Final Fantasy IV: The After Years Keluar Jepang, Bersamaan Muncul di iOS dan Android

Penggemar Final Fantasy, khususnya yang mengguakan platform mobile kembali bersorak setelah kemarin Square Enix merilis versi translasi dari sekuel dari salah satu fantasi klasik mereka seakan tidak pernah berakhir, yaitu Final Fantasy IV: The After Years, seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya. Kabar buruknya, seperti semua Final Fantasy mereka yang dirilis ulang untuk platform mobile dewasa ini, harganya termasuk yang termahal di platform iOS dan Android.

Final Fantasy IV: The After Years mengambil setting 17 tahun sejak akhir event Final Fantasy IV, yang sebelumnya juga sudah dirilis untuk iOS dan Android. Bedanya, kini pengguna Android tidak perlu menunggu lama untuk bisa memainkan sekuelnya ini, karena Square Enix merilisnya bersamaan. Dalam After Years kamu mengendalikan Ceodore, putra King Cecil dan Queen Rosa, seiring dia berusaha mengikuti jejak ayahnya untuk menjadi kapten dari pasukan elite Red Wings. Namun bersamaan dengan perjalanan karirnya tersebut, sebuah bulan kedua yang misterius muncul di angkasa, dan membawa kepanikan karena mengingatkan pada pengalaman sebelumnya ketika bulan yang selama ini dikenal manusia tiba-tiba berubah warnanya menjadi merah, dan membawa kenyataan sebuah cerita mengenai kehancuran dunia.

Port mobile untuk iOS dan Android ini masih mengajukan grafis 3D yang sama seperti port Final Fantasy IV yang dikerjakan Matrix Software, dan memulai debutnya dirilis sebagai game epsisodik di Jepang. Namun kita mendapatkan langsung semua episodenya di sini, dengan total 10 cerita (empat cerita utama, dan enam side story), dimulai dari Ceodore, putra Cecil Garamonde, yang akan kamu kendalikan untuk membuka semua cerita dari karakter lainnya.

Para pemain Final Fantasy pasti familiar dengan keseluruhan sistem game mobile ini, mulai pertarungan yang memadukan turn-based dan Active Time Battle (ATB), serta ditambahkannya efek fase bulan yang akan mempengaruhi bagaimana karakter bertarung, serta serangan kombinasi yang bisa dilancarkan karakter bersamaan. Untuk versi mobile ini kamu juga bisa terpacu memainkannya kembali dengan adanya sistem achievement melalui layanan Google Play Games dan Apple Game Center.

Sayangnya seperti semua game Final Fantasy yang dapatkan port mobile, harganya selalu mahal. Kali ini Square Enix menjualnya dengan harga US$15.99 untuk versi iOS, dan $17.75 untuk versi Android. Entah kenapa Square Enix menawarkannya lebih mahal di Android, padahal tipikal game lain biasanya lebih mahal di iOS. Selain itu, game ini sama sekali tidak memasukkan in-app purchase, jadi kamu bisa menikmatinya sepenuhnya tanpa ada batasan.


SHARE
Previous articleUbisoft Akan Merilis Assassin’s Creed Pirates Minggu Depan Untuk iOS dan Android
Next articleArtLogic Games Siapkan Game Kasual Sugar Tales untuk Facebook!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.