yang dilaporkan untuk sementara tidak sebanyak laporan pemilik PS4 yang kabarnya mencapai 1% dari total unit yang dijual oleh Sony.

Sebagian besar masalah yang dihadapi oleh pemilik pertama terletak pada disk drive Xbox One yang tidak berfungsi dengan normal. Ketika dimasukkan sebuah game ke dalamnya, terdapat notifikasi “Sorry, we can’t play the disc. Try an Xbox One game, a music CD, or a movie on Blu-ray or DVD.” Beberapa pembeli lain juga mengungkapkan bahwa disk drive mereka berjalan dengan normal, namun mengeluarkan bunyi yang cukup keras. Beberapa diantaranya sempat didokumentasikan dalam empat video YouTube di bawah ini.

Seperti dilansir dari Kotaku, kerusakan ini tercatat masih terbilang sedikit. Kotaku sendiri yang kabarnya memiliki empat unit Xbox One semuanya bisa berjalan dengan normal. Komplain bukan hanya dilampirkan dalam bentuk video saja. Di Amazon banyak review dari beberapa orang yang mengeluhkan hal serupa terjadi pada unit Xbox One mereka. Microsoft sendiri berjanji akan memberikan support terbaik untuk para pembelinya, dan menyarankan mereka yang mendapatkan unit Xbox One rusak untuk menghubungi customer service mereka.

“Siapapun pembeli yang mengalami isu dengan Xbox One mereka silahkan menghubungi kami. Terdapat banyak saluran yang bisa digunakan pembeli untuk menghubungi kami, mulai dari berbicara dengan customer service kami yang akan menelponmu kembali jika kamu tidak mau menunggu antrian, mem-posting keluhan di Xbox.com, posting Tweet ke @XboxSupport hingga memanfaatkan fitur Help and Diagnostic yang ada di dalam konsol dengan mengucapkan “Xbox Help,” ujar salah satu representatif Microsoft.

Disk Drive Xbox One

Kabar lain menyebutkan, bahwa ada beberapa pembeli lain yang mendapatkan kerusakan berbeda pada unit Xbox One yang mereka beli, seperti crash dan reboot yang berulang-ulang hingga kerusakan E100 yang merupakan kategori kerusakan yang sangat parah, dimana unit Xbox One mengalami kerusakan hardware secara keseluruhan yang disebabkan karena update sistem yang gagal. Jika Xbox One sudah mengalami error E100, maka tidak ada jalan lain selain mengembalikannya kepada Microsoft untuk diperbaiki.

[Sumber: Kotaku/IGN]


SHARE
Previous articleMicrosoft Meluncurkan Xbox One, Dan Perang Konsol Generasi Delapan Pun Resmi Dimulai!
Next articleFossil Fighters Akan Kembali Hadir di 3DS Tahun 2014
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.